Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tools Google yang Jarang Diketahui Namun Sangat Bermanfaat

Google merupakan perusahaan raksasa teknologi yang sangat terkenal dengan berbagai produk dan layanan yang mendunia. Tentunya kamu juga sudah menggunakan beragam produk dari Google seperti Google Chrome, Google Search Engine, Gmail, dan lain sebagainya. Bahkan OS Android yang digunakan pada smartphone juga milik Google.

Tetapi, meskipun telah banyak tools dari Google yang sangat terkenal, ternyata masih banyak Tools Google lainnya yang sangat berguna namun jarang diketahui orang-orang.

Berikut ini adalah 12 Tools Google yang jarang diketahui orang namun memiliki banyak manfaat.

1. Google Sky

Google Sky
google.com/sky
Selain bisa menjelajahi Bumi, ternyata kamu juga bisa menjelajahi langit dengan menggunakan Google Sky. Ada banyak objek yang dapat kamu amati di Google Sky ini seperti bintang, konstelasi bintang, bulan, planet, asteroid, komet, dan benda langit lainnya.

Kamu dapat melakukan zoom agar mendapatkan gambar yang lebih dekat dan jelas. Ada juga fitur menarik yang wajib kamu coba yakni kamu bisa mencari benda-benda langit yang membuatmu penasaran. Siapa tahu kamu menemukan black hole di sini.

2. Google Mars

Google Mars
google.com/mars
Tentu kamu sudah familiar banget dengan yang namanya Google Earth atau Google Maps. Kedua aplikasi tersebut hampir setiap hari selalu digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak disangka, ternyata ada juga Google Mars yakni aplikasi mirip Google Earth, tetapi tentunya di Google Mars memiliki pemandangan yang jauh berbeda.

Di dalam aplikasi ini kamu dapat melihat beragam panorama planet merah yang sangat menakjubkan. Bagi kamu yang menyukai dunia astronomi dan penasaran dengan planet tetangga Bumi ini, aplikasi Google Mars jangan sampai tidak kamu coba.

3. Google Scholar

Google Scholar
scholar.google.com
Google Scholar merupakan layanan Google yang dapat membantu kamu mencari beragam jurnal, artikel ilmiah, dan karya ilmiah. Layanan ini memang dikhususkan untuk bidang akademi.

Bagi para pelajar, mahasiswa, guru, dosen, serta orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan tentu sangat membutuhkan Google Scholar ini.

Dengan adanya Google Scholar ini diharapkan perkembangan ilmu pengetahuan semakin cepat dan berkembang pesat serta memotivasi yang lainnya untuk turut membuat jurnal atau karya ilmiah.

4. Google Trusted Contact
Google Trusted Contact
Google Trusted Contact merupakan aplikasi yang bertujuan untuk menghubungkan seseorang dengan keluarganya. Dengan aplikasi ini masing-masing anggota keluarga memungkinkan dirinya untuk membagikan lokasi saat ini atau real time.

Jika suatu keadaan tidak memungkinkan untuk membuka ponsel, aplikasi Google Trusted Contact secara otomatis akan mengirimkan lokasi secara real time sehingga anggota keluarga lain dapat segera mengetahui lokasinya.

5. Google Keep

Google Keep
Jika kamu sering mencatat berbagai aktivitas yang akan dilakukan misalnya urusan sekoah, kuliah, pekerjaan, belanja, jalan-jalan, dan aktivitas lainnya, mungkin sekarang kamu bisa menggunakan Google Keep.

Layanan Google yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mencatat berbagai catatan dan mengingatkan kamu mengenai catatan tersebut. Menariknya lagi, kamu bisa menyelaraskan catatan di semua perangkat yang kamu miliki, seperti smartphone dan komputer.

6. Google Input Tools

Google Input Tools
google.com/inputtools
Tools Google yang satu ini sangat memudahkan kamu terutama jika ingin mengetik huruf-huruf dari bahasa lain. Dengan Google Input Tools kamu tidak perlu menggunakan keyboard khusus.

Cara menggunakannya juga sangat mudah cukup pergi ke websitenya, maka di sana kamu bisa mencoba mengetik huruf-huruf yang berasal dari berbagai bahasa di dunia. Jumlahnya pun tidak sedikit, Google Input Tools memiliki lebih dari 80 bahasa di dalamnya.

7. Google Trends Visualization

Google Trends Visualization
trends.google.com/trends/hottrends/visualize
Google Trends merupakan tempat terbaik untuk mengetahui perihal yang sedang tren atau digandrungi banyak orang khususnya di suatu negara.

Di Google Trends, kamu juga dapat melihat tampilan dari aktivitas para pengguna search engine Google secara real-time dalam mencari sebuah kata kunci, tampilan ini bernama Google Trends Visualization. Fitur ini akan menyajikan data berupa informasi yang sangat akurat mengenai tren yang sedang berlangsung di suatu negara yang ingin kamu ketahui.

Tampilan dari Google Trends Visualization juga sangat unik dan menarik sehingga orang yang membuka fitur ini pasti akan suka dengan tampilannya.

8. Google Maps Trek

Google Maps Trek
google.com/maps/about/treks
Mungkin kamu membayangkan bahwa Tools Google yang satu ini adalah fitur Google Maps yang biasa kamu gunakan untuk melihat jalanan yang ada di dunia.

Ternyata berbeda lho, dengan Google Maps Trek kamu bisa mendapatkan beragam informasi mengenai sejarah, pemandangan, trekking alam ke taman nasional atau pegunungan, bahkan fitur Google Maps Trek dapat seolah-olah menjadi tour guide.

Dalam Google Maps Trek informasi yang kamu dapatkan bisa berupa artikel, foto, dan video. Tetapi fitur ini kebanyakan membahas tempat yang ada di luar negeri.

9. Google Arts & Culture

Google Arts & Culture
artsandculture.google.com
Bagi yang memiliki ketertarikan lebih dalam hal kesenian yang ada di dunia ini, Google Arts & Culture merupakan media yang sangat cocok untuk kamu.

Google Arts & Culture sendiri merupakan hasil dari kerjasama antara Google dengan berbagai lembaga kesenian yang ada di seluruh dunia. Dengan adanya Google Arts & Culture, kamu dapat melihat indahnya beragam karya seni dengan resolusi tinggi dari seluruh dunia melalui ponsel atau komputer kamu.

Demikianlah 12 Tools Google yang jarang diketahui orang namun memiliki banyak manfaat. Pasti sebagian tools tadi belum pernah kamu coba kan?

Google memang menawarkan segudang alat dan layanan yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal teknologi informasi dan kemudahan menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan.

Post a Comment for "9 Tools Google yang Jarang Diketahui Namun Sangat Bermanfaat"