Iklan Uptitle

12 Aplikasi Pengunci Aplikasi di Android yang Ringan dan Paling Keren

Aplikasi pengunci aplikasi merupakan salah satu pengamanan yang sekarang ini banyak diterapkan oleh para pengguna smartphone. Salah satu alasannya adalah karena memang smartphone mengandung banyak informasi yang penting dan berprivasi sehingga pemilik smartphone tidak ingin sembarangan orang membuka-buka smartphone miliknya.

Dengan menggunakan aplikasi pengunci aplikasi, tentu kamu tidak khawatir lagi mengenai data pribadi dan data penting yang ada di ponselmu. Terlebih lagi jika kamu punya koleksi file pribadi yang memang sengaja kamu simpan di ponsel tentu harus mempunyai ekstra pengamanan untuk aplikasi di ponsel milikmu.

Namun seringkali dengan banyaknya aplikasi kunci aplikasi di Play Store membuat kamu bingung memilih mana aplikasi yang terbaik, ringan, mudah digunakan, atau bahkan multifungsi. Tenang saja kali ini KlikRefresh akan memaparkan mengenai aplikasi-aplikasi pengunci aplikasi yang ringan dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Daftar Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik di Android yang Ringan

Berikut ini ulasan aplikasi-aplikasi yang bisa kamu unduh dari Play Store, aplikasi di daftar ini juga gratis lho sehingga kamu tidak perlu repot harus membayar terlebih dahulu sebelum mengunduh dan menggunakannya.

1. AppLock

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Aplikasi pengunci aplikasi ringan yang pertama adalah AppLock. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna Android. Jumlah downloadnya pun sangat besar mencapai 100 juta kali download. Aplikasi yang dikembangkan oleh DoMobile Lab ini memungkingkan kamu untuk mengamankan beragam aplikasi penting di ponsel.

Aplikasi ini memberikan pengamanan berupa PIN, terdapat juga sidik jari yang memiliki keamanan jauh lebih baik dan bisa diandalkan daripada PIN. Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai tema berbeda dengan tampilan yang sangat menarik sehingga kamu tidak akan bosan menggunakan aplikasi AppLock ini.

2. Security Master

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan aplikasi-aplikasi yang terinstal di smartphone. Aplikasi dari Cheetah Mobile ini juga sangat-sangat populer di Play Store dengan jumlah unduhan mencapai 500 juta lebih dengan penilaian 4.6 dari 5.0 bintang. Sangat bagus kan?

Aplikasi ini juga memiliki fitur mengambil foto orang yang mencoba menyusup ke ponsel kamu. Dengan fitur ini kamu bisa tahu jika sebelumnya ada seseorang yang mencoba membuka ponselmu secara diam-diam. Tidak hanya memiliki fungsi sebagai pengunci aplikasi, Security Master juga dapat kamu jadikan Antivirus, VPN, hingga bisa mempercepat kinerja android (booster). Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu menginstal aplikasi Antivirus, aplikasi pembersih storage (menghapus cache yang tidak diperlukan), hingga aplikasi VPN.

3. Perfect AppLock (App Protector)

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Aplikasi dari pengembang Morrison Software ini merupakan aplikasi pengunci yang cocok untuk kamu jika lebih mengutamakan keringanan, kesederhaan, dan kemudahan di dalam aplikasi. Aplikasi ini dapat memberikan proteksi berupa pola dan PIN dari tangan-tangan jahil sehingga privasi kamu bisa lebih terjaga.

Yang menarik dari aplikasi ini yakni terdapat fitur fingerprint scanner palsu sebagai fitur keamanan tambahan. Dengan fitur tersebut seolah-olah penyusup disetujui mengakses aplikasi padahal itu hanya sebuah trap saja. Uniknya lagi, aplikasi ini dapat kamu operasikan dari jarak jauh dengan SMS yang berisi perintah tertentu. Menarik sekali kan?

4. Vault

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Aplikasi Vault memiliki beragam kegunaan yang dapat kamu manfaatkan untuk mengamankan data dan privasi yang ada di dalam ponselmu. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi penting seperti foto pribadi, video, pesan singkat (SMS), log panggilan, dan beragam aplikasi lainnya. Selain dapat digunakan untuk mengamankan data, aplikasi Vault juga bisa digunakan untuk mem-backup data seperti SMS, foto, video, dan file penting lainnya ke Cloud.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa menyembunyikan aplikasi ini agar tidak terlihat oleh orang lain jika kamu menggunakan aplikasi Vault. Dan kamu bisa mengaktifkan fitur break-in alarm di mana penyusup pasti akan kaget dan jera karena nada yang ditimbulkan dari aplikasi ini yang tiba-tiba berdering ketika seseorang mencoba mengakses paksa smartphonemu.

5. Smart Applock (App Protect)

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Aplikasi Smart Applock merupakan aplikasi yang memiliki fitur canggih di dalamnya. Aplikasi ini bisa memotret wajah dari seseorang yang berusaha membuka dengan paksa pada aplikasi yang sudah dikunci. Aplikasi Smart Applock mendukung pengamanan dengan pattern atau pola dan password. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengunci panggilan masuk dan panggilan keluar.

Aplikasi pengunci aplikasi yang ringan ini juga memiliki fitur Fake Lock di mana fitur ini akan membuat penyusup merasa kebingungan. Karena fitur Fake Lock ini telah menyamarkan layar kunci yang sudah kamu buat.

6. CM Locker

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Seperti halnya aplikasi Smart Applock, aplikasi CM Locker juga memiliki fitur-fitur canggih yakni fitur Anti-maling dan fitur Selfie Penyusup. Fitur tersebut dapat memotret wajah seseorang yang berusaha masuk ke aplikasi-aplikasi yang sudah dikunci dengan CM Locker.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci banyak aplikasi penting dan membutuhkan privasi tersendiri seperti foto, video, dan aplikasi, serta keamanan layar ponsel sehingga memberikan keamanan yang jauh lebih terjamin. Dari segi UI, aplikasi ini juga memiliki tampilan antar muka yang sangat menarik. Terdapat juga fitur Ramalan Cuaca untuk seminggu ke depan, keren ya? Jadi kamu tak perlu lagi aplikasi ramalan cuaca jika menggunakan aplikasi ini.

Baca juga:

7. LOCKit

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
LOCKit merupakan aplikasi pengunci aplikasi yang ringan dan sangat menarik. Kenapa sangat menarik, karena dengan aplikasi ini kamu bisa menyamarkan layar kunci yang sudah kamu atur sehingga akan membingungkan orang lain yang ingin mencoba mengakses aplikasi ataupun membuka galeri di smarphonemu.

Di aplikasi LOCKit terdapat beberapa pilihan untuk mengamankan aplikasi dari membuka dengan pola, PIN, hingga menggunakan fingerprint. Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti aplikasi lainnya yakni bisa memotret wajah seseorang yang secara diam-diam ingin mengakses aplikasi atau galeri yang sudah kamu kunci dengan LOCKit. Dengan fitur ini kamu akan tahu siapa orang yang mengkepoin isi smartphonemu.

8. Easy App Lock & Hide Pict/Video

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Aplikasi pengunci aplikasi yang ringan dan mudah lainnya adalah Easy App Lock & Hide Pict/Video. Seperti namanya, aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengamankan dan menyembunyikan file foto dan video dengan cepat dan mudah. Selain itu, aplikasi ini tentunya juga bisa mengunci aplikasi yang kamu inginkan agar tidak dibuka oleh sembarangan orang.

Aplikasi ini menggunakan sistem pengamanan berupa pola, kata sandi, dan fingerprint. Untuk fingerprint, minimal OS Android harus 6.0 (Marshmallow) dan setelahnya. Aplikasi ini sangatlah ringan dan tidak mengkonsumsi banyak daya baterai, konsumsi baterai pada aplikasi ini berkisar kurang dari 1% saja.

9. IObit Applock

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Setelah pengembang merilis IObit Applock 2.0, fitur keren dan canggih berupa Face Lock ditambahkan di versi terbaru ini. Fitur ini merupakan fitur yang dapat membuka aplikasi hanya dengan menggunakan wajah. Dengan fitur ini tentu aplikasi akan menjadi lebih aman, mudah, cepat.

Dengan adanya fitur keren ini, kamu tak perlu khawatir lagi jika lupa pola atau kata sandi untuk membuka aplikasi. Ingin mencoba fitur ini menjadi pengaman aplikasi di smartphonemu? Langsung download saja aplikasi ini di Play Store.

10. Norton App Lock

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Tentu kamu sebelumnya sudah pernah mendengar tentang Norton, Norton merupakan salah satu pengembang antivirus terbaik di dunia, dan kini mereka juga membuat sebuah aplikasi untuk keamanan data dan privasimu yang ada di ponsel. Aplikasi tersebut adalah Norton App Lock. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengunci aplikasi apapun yang kamu inginkan.

Sama seperti beberapa aplikasi yang ada di daftar ini, Norton App Lock juga memiliki fitur Sneak Anti-Theft yakni mengambil foto dari kamera depan (selfie) bagi seseorang yang mencoba menjadi penyusup dan gagal memasukkan password sebanyak 3 kali. Hasil foto tersebut nantinya akan disimpan di galeri ponsel.

11. Applock - Fingerprint & PIN

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Selanjutnya ada aplikasi Applock - Fingerprint & PIN. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk dapat mengunci berbagai aplikasi yang ada di smartphone milikmu seperti Whatsapp, Facebook, browser, hingga file foto dan video di galeri. Dengan aplikasi ini kamu tidak khawatir lagi dengan tangan-tangan jahil yang ingin tahu isi ponsel kamu.

Selain pengamanan aplikasi dan galeri, aplikasi ini juga memiliki fitur tampilan yang menarik dan ramah pengguna. Kamu juga bisa memilih tema dengan beragam warna serta mengatur sendiri desain kunci layarnya. Mantapnya lagi, konsumsi daya dari aplikasi Applock - Fingerprint & PIN pun rendah sehingga daya baterai bisa lebih tahan lama. Pengembang juga mengatakan bahwa aplikasi ini tidak menampilkan iklan lho.

12. App Lock: Fingerprint Password

Aplikasi Pengunci Aplikasi Ringan
Sudah cukup banyak pengguna aplikasi ini dari berbagai belahan dunia, tentu kecanggihannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengamankan aplikasi dengan sistem kunci berkeamanan tinggi seperti fingerprint, tidak hanya itu aplikasi ini juga menyediakan kunci dengan password dan pola sebagai alternatif lain.

Aplikasi yang bisa kamu kunci di antaranya adalah galeri, log telepon, email, SMS, dan aplikasi lain yang membutuhkan pengamanan. Aplikasi ini juga memiliki fitur semacam brangkas di mana kamu bisa memasukkan foto ataupun video ke dalamnya sehingga tidak bisa dilihat oleh sembarangan orang. Tampilan kunci aplikasi dan pola kunci aplikasi juga bisa kamu pilih sendiri di sini sehingga dengan tampilan yang bisa diubah-ubah tentu kamu tidak akan bosan jika menggunakan aplikasi App Lock: Fingerprint Password.

Itulah 12 aplikasi pengunci aplikasi di android yang ringan dan terbaik yang bisa kamu instal di smartphonemu. Semua aplikasi di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun semua aplikasi di atas dapat memenuhi keperluan kamu untuk mengunci aplikasi-aplikasi demi melindungi privasi. Terdapat banyak metode penguncian yang bisa kamu pilih dari pola, PIN, password, hingga fingerprint.

Untuk dapat memanfaatkan fitur kunci aplikasi dengan fingerprint, tentunya ponsel yang kamu miliki juga harus mendukung fingerprint. Karena kalau tidak tentu tidak akan bisa digunakan. Dari daftar aplikasi di atas mana yang kira-kira akan kamu unduh?

0 Response to "12 Aplikasi Pengunci Aplikasi di Android yang Ringan dan Paling Keren"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel