Iklan Uptitle

7 Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif untuk Memulai Berwirausaha


Ide bisnis dalam dunia usaha merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dengan ide kita bisa mengembangkan bisnis tersebut secara terarah. Sebenarnya mencari ide bisnis tidaklah terlalu sulit seperti yang dibayangkan. Banyak cara untuk bisa dilakukan agar tercipta sebuah ide cemelang untuk berbisnis.

Lantas seperti apa sajakah cara untuk mencari ide bisnis tersebut? Bagi Anda yang masih belum menemukan bisnis apa yang akan dimulai, berikut ini adalah metode yang bisa Anda terapkan untuk memunculkan ide-ide bisnis.

1. Memanfaatkan Potensi Diri

Pada setiap individu tentu memiliki potensi dan kemampuan yang dibutuhkan orang lain. Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan yang memanfaatkan potensi diri, tentunya Anda juga harus pandai mengatur waktu dan mengorganisir setiap hal. Selain itu Anda juga harus pandai mempromosikan layanan atau jasa kepada para konsumen yang akan menjadi pelanggan Anda.

Untuk hal promosi sekarang ini tentulah tidak sulit karena sudah banyak platform untuk promosi gratis seperti media sosial, bisa facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

Contoh Anda adalah orang yang ahli dalam hal perencanaan keuangan masa depan. Dengan kemampuan ini tentu Anda bisa menjadi seorang konsultan finansial yang profesional. Ini tentu akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan terutama zaman sekarang yang harus serba terencana dan alokasi dana yang sesuai.

2. Memanfaatkan Potensi Daerah Sekitar

Pada masing-masing daerah tertentu pastinya memiliki potensi yang bisa dijadikan bisnis. Dari kondisi alam hingga produk yang dihasilkan dari daerah tersebut.

Misalkan daerah Anda merupakan sentra produksi pakaian seperti gamis, kerudung, pakaian anak, jaket, dan lain sebagainya. Ini adalah potensi yang sangat besar, Anda bisa menjadi distributor, reseller, atau dropship dari produsen-produsen tersebut. 

Selain itu contoh lainnya adalah jika lokasi Anda dekat dengan pariwisata seperti pariwisata alam tentu kebutuhan penginapan maupun homestay tentu sangat banyak. Peluang ini bisa Anda jadikan untuk membuka penginapan atau homestay dan tentunya akan menghasilkan pemasukan yang banyak.

3. Melakukan Riset Produk di Pasaran

Memasarkan produk tentunya yang memiliki nilai jual tinggi dan diminati banyak orang. Produk dengan banyak konsumen tentu akan menghasilkan transaksi yang lebih banyak dari barang yang sedikit konsumennya. Dengan bantuan internet dan browsing Anda bisa menemukan ide bisnis dan produk yang akan Anda buat ataupun jual. Manfaatkan Google Trend untuk menemukan keyword beragam produk yang sering dicari oleh orang-orang.

Selain Google Trend, fitur Google lain yang bisa Anda gunakan adalah Google Keyword Planner yakni alat untuk mengetahui statistik berapa banyak orang mencari suatu produk atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Semakin banyak data mengenai produk yang ingin Anda jual semakin bagus pula marketnya.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengamatan dengan mengunjungi berbagai marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya untuk mencari produk terlaris dan ide bisnis Anda. Di masing-masing platform jual beli tersebut biasanya ada kategori untuk produk yang laku keras atau best seller. Bandingkan antara marketplace satu dengan yang lainnya agar lebih akurat mengenai produk yang laku keras.

4. Melihat Masalah Orang Lain dan Ciptakan Solusi

Menemukan ide bisnis dengan melihat masalah orang lain merupakan sesuatu hal yang hebat. Biasanya masalah-masalah timbul dari masing-masing individu atau bersifat personal, namun tentu mereka juga memiliki masalah yang sama.

Misalkan saja di lingkungan Anda tinggal merupakan lingkungan yang dekat dengan sekolah, kampus, atau perkantoran tentu lingkungan seperti ini membutuhkan fotokopi dan ATK. Dari permasalahan ini Anda bisa membuka jasa fotokopi dan menjual berbagai ATK.

