Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Penjawab Soal Matematika Terbaik untuk Android

Bagi sebagian pelajar, matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami. Banyaknya rumus dan bab yang harus dipelajari juga membuat para siswa semakin pusing. Ditambah saat menjelang ulangan harian, UTS, atau ujian kenaikan kelas para siswa harus belajar lebih giat lagi.

Aplikasi Penjawab Soal Matematika

Jika kamu bingung salah satu solusinya adalah belajar kelompok agar teman kamu yang mampu menjawab soal bisa mengajari kamu bagaimana cara menyelesaikan soal-soal tersebut.

Selain belajar bareng teman, sekarang ini kamu bisa lho memanfaatkan smartphone untuk menjawab soal matematika. Di bawah ini terdapat 10 aplikasi penjawab soal matematika terbaik yang bisa kamu gunakan untuk media belajar secara mandiri. Berikut ulasannya:

1. Automath Photo Calculator

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Aplikasi terbaik pertama yang bisa kamu gunakan untuk menjawab soal matematika adalah Automath Photo Calculator. Cara kerja dari aplikasi ini sangatlah mudah dan cepat, cukup dengan memfoto soal matematika yang ingin kamu kerjakan menggunakan kamera ponsel. Setelah itu Automath akan memberikan jawaban dari soal matematika tersebut.

Terdapat fitur yang menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal matematika, fitur ini sangat membantu kamu yang ingin memahami bagaimana sebuah soal diselesaikan hingga menemukan jawabannya.

Selain itu, aplikasi Automath juga cepat dan akurat, memiliki 250 lebih rumus, dan mampu menyelesaikan soal matematika dari yang simpel hingga yang sulit. Sayangnya, untuk soal yang ditulis tangan belum support untuk aplikasi Automath.

Download: Automath Photo Calculator

2. Photomath

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Photomath merupakan salah satu aplikasi penjawab soal matematika terbaik yang memanfaatkan kamera ponsel, di mana kamu cukup memotret soal yang ada di LKS atau lembar soal, kemudian aplikasi Photomath akan memberikan  jawabannya.

Beberapa fitur menarik yang ada di aplikasi ini di antaranya adalah scan tulisan baik bari buku maupun tulisan tangan, scientific calculator, langkah demi langkah penyelesaian soal, dan tidak membutuhkan koneksi internet saat menggunakan aplikasi ini.

Materi yang dicantumkan di aplikasi ini juga cukup banyak dari matematika dasar, aritmatika, akar, logaritma, matriks, dan masih banyak lagi. Banyaknya topik matematika menjadikan aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan baik di bangku sekolah maupun kuliah.

Download: Photomath

3. Socratic

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Ketika malam hari kamu sedang belajar matematika dan menemui kesulitan untuk mengerjakan soal-soal latihan, pakai saja aplikasi Socratic. Aplikasi penjawab soal matematika ini dapat menjadi pilihan terbaik

Cara menggunakan aplikasi Socratic cukup simpel dan mudah, hanya dengan memfoto soal yang ingin kamu selesaikan, maka aplikasi ini dengan segera akan membantu menjawab soal matematika tersebut.

Aplikasi Socratic terbilang canggih dan lengkap apalagi terdapat teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan yang akan menjawab setiap soal matematika dengan akurat.

4. Math Expert

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Aplikasi penjawab soal matematika terbaik berikutnya adalah Math Expert. Aplikasi ini melakukan penghitungan berdasarkan moto yang sangat unik yakni "ceritakan apa yang kamu tahu, maka aku akan periksa kalkulasi mana yang mungkin untuk digunakan".

Mungkin maksudnya adalah masukkan soal ke aplikasi ini, maka aplikasi ini akan mencarikan metode penghitungan yang mungkin untuk dilakukan dalam menyelesaikan soal. Sepertinya menarik sekali ya.

Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk menjawab soal-soal mata pelajaran eksak lainnya seperti Fisika, Kimia, dan juga Elektro.

Download: Math Expert

5. Myscript Calculator

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Myscript Calculator merupakan aplikasi yang cukup unik dalam penggunaannya. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus menulis soal sendiri terlebih dahulu pada panel yang mirip papan tulis. Setelah itu tulisan yang kamu masukkan tadi akan diubah menjadi persamaan matematika.

Tetapi aplikasi Myscript Calculator masih memiliki materi yang terbatas, namun aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang ingin menjawab soal-soal mengenai matematika basic, eksponensial, trigonometri, dan logaritma.

