Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik Android Hasilkan Suara Bagus

Sekarang ini sudah sangat banyak orang terutama kaum milenial yang menjadikan dunia digital menjadi hobi sekaligus sebagai salah satu sumber penghasilannya. Banyak sekali konten kreator seperti Youtuber, Vlogger, hingga Live Streaming Gaming bertebaran di mana-mana.

Namun sayangnya untuk mendapatkan kualitas video dan audio yang bagus tidaklah mudah. Karena jika hanya asal jadi maka audio yang dihasilkan akan kurang bagus sehingga sedikit orang yang akan tertarik dengan konten yang sudah dibuat.

Di artikel ini kita akan membahas dari segi voice recorder-nya, di mana merupakan salah satu inti dari proses pembuatan yang akan menentukan bagus tidaknya rekaman suara tersebut. Pada masing-masing smartphone tentunya memiliki perekam suara bawaan (built-in voice recorder) yang bisa digunakan. Namun karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan tentu memiliki fitur yang sedikit sehingga perlu aplikasi perekam suara lain dengan fitur yang beragam dan unggul.

10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Smartphone Android

Bagi kamu yang suka merekam suara untuk berbagai hobi atau pekerjaan digital tentu selain mendapatkan gambar/video yang bagus dan menarik, suara juga harus jelas dan jernih agar bisa mendapatkan kombinasi audio dan video yang the best. Untuk mendapatkan suara yang bagus berikut kami rekomendasikan 10 aplikasi yang ada di Play Store.

1. Smart Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Aplikasi perekam suara pertama yang mampu merekam suara dengan baik adalah Smart Recorder. Selain bisa menghasilkan suara yang jernih, dari segi tampilan aplikasi ini juga cukup simpel sehingga sangat mudah digunakan.

Fitur berupa jeda otomatis di aplikasi ini sangat membantu di mana fitur ini akan menjeda rekaman ketika suara sekitar hening atau saat kamu berhenti berbicara dalam durasi tertentu.

Unduh aplikasi: Smart Recorder

2. Voice Recorder Pro

Aplikasi Perekam Suara di Android
Salah satu aplikasi yang menawarkan kemampuan lebih untuk merekam suara adalah Voice Recorder Pro. Beberapa fitur yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini adalah tiga audio codec, spektrum analyzer, sample rate dan bitrate, serta dukungan widget.

Dengan beragam fitur yang ada menjadikan aplikasi ini mungkin agak membingungkan bagi yang hanya ingin sekedar merekam suara saja. Aplikasi Voice Recorder Pro dapat kamu unduh secara gratis dari Play Store. Jika kamu menyukai fitur-fitur yang ada di aplikasi ini, kamu bisa langsung mengunduh aplikasinya.

Unduh aplikasi: Voice Recorder Pro

3. RecForge II - Audio Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Aplikasi perekam suara di Android yang satu ini sepertinya sangat cocok buat kamu yang suka merekam suara untuk kepentingan di SoundCloud. Dirancang dengan menyertakan fitur-fitur handal untuk merekam musik, tentu aplikasi ini tidak diragukan keunggulannya.

Di dalam aplikasi RecForge II terdapat enam audio codec, kamu bisa memilih salah satu dan disesuaikan dengan kebutuhan atau yang menurutmu paling bagus. Aplikasi keren ini bisa kamu unduh secara gratis dari Play Store. Namun jika menginginkan fitur lengkap dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan, kamu bisa menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini.

Unduh aplikasi: RecForge II - Audio Recorder

4. Titanium Voice Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Ingin merekam suara dengan kualitas lebih bagus dari aplikasi perekam suara bawaan? Jika demikian, maka aplikasi Titanium Voice Recorder dapat menjadi alternatif pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan. Jika diperlukan, kamu bisa merekam dalam audio codec di aplikasi ini. Kamu juga bisa merekam suara berkualitas high definition (HD) di pengaturan 8 bit dan 16 bit.

Antar muka yang mudah dan fitur rekaman yang memiliki kualitas lebih baik dari aplikasi perekam suara bawaan menjadikan aplikasi ini banyak diinstal. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store.

Unduh aplikasi: Titanium Voice Recorder

5. Super Voice Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Merekam suara untuk dijadikan backsound atau narasi di dalam video memang sangat penting. Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan Super Voice recorder dan melakukan perekaman audio dengan format MP3. Pada durasi, aplikasi ini memiliki kelebihan di mana kamu bisa merekam suara hingga waktu yang tak terbatas. Kebanyakan aplikasi sejenis hanya membolehkan durasi hingga beberapa jam saja.

Ada beberapa pilihan audio yang berbeda-beda, dari yang kualitas rendah hingga yang tinggi. Jika kamu ingin mendapatkan hasil suara yang bagus dan jernih, pilih yang berkualitas tinggi. Namun jika ingin menghemat penyimpanan ponsel mungkin kamu bisa memilih yang berkualitas biasa atau rendah.

Unduh aplikasi: Super Voice Recorder

6. Easy Voice Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Aplikasi perekam suara di Android yang menawarkan kemudahan dalam penggunaan adalah Easy Voice Recorder. Aplikasi ini menyediakan berbagai format audio hasil perekaman yang bisa kamu pilih di antaranya adalah AAC dan PCM.

Aplikasi Easy Voice Recorder merupakan aplikasi gratis yang tersedia di Play Store. Jadi kamu bisa menggunakannya tanpa ada versi trialnya. Namun jika menginginkan fitur premium di aplikasi ini, maka kamu bisa meng-upgrade ke versi berbayar.

Unduh aplikasi: Easy Voice Recorder

7. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Aplikasi yang dikembangkan oleh Audiophile ini memiliki kualitas yang bagus untuk merekam suara. Format suara yang dihasilkan oleh Hi-Q MP3 Voice Recorder juga cukup beragam sekitar 5 format, yakni MP3, MP4A, OGG, FLAC, dan WAV.

Setelah merekam suara kamu bisa menyimpannya ke memori ponsel atau ke Dropbox dan Google Drive. Jika ponselmu memiliki ruang penyimpanan yang sedikit, simpan di Dropbox ataupun Google Drive adalah pilihan terbaik untuk menjaga agar momeri ponsel tidak penuh.

Unduh aplikasi: Hi-Q MP3 Voice Recorder

8. Audio Recorder and Editor

Aplikasi Perekam Suara di Android
Memiliki aplikasi dengan dua fungsi yang berbeda merupakan salah satu kriteria aplikasi yang dicari. Nah aplikasi tersebut dapat kamu temukan di dalam aplikasi Audio Recorder and Editor. Selain dapat merekam suara, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengedit audio hasil perekaman yang kamu lakukan.

Beberapa fitur di editing audio juga bisa dibilang cukup banyak. Kamu bisa melakukan konversi, memotong, dan menggabungkan audio. Terdapat juga efek suara yang bisa kamu gunakan seperti efek suara monster, efek suara teater, dan masih banyak efek menarik lainnya.

Unduh aplikasi: Audio Recorder and Editor

9. Parrot

Aplikasi Perekam Suara di Android
Dengan user interface (UI) yang sederhana dan ringan, aplikasi perekam suara Parrot adalah pilihan terbaik untuk smartphone dengan spek yang rendah ataupun biasa saja. Selain dapat kamu gunakan untuk merekam suara, Parrot juga bisa digunakan untuk memutar rekaman dan mengedit rekaman dengan efek-efek suara yang unik dan bagus.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Searing Media ini juga mendukung penggunaan pada Android Wear. Di mana kamu bisa merekam suara dengan cara yang sangat praktis dan mudah.

Unduh aplikasi: Parrot

10. Tape-a-Talk Voice Recorder

Aplikasi Perekam Suara di Android
Aplikasi perekam suara terbaik di Android yang terakhir adalah Tape-a-Talk Voice Recorder. Aplikasi ini memiliki hasil perekaman dengan kualitas yang bagus dan mengelola audio file hasil rekaman yang ada.

Beberapa fitur menarik yang dapat kamu temukan di aplikasi ini di antaranya adalah mengedit file RAW, memilih kualitas perekaman audio, terdapat widget, dan fitur kontrol perekaman. Selain itu, terdapat juga fitur share di mana kamu bisa membagikan hasil perekaman ke orang lain.

Unduh aplikasi: Tape-a-Talk Voice Recorder

Itulah 10 aplikasi perekam suara di Android yang bisa kamu undih dari Play Store. Tentunya aplikasi-aplikasi di atas memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan aplikasi perekam suara bawaan yang ada pada smartphone masing-masing.

Dari banyak aplikasi di atas manakah yang menurut kamu paling bagus dan ingin kamu unduh? Atau kamu memiliki referensi aplikasi perekam suara lainnya, jika punya silahkan beri tahu di komentar ya.

Post a Comment for "10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik Android Hasilkan Suara Bagus"