Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik untuk Para Pelamar Kerja


Di zaman sekarang mendapatkan pekerjaan tidaklah semudah yang dibayangkan. Dari hasil survei yang didapatkan BPS (Badan Pusat Statistik) pada bulan Februari 2019 menunjukkan tingkat pengangguran berada di angka 5,01 persen dari total angkatan kerja sebanyak 136,18 juta orang.

Yang menjadi salah satu penyebab hal tersebut adalah kurangnya informasi lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan atau badan usaha di luar sana. Padahal, sekarang ini sudah banyak sekali lowongan pekerjaan yang ditampilkan di website dan aplikasi smartphone.
Aplikasi lowongan kerja terbaik 2019Sekarang sudah tidak perlu lagi melamar dengan datang ke perusahaan langsung menitip CV atau mengirim CV lewat pos. Dengan smartphone cukup buka aplikasi melamar kerja online dan mencari pekerjaan berdasarkan bidang yang kita geluti.

Apa sajakah aplikasi lowongan kerja yang memudahkan perusahaan mendapatkan karyawan dan pelamar mendapatkan pekrjaan? Berikut daftar 8 aplikasi lowongan kerja terbaik untuk para pelamar kerja.

1. jobsBD

Aplikasi lowongan kerja
JobsDB merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk melamar pekerjaan secara online. Aplikasi ini setidaknya memberikan lowongan kerja terbaru sejumlah 120.000 setiap bulannya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencari pekerjaan berdasarkan keyword dan fungsi pekerjaan, memfilter lowongan pekerjaan dengan lokasi kerja dan gaji, memilih beberapa lokasi sekaligus dalam sekali pencarian, dan update terbaru menurut passion kamu.

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus membuat atau mengunggah CV agar nantinya jobDB bisa merekomendasikan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, minat, lokasi, dan gaji berdasarkan CV yang kamu unggah.

Download: jobsDB

2. JobStreet

Aplikasi lowongan kerja
JobStreet merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja terbesar yang berada di kawasan Asia Pasifik. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan dari Malaysia dan kini telah menampung lebih dari 230.000 perusahaan di lima negara termasuk Indonesia.

Aplikasi ini dapat memberikan lowongan pekerjaan yang cocok dengan passionmu dan lokasi yang kamu inginkan dengan gaji yang sesuai. Selain itu, kamu akan mendapatkan notifikasi saat pihak perusahaan melihat lamaranmu. Kamu juga akan mendapatkan email mengenai pekerjaan terbaru, jadi kamu bisa melamar pekerjaan tersebut.

Jika kamu ingin bekerja di luar negeri yang masih dekat dengan Indonesia, kamu dapat menggunakan aplikasi ini dan melamar pekerjaan di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Download: JobStreet

3. Indeed

Aplikasi Lowongan Kerja
Indeed ialah aplikasi pencarian lowongan kerja terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mencari pekerjaan baik yang dekat hingga yang jauh sekalipun. Indeed mengklaim mereka memiliki lebih dari 16 juta lowongan kerja baru di 60 negara dengan 28 bahasa.

Jika kamu ingin karirmu go international, aplikasi lowongan kerja Indeed sangat cocok untuk kamu. Namun jika kamu ingin mencari lowongan yang dekat dengan kota atau daerah asalmu, cukup memanfaatkan fitur GPS yang tersedia.

Dengan Indeed, kamu bisa foto-foto mengenai suasana kerja di perusahaan yang ingin kamu lamar, menyimpan hasil pencarian lowongan kerja, mencari pekerjaan full-time, paruh waktu, freelance, hingga magang kerja.

Download: Indeed

4. LinkedIn Job Search

Aplikasi Lowongan Kerja
Didirikan pada tahun 2002 di Amerika Serikat, LinkedIn telah sukses menerapkan konsep media sosial digabungkan dengan situs pencarian kerja. Dan menjadi salah satu platform dengan jumlah akses terbesar dari kalangan para profesional dan perusahaan di dunia.

Aplikasi ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan jaringan profesional dan terhubung dengan para profesional lain di seluruh dunia.

Seperti halnya aplikasi lainnya, dengan LinkedIn kamu bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, nama perusahaan, atau tanggal lowongan diposting, mengikuti perusahaan untuk mendapatkan lowongan, menunjukkan siapa diri kamu salah satunya dengan cara memposting artikel, dan lain sebagainya.

Download: LinkedIn Job search

5. Jora Job Search

Aplikasi lowongan kerja
Berbeda dengan yang lainnya, dengan Jora Job Search kamu mungkin akan menemukan lebih banyak lowongan kerja yang ditawarkan. Aplikasi ini mirip dengan mesin pencarian Google di mana kamu cukup mengetikkan keyword pekerjaan yang ingin kamu cari maka Jora akan menampilkan informasi pekerjaan dari berbagai portal pencarian kerja.

Aplikasi ini juga mudah dan cepat dalam penggunaan, di sini kamu bisa mencari lokasi lowongan kerja yang dekat dengan fitur GPS, mencari berdasarkan perusahaan dan posisi pekerjaan, histori pencarian, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin mencari pekerjaan selain di Indonesia, aplikasi Jora juga mendukung di 36 negara. Selain itu, pencari kerja part-time, freelancer, kontrak, dan magang pun bisa mendapatkan pekerjaan di Jora.

Download: Jora Job Search

6. Kalibrr Job Search

Aplikasi Kalibrr Job search merupakan aplikasi pencari kerja yang berasal dari Filipina. Aplikasi ini dapat memberikan informasi lowongan kerja dari perusahaan terbaik yang sesuai dengan pengalaman keja, minat, dan keahlianmu. Dan juga berdasarkan pencarian sebelumnya, lowongan kerja yang disimpan, dan tentunya profil Kalibrr kamu.

Aplikasi Kalibrr memiliki banyak filter pencarian yang dapat menghasilkan pencarian lowongan kerja sesuai dengan yang kamu inginkan. Filter tersebut berdasarkan jabatan atau posisi, lokasi, dan keyword yang dimasukkan.

Tidak hanya itu, terdapat juga filter berdasarkan keterkaitan, tanggal lowongan kerja diposting, gaji, dan kecepatan HRD dalam merespon. Untuk kecepatan merespon, biasanya terdapat tanda flash atau kilat di mana tanda ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut cepat menanggapi setiap lamaran kerja yang masuk dari para pelamar.

Download: Kalibrr Job Search

7. TopKarir

Aplikasi Lowongan Kerja
Top karir memiliki slogan "Portal Karirnya Anak Muda Indonesia" di mana mereka ingin membantu para milenial untuk meniti karir di dunia kerja. Tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi lowongan kerja, dengan TopKarir kamu juga bisa mencari informasi mengenai beasiswa, magang kerja, pelatihan dan sertifikasi, bahkan hingga dunia kewirausahaan.

Lebih menarik lagi, TopKarir didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian UMKM, dan BAPPENAS serta komunitas pemuda Young On Top di mana memiliki keanggotaan yang sudah tersebar di 22 kota.

Bagi kamu yang akan segera lulus sekolah atau kuliah dapat menjadikan aplikasi ini untuk memberikan gambaran lebih luas mengenai dunia kerja. Sekaligus mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bidang yang kamu geluti dengan jumlah ratusan ribu lowongan kerja yang tersedia di TopKarir.

Download: TopKarir

8. Freelancer

Aplikasi Lowongan Kerja
Berbeda dari aplikasi-aplikasi di atas, dengan Freelancer kamu dapat menemukan lebih banyak pekerjaan yang dikhususkan untuk para pekerja part-time atau paruh waktu. Hal ini tentunya sangat cocok buat kamu yang ingin bekerja dari rumah dengan waktu sesukamu.

Di aplikasi freelancer kamu dapat menawarkan keahlian dan bakatmu kepada para pemberi kerja yang berasal dari seluruh dunia yang sedang mencari pekerja lepas. Kamu juga dapat mengajukan lamaran kepada perusahaan meskipun hanya bekerja menjadi seorang freelancer, tentunya di sini kamu bisa menunjukkan keahlian dan bakatmu.

Download: Freelancer

Itulah daftar 8 aplikasi lowongan kerja terbaik untuk para pelamar kerja. Sekarang adalah saatnya kamu untuk mengunduh salah satu aplikasi atau beberapa aplikasi di atas dan bersiap-siap untuk melamar kerja secara online untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Baca Juga:

Post a Comment for "8 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik untuk Para Pelamar Kerja"