Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Mesin Pencari Selain Google Sebagai Alternatif Browsing Terbaik

Mencari beragam informasi di internet pasti tidak lepas dari yang namanya mesin pencari bernama Google. Saking sudah terbiasanya menggunakan search engine ini mungkin kamu mengira bahwa Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang ada di internet.

Tetapi ternyata ada banyak alternatif lain yang dapat menggantikan tugas Google sebagai mesin pencari untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan di internet.

Setiap mesin pencari yang ada di internet tentunya memiliki kelebihan dan fitur unggulannya masing-masing. Di dalam artikel ini kami mencoba mengulas 7 mesin pencari selain Google yang dapat kamu gunakan sesuai dengan keperluanmu.

Apalagi jika kamu sangat peduli terhadap privasimu di internet tentu kamu akan beralih ke mesin pencari yang tidak mengumpulkan informasi para penggunanya.

Berikut 7 Mesin Pencari Selain Google yang dapat memberikan pengalaman berbeda browsing di internet.

1. Dogpile

Mesin Pencari Dogpile
www.dogpile.com
Jika kamu menginginkan kemugkinan lebih banyak hasil pencarian, cobalah menggunakan Dogpile. Mesin pencari ini dapat mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai mesin pencari lainnya seperti Google, Yandex, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Dengan hasil pencarian yang demikian, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak bahkan lebih akurat jika menggunakan mesin pencari lain. Pihak Dogpile juga pernah menyatakan bahwa mesin pencari milik mereka dapat menampilkan hasil pencarian 50% lebih banyak dibanding dengan yang lainnya.

2. Yahoo!

Mesin Pencari Yahoo
www.yahoo.com
Yang satu ini tentu kamu tidak asing lagi.Yahoo! Search merupakan mesin pencari yang pernah sangat populer pada masanya sebelum tergantikan oleh Google Search. Tetapi Yahoo! sekarang telah bekerja sama dengan Microsoft dan Bing untuk memberikan hasil pencarian yang tepat dan sesuai yang dicari pengguna.

Tidak hanya itu, Yahoo! juga memiliki fitur Yahoo! Answers di mana kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat berguna dengan bertanya yang kemudian akan dijawab oleh pengguna internet lain yang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan.

3. Yandex

Mesin Pencari Yandex
www.yandex.com
Yandex merupakan mesin pencari yang mirip dengan Google, dengan mesin pencari ini kamu bisa menggunakan fitur untuk mencari gambar, video, peta, terjemahan, dan AppMetrica. Mesin pencari ini sangat populer di Rusia dengan market share 50% lebih. Selain itu, Yandex juga banyak digunakan di beberapa negara seperti Belarusia, Ukraina, da Kazakhstan.

Mesin pencari Yandex mengumpulkan informasi mengenai penggunanya seperti data pribadi, keyword pencarian, dan histori pencarian namun tentunya dengan persetujuan dari penggunanya. Hal ini Yandex maksudkan untuk dapat memberikan hasil pencarian serelevan mungkin dengan keyword yang dimasukkan.

Jika kamu ingin beralih ke mesin pencari yang memiliki fitur mirip dengan Google, Yandex dapat menjadi pilihan yang tepat.

4. Gibiru

Mesin Pencari Gibiru
www.gibiru.com
Gibiru merupakan mesin pencari yang memperhatikan privasi dan penyaringan konten. Jika kamu tidak ingin data personalmu, keyword yang kamu ketikkan, atau ip address-mu disimpan mereka, kamu bisa memilih Gibiru sebagai alternatifnya. Dengan tidak menyimpan data-data tersebut tentu Gibiru tidak menjual data kepada pihak ketiga.

Selain itu hasil pencarian di Gibiru juga tidak akan menyaring konten sehingga hasil pencarian merupakan murni dari semua website. Fitur ini menjadikan website-website baru lebih mudah mendapatkan pengunjung karena artikel mereka sering tampil di dalam hasil pencarian. Terdapat dua pilihan untuk menampilkan hasil yakni All Result dan Uncensored.

Mesin pencari Gibiru hanya memberikan hasil pencarian berupa situs dan gambar. Namun ini sangat cocok bagi kamu yang memang ingin mencari dua konten tersebut.

5. Baidu


Baidu merupakan mesin pencari yang menduduki peringkat pertama di negara China. Data per juli 2018 market share Baidu di negeri ini sebesar 74% sedangkan Google hanya 1,7 persen. Pada situs Alexa.com yakni situs yang menampilkan peringkat website di internet Baidu menempati peringkat ke-3 di dunia.

Di mesin pencari ini kamu bisa menemukan beragam file, audio, dan gambar dengan bahasa utama adalah bahasa mandarin. Bagi para pebisnis atau wirausahawan khususnya yang berbasis online Baidu adalah hal penting jika mereka ingin menjajal pasar China yang sangat besar.

Selain itu baidu juga memiliki layanan ensiklopedia seperti halnya Wikipedia, layanan tersebut bernama Baidu Baike.

6. Bing

Mesin Pencari Bing
www.bing.com
Bing merupakan mesin pencari alternatif terbaik selain Google yang perlu kamu coba. Mesin pencari ini memiliki pengguna yang sangat banyak selain Google dan Baidu.

Bing memiliki tampilan depan yang sangat menarik serta dilengkapi fitur untuk menyimpan hasil pencarian. Caranya adalah cukup dengan tap/klik simbol tambah(+) maka halaman hasil pencarian akan tersimpan di My Saves.

Selain itu, Bing adalah mesin pencari yang terhubung dengan Microsoft Office Online. Jadi kamu bisa langsung membuat berbagai dokumen seperti Word, Excel, Power Point, OneDrive, dan Ms. Office lainnya. Namu kamu harus login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Microsoft yang kamu miliki.

7. DuckDuckGo

Mesin Pencari DuckDuckGo
www.duckduckgo.com
Apakah kamu membutuhkan mesin pencari dengan perlindungan privasi? DuckDuckGo adalah pilihan yang paling tepat untuk hal itu. Meskipun terkesan unik bahkan lucu karena nama dan logonya namun DuckDuckGo sangat menghargai privasi penggunanya dan DuckDuckGo tidak akan merekam data apapun dari penggunanya.

Meskipun demikian, bukan berarti dengan tidak mengambil data apapun, hasil pencarian di DuckDuckGo tidak akurat dan relevan. Karena mesin pencari ini akan mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai sumber yang berbeda.

Sumber-sumber tersebut di antaranya dari DuckDuckGo sendiri, crowd-source websites, Yandex, Bing, dan lain sebagainya. Dengan demikian mesin pencari ini tetap handal dengan fitur keamanan privasi yang unggul.

Demikianlah 7 mesin pencari selain Google yang dapat menjadi alternatif. Kamu dapat memilih beberapa mesin pencari mana yang paling cocok untukmu dan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Dengan demikian kamu bisa menggunakan internet semaksimal mungkin dengan menemukan sesuatu yang berbeda khususnya pengalaman menggunakan mesin pencari selain Google.

Post a Comment for "7 Mesin Pencari Selain Google Sebagai Alternatif Browsing Terbaik"