Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Membuat CV Kreatif dan Menarik di Ponsel Android dan iOS

Sudah melamar pekerjaan ke banyak perusahaan namun jarang ada panggilan interview atau bahkan tidak pernah dipanggil untuk interview sama sekali? Bisa jadi sebabnya karena CV kamu yang kurang menarik lho.

Curriculum Vitae atau biasa disingkat CV memang salah satu bagian paling penting dalam melamar pekerjaan, karena sudah pasti HRD akan melihat bagaimana CV kamu dibuat dan seberapa menariknya kamu dilihat dari CV yang kamu buat.

Aplikasi Membuat CV Kreatif

Di artikel ini, kita akan membahas aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat CV yang kreatif dan menarik, dan kamu bisa membuat CV tersebut tanpa menggunakan komputer/ laptop. Cukup menggunakan smartphone Android kamu bisa membuat CV yang sangat kreatif sehingga akan menarik HRD untuk membaca lebih lama dan mengundangmu untuk interview.

Sebelum menuju aplikasi-aplikasi tersebut, tentu kamu harus tahu seperti apa sih CV yang kreatif dan menarik itu? Dikutip dari sumber terpercaya, ada beberapa poin kriteria CV yang kreatif, menarik, dan berbobot. Berikut kriterianya:

  • Tampilan CV rapi dan enak dibaca, termasuk di dalamnya adalah template/desain CV, komposisi warna, dan jenis huruf.
  • CV harus memberikan informasi yang jelas, dari mulai data diri, jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga pendidikan terakhir, pendidikan informal misalnya kursus/les privat, pengalaman kerja, dan lain sebagainya.
  • CV harus dibuat pada selembar kertas saja dan ditampilkan secara ringkas, padat, dan jelas.
  • Sesuaikan isi CV (khususnya pengalaman kerja) dengan pekerjaan di tempat tujuan.
  • Jika kamu pernah mendapatkan prestasi dalam bekerja, maka wajib dicantumkan.

Setelah Mengetahui Kriteria CV yang Bagus, Berikut Daftar Aplikasi untuk Membuat CV Kreatif dan Menarik di Android


1. CV Bahasa Indonesia

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Aplikasi pertama yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV kreatif adalah CV Bahasa Indonesia. Aplikasi ini menawarkan beragam template yang sangat menarik dan terlihat lebih profesional.

Cara untuk membuat CV di aplikasi ini juga terbilang sangat mudah, cukup pilih template yang kamu paling sukai, kemudian isikan informasi-informasi yang dibutuhkan, setelah itu kamu bisa langsung menyimpannya dalam bentuk file PDF atau mengirimkannya ke aplikasi lain.

Aplikasi ini tidak hanya memasukkan informasi yang wajib seperti data diri dan pendidikan. Namun aplikasi ini juga dapat memasukkan data seperti foto diri, pengalaman kerja, kualifikasi, minat, hobi, dan informasi apapun yang ingin kamu tambahkan.

2. CV Maker Resume Builder PDF

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Aplikasi membuat CV kreatif lainnya adalah aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi CV Maker yang mudah digunakan. Membuat CV dengan aplikasi CV Maker Resume Builder juga terbilang cepat lho, hanya hitungan beberapa menit saja.

Fitur menarik juga banyak disediakan di aplikasi ini misalnya seperti banyaknya template yang ada sekitar 100 lebih, 250 lebih cover letter, 30 bahasa yang berbeda, kostumisasi template, hingga dapat memilih warna template sesuai keinginan.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan secara offline sehingga tidak perlu khawatir mengenai koneksi ke internet. Dengan tampilan yang ramah pengguna aplikasi ini semakin banyak disukai banyak pelamar kerja.

3. CV Maker Free Resume Builder

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Aplikasi untuk membuat CV kreatif dan profesional selanjutnya adalah aplikasi CV Maker Resume Builder. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembuat CV yang populer di Play Store dengan jumlah download mencapai 1 juta lebih.

CV Maker gratis memberikan kamu desain CV yang menarik dengan banyak pilihan template dan warna yang ada. Terdapat sekitar 50 template tersedia di aplikasi ini dengan 15 variasi warna yang berbeda setiap template-nya.

Selain itu kamu juga tidak perlu terkonekasi ke internet saat menggunakan aplikasi ini karena dapat digunakan ketika ponsel offline.

4. Resume Builder & CV Maker

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Aplikasi Resume Builder merupakan aplikasi dari VisualCV yang dapat membuat CV-mu menjadi terlihat profesional dan kreatif. Jika kamu sebelumnya telah memiliki akun LinkedIn maka akan lebih mudah lagi karena tinggal mengimpor profil dari LinkedIn.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan impor CV dalam bentuk PDF/Word dan mengeditya kembali di sini. Fitur ini sangat memudahkan para pelamar kerja karena sering mengedit/merubah data dan desain untuk mendapatkan CV yang sesuai dengan perusahaan yang dilamar.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih beragam template baik CV maupun portofolio yang tersedia di aplikasi ini.