Ide membuka jasa laundry kiloan juga bisa menjadi pilihan Anda di lingkungan kampus atau perkantoran. Banyak mahasiswa atau karyawan yang sedikit memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Sehingga membuka jasa laundry kiloan merupakan ide cemerlang yang memberikan kemudahan kepada orang lain. Karena banyak dibutuhkan tentu bisnis ini akan bertahan lama dan mendapatkan banyak keuntungan.

5. Perhatikan Bisnis yang Sedang Tren

Tren merupakan sesuatu yang banyak digemari oleh orang-orang atau sekelompok manyarakat pada periode waktu tertentu. Mencari bisnis yang sedang trend tentu di zaman sekarang sangatlah tidak sulit. Anda tinggal membuka media publik seperti televisi atau media sosial. Dengan media tersebut Anda tentu sudah tahu yang sedang trend sekarang ini. 

Memilih bisnis dengan mengikuti tren tentu akan mendapat banyak respon dan kemungkinan besar Anda akan mendapat banyak konsumen dalam waktu yang singkat. Misalkan sebagai contoh adalah sebuah produk pakaian model X yang sedang trend dan booming. Anda bisa memulai berjualan produk tersebut, Anda tinggal menghubungi distributornya dan menawarkan diri untuk menjadi reseller atau dropshipernya.

Yang perlu diperhatikan dalam bisnis mengikuti tren adalah "masa expirednya" artinya pada suatu saat nanti tentu tren ini akan menjadi sesuatu yang biasa saja bahkan tidak diminati lagi. Menyiasati ini, Anda diharuskan memiliki solusi lain ketika tiba masa ditinggalkannya tren tersebut.

6. Melihat Kekurangan Pada Kompetitor dan Ciptakan Keunggulan Bisnis Anda

Menemukan kekurangan pada kompetitor tentulah tidak sulit karena banyak bisnis yang telah online sehingga kita bisa melihat secara jelas dan diakses kapanpun. Anda bisa menjelajahi website, media sosial, akun mereka di marketplace yang memiliki bisnis atau produk yang serupa dengan yang ingin Anda kerjakan.

Baca ulasan mengenai bisnis atau produk tersebut di dalam kolom komentar atau testimoni dan temukan keluhan yang dialami konsumen. Selanjutnya jadikan sisi kekurangan atau keluhan tersebut untuk Anda perbaiki sehingga bisa memberikan ide bisnis baru yang memberikan keunggulan yang akan lebih menarik para konsumen.

7. Belajar dari Bisnis Orang Lain yang Telah Mencapai Kesuksesan

Sekarang ini memiliki usaha yang berbeda atau bahkan tidak ada yang sama tentu sesuatu hal yang hampir mustahil. Anda bisa meniru kemudian memodifikasi menjadi lebih bagus dan lebih unggul dari kompetitor Anda istilahnya adalah ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Bisnis yang telah mencapai kesuksesan tentu memberikan inspirasi kepada orang lain untuk meniru jejaknya, termasuk meniru produk atau layanan yang menjadi bisnisnya. Anda bisa memulai membangun bisnis yang serupa dengan mereka yang telah sukses tentunya yang sudah melewati tahapan ATM tadi serta menjadi lebih menarik.

Menemukan ide bisnis dengan cara ini memang terbilang banyak dilakukan oleh para wirausahawan, bahkan mereka yang meniru dan memodifikasi banyak yang lebih kreatif dan inovatif dari yang ditiru.

Demikianlah beberapa peluang munculnya ide bisnis yang bisa Anda mulai, ternyata hampir semuanya bisa Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis. Perhatikan juga kemampuan Anda jangan terlalu dipaksakan apalagi menginginkan bisnis yang Anda jalani langsung mendapat keuntungan berlimpah. Yang paling penting adalah Anda bisa memulai dan menjalankan bisnis Anda, memperhatikan kebutuhan konsumen dan pelayanan terbaik kepada konsumen.

0 Response to "7 Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif untuk Memulai Berwirausaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel