Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperkuat Sinyal HP di Rumah Bikin Internetan Jadi Nyaman

Lagi asyik-asyik santai di rumah sambil main game online, streaming video di Youtube, atau chatting sama gebetan tiba-tiba sinyal hilang, menjengkelkan sekali bukan?

Sinyal memang komponen non fisik yang sangat penting di ponsel. Jika sinyal lemah atau sering hilang, tentu secanggih dan semahal apapun ponsel yang kita miliki maka akan sulit digunakan untuk melakukan panggilan telepon, sms, atau terhubung ke internet.
Memperkuat Sinyal - Smartphone

Bagaimana cara memperkuat sinyal hp di rumah?

Bagi yang rumahnya memiliki sinyal kurang bagus, ada beberapa cara berikut ini yang bisa kamu lakukan agar kualitas sinyal yang ada di rumahmu menjadi lebih bagus. Yuk simak ulasannya.

Atur Mode Jaringan dengan Tepat

Mode jaringan memang menentukan kualitas sinyal yang ada di ponsel. Untuk mendapatkan sinyal terbaik di ponsel, kamu harus mengunci salah satu mode jaringan tertentu.

Pilihlah yang sesuai dengan lokasi kamu karena pada suatu lokasi terkadang koneksi ada di network 4G namun agak lelet, tetapi ada juga koneksi berada di network 3G/HSDPA namun lebih cepat dari 4G. Intinya sesuaikan dengan jaringan terbaik dan tercepat sesuai lokasi rumahmu.

Refresh Koneksi Jaringan

Memperkuat Sinyal HP
Terdapat fitur airplane mode di ponsel yang dapat kamu gunakan untuk refresh jaringan lho. Cara ini dapat memperkuat sinyal hp di rumah menjadi lebih bagus.

Dengan cara ini otomatis ponsel akan memutus koneksi jaringan dari pemancar sinyal (BTS). Setelah beberapa saat matikan airplane mode tersebut maka koneksi baru akan terbentuk dan ponsel akan mencari pemancar sinyal yang paling dekat dan lebih bagus.

Refresh ponsel juga bisa kamu lakukan dengan cara merestart. Dengan me-restart ponsel, akan meningkatkan performa sehingga sinyalpun akan lebih bagus dari sebelumnya.

Charge Ponsel

Memperkuat sinyal hp - Charging
Pastikan baterai ponsel selalu dalam keadaan prima minimal saat tersisa 20-30% harus di-charge. Kenapa demikian? karena terdapat beberapa tipe smartphone yang akan mematikan sementara koneksi jaringan saat baterai dalam keadaan sangat lemah.

Selain menjadikan sinyal lemah, membiarkan ponsel sampai baterai habis juga akan berdampak negatif pada baterai itu sendiri. Tidak mau kan jika harus ganti baterai?

Ganti Operator/Provider

Memperkuat Sinyal HP di Rumah
Suatu operator tentu memiliki kekuatan dan kualitas sinyal yang berbeda di suatu daerah hal ini dipengaruhi oleh keberadaan pemancar sinyal dari operator tersebut. Pastikan memilih operator yang menyediakan sinyal bagus dan stabil tentunya disesuaikan dengan isi kantong.

Gunakan Stiker Penguat Sinyal

Stiker ini merupakan tiker penguat sinyal yang terbuat dari logam tipis yang ditempelkan di belakang ponsel. Fungsi dari stiker ini mirip seperti antena eksternal ponsel yang akan menangkap sinyal dari luar yang tidak bisa dijangkau oleh antena internal ponsel.

Alat penguat sinyal yang satu ini terhitung sudah sangat mudah ditemukan di konter-konter penjual pulsa dan juga banyak dijual di marketplace, harganya pun terhitung murah meriah.

Buat Sendiri Alat Penguat Sinyal Sederhana 

Kamu bisa juga lho membuat penguat sinyal sendiri dengan alat-alat yang ada di rumah dan kalau harus beli pun harganya sangat murah, berikut bahan-bahan dan caranya.

Bahan-bahan:

  • 1 buah silet terserah merk apa saja boleh
  • 1 buah magnet
  • 1 lembar Aluminium foil, ukuran secukupnya (bisa menggunakan tambal panci atau sisa bungkus rokok)

Cara membuat:

  • Gosok-gosoklah silet dengan magnet pada kedua sisinya sampai silet tersebut memiliki sifat seperti magnet yakni dapat menempel pada benda-benda yang terbuat dari besi/baja.
  • Tempelkan atau bungkus silet tadi dengan aluminium foil, pastikan semua sisi silet tertutup rapat aluminium foil.
  • Penguat sinyal buatan sendiri sudah jadi dan siap untuk digunakan.
  • Kamu bisa menaruh alat ini di belakang baterai atau di belakang casing ponsel. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal hp di rumah. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu kesulitan sinyal di dalam rumah yaa, selamat mencoba...

Post a Comment for "Cara Memperkuat Sinyal HP di Rumah Bikin Internetan Jadi Nyaman"