Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi yang Wajib Terinstal di Smartphone Para Pecinta Alam


Kegiatan menyusuri alam liar merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikan bagi sebagian orang khususnya para pecinta alam. Apalagi jika berpetualang di alam bebas dilakukan bersama orang-orang yang kamu terdekat tentu akan lebih berkesan.

Aplikasi pecinta alam atau pendaki gunung adalah aplikasi-aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan dan memberikan informasi penting saat kamu berbetualang di alam bebas.
Pecinta Alam

Berikut 8 Aplikasi yang Wajib Terinstal di Smartphone Para Pecinta Alam

Dengan aplikasi-aplikasi berikut ini kamu akan sangat terbantu dalam petualanganmu menyusuri alam bebas yang penuh dengan tantangan dan hal-hal yang tidak terduga. Aplikasi-aplikasi berikut meliputi prediksi cuaca, GPS, pertolongan pertama dan lain sebagainya. Simak selengkapnya ulasan berikut ini.

1. Weatherbug - Cuaca & Radar

Aplikasi Weatherbug
Weatherbug merupakan aplikasi yang akan memberikan prakiraan cuaca hingga beberapa hari kedepan dengan prediksi yang cukup akurat.

Aplikasi ini akan memberikan informasi keadaan cuaca meliputi suhu udara, kecepatan angin, UV, peringatan petir, dan masih banyak informasi cuaca lainnya.

Informasi mengenai cuaca memanglah sangat penting karena akan mempengaruhi cerita petualanganmu di alam sana. Jangan sampai kamu melakukan aktivitas hiking, mendaki, atau trekking dalam keadaan cuaca yang buruk atau berbahaya. Jadi, selalu perhatikan cuaca saat ingin menikmati keindahan alam di luar sana.

2. First Aid dari Palang Merah

Aplikasi First Aid
First Aid atau pertolongan pertama merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi para pecinta alam. Aplikasi ini berisi informasi-informasi dari para profesional mengenai keamanan, keselamatan, dan nasihat saat terjadi keadaan darurat.

Di dalam aplikasi ini kamu akan menemukan informasi berupa video, diagram, tulisan, hingga kuis interaktif. Terdapat juga beragam masalah kesehatan di dalam aplikasi ini lengkap dengan cara mengobatinya dan obat yang diperlukan.

Selain itu, aplikasi First Aid dari Palang Merah juga dapat mengetahui lokasi kamu berada dan menunjukkan letak fasilitas medis terdekat.

3. Offline Survival Manual

Aplikasi Offline Survival Manual
Aplikasi Offline Survival Manual merupakan aplikasi berbentuk seperti buku manual yang sangat bermanfaat bagi para pecinta alam. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berpetualang di alam bebas karena aplikasi ini menyimpan informasi prosedur-prosedur yang dibutuhkan secara lengkap.

Kamu dapat mempelajari cara-cara survive atau bertahan hidup di alam bebas misalnya mencar air, mendirikan tenda, tumbuhan bermanfaat di alam, dan masih banyak informasi survival menarik lainnya.

Semua informasi tersebut tertata rapi dengan pengelompokan berdasarkan bab-bab atau topik-topik tertentu. Hal ini sangat memudahkan karena kamu tidak akan bingung saat ingin kembali membaca topik tertentu.

4. ViewRanger

Aplikasi ViewRanger
Bagi kamu yang sering mendaki gunung mungkin sudah pernah mendengar aplikasi ViewRanger. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan para profesional.

Dengan aplikasi ViewRanger kamu dapat merencanakan pendakian gunung, memilih rute yang ingin dilalui kemudian mengunduhnya untuk digunakan secara offline.

Kamu tidak perlu khawatir tersesat saat memilih rute tersebut karena rute tersebut merupakan rute umum yang digunakan oleh pendaki lainnya bahkan oleh profesional.

5. Locus Map

Aplikasi Locus Map
Jika kamu seorang pecinta alam dan menyukai petualangan ke alam atau daerah yang memiliki sedikit sinyal bahkan tidak ada sinyal sama sekali maka aplikasi Locus Map adalah aplikasi wajib untuk kamu instal. Aplikasi ini merupakan aplikasi offline map tanpa membutuhkan koneksi data.

Aplikasi ini menyediakan rute-rute yang dapat kamu lalui saat ingin bersepeda, hiking, mendaki, atau aktivitas lainnya. Sebelum berangkat untuk berpetualang, persiapkan dulu rute yang ingin kamu lewati.

Selain memberikan rute-rute, aplikasi ini juga memberikan banyak informasi yang sangat kamu butuhkan seperti altitude atau ketinggian tempat, posisi, jarak antara posisimu dengan tempat tujuan, field note bawaan, dan fitur-fitur menarik lainnya.

6. Digital Compass

Aplikasi Kompas Digital
Biasanya smartphone baik iPhone maupun Android sudah dibekali dengan kompas digital. Namun jika smartphone milikmu tidak memiliki fitur ini, maka kamu dapat mengunduh Digital Compass terlebih dahulu.

Dengan aplikasi kompas digital ini, kamu dapat mengetahui arah mata angin yang benar tanpa harus terkoneksi ke internet. Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai ketinggian daratan, alamat, dan map.

Jika kamu sering pergi berpetualang di alam bebas, ada baiknya kamu lebih memilih kompas biasa yang sering digunakan para pecinta alam, karena selain lebih akurat, dengan kompas biasa tentu akan lebih menghemat baterai smartphone.

7. PeakFinder

Aplikasi PeakFinder
Salah satu aplikasi yang sangat berguna saat ingin mendaki ke puncak gunung adalah aplikasi PeakFinder. PeakFinder merupakan aplikasi berbasis AR (Augmented Reality) yang telah banyak digunakan dalam berbagai bidang.

Aplikasi PeakFinder dapat kamu gunakan untuk menemukan puncak dari sebuah gunung. Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah kamu tinggal mengarahkan kamera smartphone ke gunung yang kamu lihat maka kamu akan mengetahui nama gunung tersebut.

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai masalah konektivitas ke internet saat menggunakan aplikasi PeakFinder karena aplikasi ini dapat berfungsi secara offline.

8. Sky Map

Aplikasi Sky Map
Nah... aplikasi yang satu ini tidak boleh sampai lupa untuk diinstal. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu para pecinta alam yang gemar mendaki ataupun berpetualang di alam bebas dan menyukai pemandangan langit saat malam hari.

Cara menggunakan aplikasi Sky Map adalah dengan mengarahkan kamera smartphone ke arah langit saat malam hari, maka aplikasi ini akan menunjukkan benda-benda langit yang berhasil terekam kamera smartphonemu.

Menariknya lagi, jika kamu bisa mengarahkan kamera smartphone secara tepat, kamu akan melihat banyak rasi bintang hingga meteor jatuh.

Bonus: Panorama 360 Camera

Aplikasi Panorama 360 Camera
Sebenarnya aplikasi Panorama 360 Camera tidak berhubungan secara langsung dengan kegiatan di alam bebas. Namun dengan aplikasi ini kamu dapat memotret pemandangan alam dengan sudut 360 derajat.

Dengan aplikasi ini kamu akan sangat terbantu dalam mengabadikan pamandangan alam sekitar dari sisi depan belakang dan kanan kiri dengan hasil yang bagus dan enak dilihat.

Tentunya gambar semacam ini sangatlah keren karena dapat menangkap keempat sisi apalagi jika pemandangan alamnya begitu indah seperti di puncak gunung, tepi danau, air terjun, dan lain sebagainya.

Demikianlah 8 aplikasi buat para pecinta alam yang akan membuat petualanganmu menjadi semakin seru dan mengesankan. Satu lagi hal yang penting untuk mendukung keseruanmu menggunakan smartphone saat berpetualang, yakni Power Bank. Benda yang satu ini jangan sampai kelupaan agar tidak kehabisan daya baterai. Selamat berpetualang...

Post a Comment for "8 Aplikasi yang Wajib Terinstal di Smartphone Para Pecinta Alam"