Download: Myscript Calculator

6. Math Way

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Jika kamu membutuhkan rumus dan materi matematika yang lebih kompleks kamu bisa menggunakan aplikasi Math Way. Tidak seperti aplikasi Photomath yang membutuhkan kamera untuk memfoto soal, dengan aplikasi Math Way kamu cukup mengetikkan pertanyaan atau soal dengan keyboard virtual.

Selain mengetikkan soal kamu juga bisa memfoto soal yang ingin kamu selesaikan. Maka dengan segera aplikasi Math Way akan memberikan jawaban dari soal yang kamu foto.

Di aplikasi Math Way banyak sekali rumus dari tingkatan paling sederhana dan mudah hingga rumus yang sangat sulit kamu pahami. Dengan kelengkapan rumus ini, aplikasi Math Way sangat berguna dalam membantu kamu menjawab semua soal matematika.

Download: Math Way

7. Cymath

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Saat kamu membutuhkan aplikasi penjawab soal matematika yang memiliki beragam bab atau materi, Cymath adalah aplikasi terbaik yang paling cocok buat kamu.

Tidak hanya masalah kalkulus saja, dengan aplikasi Cymath ini kamu bisa menyelesaikan soal-soal mengenai logaritma, eksponen, trigonometri, aljabar, integral, dan masih banyak lagi.

Selain banyak jenis soal yang bisa diselesaikan, aplikasi ini pun bisa kamu operasikan dengan mudah. Cukup mengarahkan kamera ke soal yang ingin kamu jawab, maka Cymath dengan segera akan menyelesaikan soal tersebut.

Cymath juga memberikan fitur gratis yang sangat menarik yakni berupa penyelesaian langkah demi langkah pada setiap persoalan matematika yang ada.

Download: Cymath

8. Malmath

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Sering bingung dengan pelajaran matematika di sekolah? Coba aplikasi MalMath, dengan aplikasi ini kamu dapat memecahkan masalah terkait matematika yang sulit kamu pahami termasuk menjawab soal-soalnya.

Jika kamu belum bisa menggunakan aplikasi MalMath, tenang karena aplikasi ini telah dibekali fitur tutorial cara menggunakan aplikasi MalMath.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa cara yang ada untuk menyelesaikan sebuah soal matematika. Langkah demi langkah penyelesaian soal pun bisa kamu lihat sehingga kamu akan mudah paham dan menyukai matematika.

Download: MalMath

9. WolframAlpha

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Aplikasi penjawab soal matematika lainnya yang bisa kamu coba adalah WolframAlpha. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat pas buat kamu yang sering mendapat PR dari guru matematika di sekolah.

WolframAlpha menjadi sangat nyaman dan menjadi salah satu yang terbaik untuk menyelesaikan soal-soal matematika bab aritmatika dan kalkulus. Namun jika kamu ingin menyelesaikan soal-soal matematika selain aritmatika dan kalkulus, WolframAlpha tetap bisa kamu andalkan.

Download: WolframAlpha

10. Math Tricks

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Aplikasi terakhir untuk menyelesaikan soal matematika adalah Math Tricks atau Trik Matematika. Aplikasi ini merupakan aplikasi matematika yang sangat cocok digunakan untuk anak SD yang belajar perhitungan matematika dasar seperti pertambahan, pengurngan, perkalian dan pembagian.

Seperti namanya, aplikasi ini juga memberikan trik khusus mengenai operasi bilangan. Misalnya trik mengalikan bilangan dengan angka 11, trik operasi kuadrat, dan trik-trik menarik lainnya.

Download: Trik Matematika

Itulah daftar 10 aplikasi penjawab soal matematika terbaik di android yang sangat membantu kamu untuk menyelesaian PR dari guru di sekolah. Pesan untuk kepada kalian semuanya tetaplah berusaha untuk mengerjakan soal secara manual dan berusaha untuk memahami alur penyelesaian soal di aplikasi ini agar kamu bisa mengerjakan soal serupa tanpa perlu membuka aplikasi lagi.

Karena tidak mungkin kan menggunakan aplikasi penjawab soal matematika ini kamu gunakan saat ulangan, karena sama saja itu namanya mencontek. Jangan gunakan untuk mencontek ya.

Post a Comment for "10 Aplikasi Penjawab Soal Matematika Terbaik untuk Android"