Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Screenshot di Laptop Windows secara Cepat & Mudah

Untuk melakukan screenshot di komputer atau laptop merupakan hal yang mudah bagi yang biasa menggunakan perangkat komputer atau laptop ini dalam aktivitas sehari-hari. Screenshot sendiri dilakukan untuk berbagai macam tujuan, dari sekedar meyimpan momen yang terjadi di layar agar tidak hilang, bahan presentasi, sekedar copas dan membagikan hasil screenshot ke media sosial, dan masih banyak keperluan yang lain.

Cara Melakukan Screenshot pada Komputer/Laptop Windows
Screenshot Layar Laptop
Untuk fitur screenshot sendiri, sebenarnya sudah ada di perangkat komputer atau laptop masing-masing jadi kamu tidak perlu menginstal aplikasi tertentu untuk mengambil gambar layar tersebut. Kecuali jika kamu memang menginginkan fitur lebih dari sekedar screenshot saja.

Bagi kamu yang jarang menggunakan perangkat komputer atau biasa menggunakan komputer namun tidak mengetahui cara screenshot berikut ini kami bagikan bagaimana cara melakukan screenshot khususnya pada PC Windows.

Cara Melakukan Screenshot pada Komputer/Laptop Windows
Tombol prt sc sysrq

Cara Screenshot dengan Sangat Mudah dan Cepat

Terdapat tombol khusus pada keyboard yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot, dengan tombol ini kamu tidak akan bingung karena sangat mudah, simpel, dan cepat. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Menggunakan Tombol 'prt sc sysrq' / 'prt scrn'

Bagi pengguna Windows khususnya  Win 8.1 dan Win 10 dapat melakukan cara yang sangat simpel ini karena hanya dengan satu kali klik saja. Cukup gunakan tombol prt sc sysrq/prt scrn pada keyboard tanpa kombinasi tombol lainnya. Dengan sekali tekan ini proses pengambilan gambar layar sudah selesai.

Untuk melihat hasil screenshot, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi bawaan Windows misalnya saja Paint. Setelah dibuka tekan Ctrl+V (paste). Kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya: Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, hingga Photoshop. Untuk melihat hasilnya caranya juga sama cukup tekan Ctrl+V.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol Logo Windows + prt sc sysrq

Cara yang kedua ini bisa dibilang cara yang sudah cukup lama dari mulai Windows XP ada. Meskipun demikian cara ini tetap bisa kamu lakukan pada WIndows 7, Windows 8 dan 8.1, Windows 10, dan juga Windows Vista.

Langkah-langkah untuk screenshot menggunakan cara ini sangatlah mudah. Cukup tekan tombol Logo Windows kemudian diikuti prt sc sysrq, maka kamu bisa melihat seperti ada kedipan pada layar, hal ini menunjukkan bahwa kamu telah berhasil mengambil gambar layar di laptop. Untuk melihat hasilnya, pergilah ke C:\Users\[nama-user]\Pictures\Screenshots.

3. Menggunakan Kombinasi Tombol alt + prt sc sysrq

Seperti cara sebelumnya, pada cara ini juga bisa dilakukan pada hampir semua OS Windows. Caranya pun hampir sama yakni cukup tekan tombol alt kemudian diikuti prt sc sysrq.

Setelah itu, buka aplikasi Paint untuk mempastekan hasil screenshot tersebut. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya untuk mempastekan hasil screenshot seperti Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, atau Photoshop.

Untuk cara ini, kamu akan mendapatkan hasil yang berbeda dari dua cara sebelumnya. Kamu hanya akan mendapatkan jendela yang aktif saja saat menggunakan cara ketiga ini. Sedangkan untuk bagian lain selain jendela aktif tidak akan ikut discreenshot.

4. Menggunakan Snipping Tool

Pada sistem operasi Windows yang baru, terdapat sebuah aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk screenshot aplikasi tersebut adalah Snipping Tool. Untuk membuka aplikasi ini cukup tekan tombol Logo Windows pada keyboard dan ketikkan 'snipping tool' pada kotak pencarian. Pilih aplikasi tersebut maka seketika aplikasi Snipping Tool akan terbuka.

Selanjutnya klik menu New dan langsung pilih area layar yang ingin kamu screenshot. Setelah memilih area screenshot klik ikon save/simpan, kamu bisa menyimpan hasil screenshot dari Snipping Tool di folder yang kamu inginkan.

Demikianlah cara melakukan screenshot pada komputer atau laptop dengan mudah dan cepat. Cara-cara tersebut semuanya bisa kamu coba dan pilih mana yang kira-kira paling mudah bagi kamu. Selamat mencoba...

Post a Comment for "4 Cara Screenshot di Laptop Windows secara Cepat & Mudah"