5. Free Resume Builder CV Maker

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Aplikasi membuat CV kreatif dan menarik lainnya adalah aplikasi bernama Free Resume Builder. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV keren sehingga dapat menarik hati HRD untuk membaca lebih lama pada CV milikmu.

Aplikasi full gratis ini memiliki beragam fitur menarik seperti 75 lebih template CV baik untuk kalangan fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman, kustomisasi template, merubah header/kop CV, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Untuk membuat CV di aplikasi ini juga sangat mudah, langkah pertama adalah melengkapi profil terlebih daulu, kedua pilih template yang paling kamu sukai, terakhir unduh CV sebagai file PDF atau cetak. CV-mu sudah berhasil dibuat.

6. Easy Resume Builder

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Easy Resume Builder merupakan aplikasi pembuat CV yang sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Technokeet ini sangat cocok buat kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi smartphone untuk membuat CV.

Di aplikasi ini kamu bisa membuat CV yang simpel namun tetap terlihat kreatif dan profesional. Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup memasukkan semua informasi yang diperlukan, setelah itu aplikasi akan menampilkannya dalam format CV yang profesional dan menarik.

Beberapa fitur unggulan juga dapat kamu temukan di aplikasi ini seperti dapat membuat banyak profile atau data diri yang berbeda, membuat CV yang berbeda dari profile yang ada, mengecek isi CV untuk mencegah kesalahan input informasi, dan full gratis.

7. Free CV Maker Resume Builder

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Salah satu aplikasi yang bisa dibilang populer di kalangan para pencari kerja adalah aplikasi Free CV Maker ini. Aplikasi ini seperti namanya, merupakan aplikasi gratis sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan batasan fitur yang ada di aplikasi gratis ini.

Di aplikasi Free CV Maker kamu dapat menggunakan semua fitur tanpa harus beralih ke aplikasi premium. Selain gratis kamu juga dapat menemukan banyak template yang disediakan di aplikasi ini, jumlahnya sekitar 130 lebih dengan desain yang kreatif, menarik, sekaligus profesional.

Baik yang masih fresh graduate ataupun sudah berpengalaman semua sangat cocok menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga mendukung offline mode di mana kamu bisa membuat hingga menyelesaikan CV tanpa harus terhubung dengan internet.

8. Canva

Aplikasi Membuat CV Kreatif
Mungkin kamu menganggap aplikasi Canva biasanya hanya digunakan untuk membuat poster, banner, atau brosur dan hanya bisa diakses komputer. Namun ternyata aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat CV lho dan hanya dengan menggunakan smartphone.

Canva juga memiliki banyak sekali desain CV yang sangat kreatif sehingga CV yang kamu buat akan terlihat sangat menarik dan tentunya akan lebih menarik bagi HRD.

Dengan beragamnya desain yang ada, tentu kamu akan lebih leluarsa mencari desain yang sesuai dengan keinginan. Dari desain yang sederhana dan mudah dibuat hingga CV profesional yang biasanya digunakan untuk urusan bisnis.

Baca juga: 9 Rekomendasi Website untuk Membuat CV Online Menarik dan Kreatif

Aplikasi Membuat CV Kreatif dan Menarik di iPhone


9. Resume Star: Pro CV Maker

Aplikasi Membuat CV Kreatif iOS
Jika kamu pengguna iOS baik iPhone ataupun iPad maka kamu bisa mengunduh aplikasi Resume Star untuk membuat CV.

Desain yang ditawarkan baik huruf dan layout atau tata letak di aplikasi ini sangat mengerti kebutuhan para pencari kerja. Karena menyesuaikan dengan dunia industri profesional dan disesuaikan dengan bidang masing-masing pencari kerja.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membuat lebih dari satu CV apabila kamu ingin melamar di banyak perusahaan sekaligus. Kamu pun bisa menyimpannya ke ponsel, ekspor ke Dropbox,  atau mengirimkannya lewat email.

10. PathSource Resume

Aplikasi Membuat CV Kreatif iOS
Selain Resume Star, terdapat aplikasi lain yang juga dapat kamu gunakan untuk membuat CV kreatif dan menarik. Aplikasi tersebut adalah PathSource Resume.

Di aplikasi ini kamu bisa membuat CV yang kamu inginkan dan disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Di aplikasi PathSource Resume banyak tersedia template yang dapat kamu gunakan baik yang free maupun premium.

Untuk menggunakan template premium tentunya kamu harus membeli terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.

Itulah daftar 10 aplikasi membuat CV kreatif dan menarik agar HRD tertarik sehingga berpeluang untuk diwawancara dan diterima kerja. Sekarang kamu tidak usah bingung lagi tentang cara membuat CV yang kreatif, menarik, dan profesional.

Kamu juga tidak repot lagi harus menggunakan laptop atau komuter, karena dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas cukup menggunakan smartphone yang kamu punya semua kebutuhan pembuatan CV bisa terpenuhi. Selamat mencoba...

Post a Comment for "10 Aplikasi Membuat CV Kreatif dan Menarik di Ponsel Android dan iOS"