Iklan Uptitle

15 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dengan Profit yang Menjanjikan

Menjadi ibu rumah tangga dan menghabiskan sebagian besar waktu di rumah untuk mengurus anak-anak dan rumah memang merupakan tugas yang mulia. Namun dengan zaman yang serba modern dan banyak kebutuhan tentu menjadikan para ibu rumah tangga juga ingin memiliki penghasilan sendiri dan tidak sepenuhnya bergantung kepada suami.

Disamping itu memiliki aktivitas dan berinteraksi dengan orang lain akan menurunkan tingkat kejenuhan para ibu rumah tangga yang tantunya akan memberikan dampak positif bagi keluarga serumah.

Banyak sumber ide untuk memulai usaha yang bisa dilakukan dari rumah dan menjadikan smartphone mereka alat promosi ke khayalak umum. Berikut ini ada 15 ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang dapat meningkatkan tambahan penghasilan. Ide-ide bisnis tersebut juga bisa dimulai oleh para ibu atau wanita yang sedang berkarir dan berniat untuk resign dari tempat kerja.

1. Bisnis Kosmetik

Wanita dengan kosmetiknya adalah suatu hal yang hampir tidak dapat dipisahkan. Untuk menjaga penampilan yang cantik dan terkesan rapi wanita tentu membutukan perlengkapan make up-nya. Hal ini menjadikan wanita selalu membeli kabutuhan kosmetik secara berkala.

Menjual produk kosmetik adalah salah satu ide bisnis rumahan yang bisa menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga. Banyak sekali produk kecantikan yang bisa Anda tawarkan dari produk sabun kecantikan, skin care, obat penurun berat badan dan lain sebagainya.

Anda bisa memasarkan produk-produk tersebut secara online lewat media sosial yang Anda miliki. Contoh beberapa produk terkenal yang biasa diperjualbelikan secara online di antaranya adalah Oriflame, MSI, dan Nu Amoorea.

2. MUA (Make Up  Artist)

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang make up menjadi seorang MUA dapat menjadi pilihan yang sangat tepat dan menjanjikan. Terutama sekarang di dalam acara yang "bisa make up sendiri" seperti menghadiri acara pernikahan teman terkadang menggunakan jasa MUA.

Tidak hanya itu banyak acara seperti foto studio, acara wisuda yang sekarang diadakan dari SD hingga perguruan tinggi, acara pertunangan, acara pernikahan, dan sejenisnya pun membutuhkan seorang MUA.

Anda bisa mempromosikan hasil make up Anda di dalam galeri media sosial Anda seperti di instagram atau facebook. Anda juga harus selalu mendalami dan bereksperimen mengenai jenis kulit, bentuk wajah, merek make up, dan lain sebagainya untuk mendapatkan hasil terbaik dan banyak disukai pelanggan.

3. Menjadi Reseller atau Dropshiper

Reseller adalah membeli barang dari supplier dengan harga yang lebih kecil atau harga grosir. Untuk menjadi seorang reseller setidaknya harus memiliki modal walaupun hanya sedikit. Anda bisa memasarkan produk dari supplier itu dari smartphone Anda.

Sedangkan dropshiper adalah menjual barang dari supplier namun tidak diperlukan modal untuk membeli produknya terlebih dahulu. Anda hanya perlu ikut menjual produk dari supplier ke konsumen dengan nama penjual Anda sendiri. Sekarang banyak sekali peluang menjadi seorang dropshiper dari produk milik tetangga hingga yang berada di marketplace seperti Bukalapak, Shopee, ataupun Tokopedia.

Berbagai macam barang yang bisa Anda jual dalam menjadi reseller ataupun dropshiper juga sangat banyak dan beragam. Kebanyakan mereka memperjualbelikan barang-barang yang populer seperti pakaian, produk kecantikan, sandal, sepatu, tas wanita, hingga perhiasan.

4. Jasa Menjahit

Membuka jasa taylor atau menjahit pakaian dapat Anda lakukan, terutama jika Anda memiliki pengalaman dalam hal desain pakaian dan bisa menjahit. Dengan bermodalkan sebuah mesin jahit serbaguna Anda sudah bisa membuka usaha ini.

Disamping itu Anda juga akan mudah memperbaiki pakaian jika pakaian dari anggota keluarga ada yang rusak jahitannya.

Bahkan jika Anda nantinya telah memiliki karyawan, Anda bisa menerima pesanan jahitan berskala lebih dari satu buah set pakaian misalnya seragam olahraga siswa sekolah, seragam lomba, seragam kantor, dan seragam organisasi.

5. Warung Makan

Memiliki rumah yang dekat dengan perkantoran, kampus, pasar, atau di jalan yang banyak orang berlalu-lalang? Bisnis warung makan atau warteg dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Terutama jika Anda pandai memasak tentu peluang itu semakin terbuka luas. Apabila tidak memiliki keahlian memasak berbagai masakan, Anda bisa berkolaborasi dengan saudara Anda yang ahli dalam hal masak memasak.

Keuntungan yang didapat dari membuka warung makan memang terbilang besar terutama jika dilihat dari letaknya yang memang strategis. Menurut beberapa orang penghasilan dari warung makan bisa mencapai jutaan perhari.

6. Jasa Katering

Usaha jasa katering dapat menjadi bisnis Anda di rumah jika Anda memiliki keahlian memasak dan menguasai banyak resep masakan. Dalam bisnis katering,  termasuk bukan "bisnis musiman" artinya orang-orang tetap membutuhkan jasa katering sepanjang tahun.

Sekarang ini jasa katering tidak hanya ada di lingkungan ramai seperti perkotaan. Anda yang tinggal di daerah atau desa juga dapat mengambil peluang dalam usaha katering ini. Anda bisa tetap berpromosi di media sosial dengan menawarkan beragam paket-paket yang ditawarkan.

Biasanya jasa katering dibutuhkan dalam berbagi acara misalnya seperti selametan khitan, aqiqah, pernikahan, syukuran rumah, dan lain sebagainya. Mulailah terlebih dahulu dengan skala yang kecil dan dekat dengan tempat tinggal Anda.

7. Les Privat

Anda memiliki keahlian di bidang pendidikan seperti matematika, bahasa inggris atau bahasa asing lainnya? Membuka jasa les privat bagi anak-anak sekolah khusunya SD dapat Anda jadikan pilihan menarik untuk memulai les privat Anda.

Disamping mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga tetap bisa mengasah kemampuan Anda dalam mengajar mereka. Anak-anak yang mengikuti les privat dengan suasana yang kekeluargaan tentu juga tidak malu untuk bertanya kepada Anda di bagian mana mereka belum paham.

Jika tempat les privat Anda telah banyak peminatnya dan mulai kewalahan, Anda bisa merekrut tenaga ahli di bidangnya dalam menggantikan Anda. Dan Andapun juga menambah kelas dan jenjang dalam tempat les Anda.

8. Bisnis Tanaman Hias

Ibu rumah tangga yang hobi menanam dan merawat tanaman hias bisa menjadikan hobinya tersebut sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Apalagi bertempat tinggal di daerah yang memang pas untuk bisnis tanaman hias.

Jika Anda jeli dalam membaca pasar dan jual beli tanaman hias, maka peluang bisnis tanaman hias ini bisa menjadikan Anda memiliki penghasilan tambahan yang terbilang cukup besar. Karena sudah banyak kisah sukses para pengusaha tanaman hias yang berawal dari hobi yang ditekuninya. 

Anda bisa mengembangbiakan tamanan yang laris dipasaran misalnya saja bunga anggrek atau tanaman lain yang Anda sukai dan memiliki banyak peminatnya. Manfaatkan pekarangan rumah Anda untuk memelihara tanaman hias tersebut.

9. Membuat Kue dan Cemilan

Seperti halnya jasa katering, membuat kue atau cemilan berupa makanan ringan juga bisa menjadi peluang usaha Anda di rumah. Dengan memiliki keahlian di bidang jajanan Anda bisa memperjualbelikannya lewat online dan mempromosikan kue buatan Anda kepada teman-teman Anda di facebook dan group jual beli dekat area rumah Anda.

Manfaatkan momen-momen tertentu seperti hari raya. Jika Anda mampu memanfaatkan momentum seperti ini tentu orderan membuat kue akan meningkat drastis.

Beberapa jenis kue yang banyak disukai oleh pelanggan adalah donat aneka rasa, brownies, pisang coklat dan lain sebagainya. Sangat mengasyikan sekali bukan jika hobi Anda mendatangkan penghasilan yang menjanjikan?

10. Jasa Laundry

Usaha jasa laundry ini ada erat kaitannya dengan yang di atas tadi. Mahasiswa yang ngekost atau karyawan yang bekerja biasanya tidak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka. Jadi jasa laundry sangat dibutuhkan di lingkungan yang banyak kost-kostan dan kontrakannya.

Untuk memulai bisnis jasa laundry inipun tidak terlalu mahal, bahkan jika Anda sebelumnya sudah mempunyai mesin cuci usaha ini sudah bisa langsung dijalankan. Anda tinggal menyiapkan ruangan khusus untuk menerima atau menyerahkan kembali pakaian pelanggan.

Untuk mempromosikan jasa laundry yang Anda miliki, cukup pasang banner atau semacamnya di depan rumah di mana tinggal Anda. Selain itu dapat menggunakan selebaran dan pasang di tempat-tempat strategis.

11. Fotografi

Jika Anda suka fotografi dan hasil jepretan yang Anda hasilkan diminati banyak orang, cobalah untuk mengkomersilkan foto jepretan Anda tersebut. Beberapa website populer untuk menjual foto dengan harga yang cukup tinggi adalah shuterstock.com dan alamy.com.

Banyak foto seperti binatang, pemadangan alam, interior rumah, dan foto dengan tema apapun dijual di website di atas.

Para pembeli foto ini biasanya mereka adalah para pembuat majalah, desainer web, biro periklanan, biro travel/perjalanan, dan artikel di dalam blog/website yang memerlukan gambar. Karena mereka bisa mendapatkan harga yang miring daripada harus menyewa fotografer yang tentunya relatif mahal sekarang ini.

Alternatif lainnya jika Anda memiliki banyak modal, Anda bisa mengubah beberapa bagian ruang rumah Anda yang cukup luas menjadi lokasi untuk foto studio. Sekarang ini banyak sekali orang-orang yang ingin mengabadikan momen terbaik mereka dengan berfoto bersama di foto studio.


12. Penulis Lepas (freelance)

Hobi menulis dan mengungkapkannya dalam kata-kata yang enak dibaca? Mungkin menjadi seorang penulis online di internet bisa menjadi peluang Anda menghasilkan penghasilan tambahan. Selain itu menjadi penulis hanya perlu koneksi internet dan laptop saja.

Penulis yang sering dicari adalah penulis konten atau artikel di dalam blog atau website. Cara paling mudah salah satunya adalah Anda dapat langsung menawarkan diri menjadi penulis di dalam marketplace.

Kira-kira markerplace mana yang bisa dijadikan tempat untuk menawarkan jasa penulis? Di antara banyak pilihan ada beberapa yang direkomendasikan untuk Anda coba di antaranya kontenesia.com, projects.co.id, dan sribulancer.com.

13. Desain Grafis

Sekarang ini tidak hanya berjualan online dan menjadi seorang reseller atau dropshiper, menjadi seorang desainer grafis juga banyak dibutuhkan orang. Semakin berkembangnya bisnis online dan banyak toko online tentu membuat mereka ingin membuat logo untuk brand atau toko yang mereka miliki. Tentu hal ini akan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang desain grafis.

Anda bisa mempostingnya di instagram atau facebook Anda untuk tujuan promosi, atau buatlah akun yang khusus untuk memposting hasil karya-karya Anda. Berikan hastag yang relevan dengan bisnis desain grafis Anda, agar oran-orang mudah menemukannya. Semakin banyak koleksi yang Anda miliki tentu semakin banyak yang tertarik dan menggunakan jasa Anda.

14. Buka Toko Sembako

Membuka toko sembako atau toko kelontong adalah salah satu pilihan yang mungkin dan banyak dilakukan untuk membuka usaha sambil mengurus rumah. Dengan menjual barang-barang kebutuhan utama seperti beras, gula pasir, telur, minyak goreng, dan lain sebagainya tentunya berpeluang besar untuk didatangi tetangga sekitar.

Terlebih jika lingkungan Anda belum ada toko sembako atau jauh dari toko sembako. Karena biasanya ibu rumah tangga tidak sekaligus membeli barang-barang kebutuhan sekaligus dan malas dengan jarak yang jauh.

Selain itu modal untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar karena Anda membukanya langsung di rumah tidak menyewa tempat.

15. Kerajinan Tangan

Memiliki kreativitas dalam merubah barang biasa saja menjadi barang unik seperti kerajinan tangan? Peluang bisnis kerajinan tangan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang bernilai besar bagi ibu rumah tangga seperti Anda.

Apalagi jika Anda bertempat tinggal di daerah wisata yang banyak dikungungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kerajinan tangan yang memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi, nilai kultural, serta ciri khas suatu daerah biasanya sering dicari oleh para pelancong tersebut.

Meskipun demikian peluang usaha kerajinan tangan tetap ada dan besar peluangnya di daerah-daerah yang bukan merupakan daerah wisata. Misalkan saja kerajinan lampu hias, kerajinan tas atau dompet, dan lain sebagainya. Kuncinya kerajinan Anda memiliki keunikan tersendiri sehingga banyak orang tertarik untuk membelinya.

Demikianlah 15 ide bisnis untuk ibu rumah tangga dengan profit yang menjanjikan. Untuk menambah semangat Anda dalam berbisnis, niatkanlah untuk membantu suami tercinta dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Dan hal yang penting lainnya adalah jangan juga nantinya bisnis yang dijalani mengorbankan tugas utama sebagai ibu rumah tangga. Jadi pilihlah yang bisa dikerjakan di rumah dan menghabiskan banyak waktu di rumah.

0 Response to "15 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga dengan Profit yang Menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel