Iklan Uptitle

Kenali Kelebihan dan Kekurangan pada HDD, SSHD, SSD, dan Intel Optane

Perangkat penyimpanan data atau memori merupakan salah satu komponen utama pada sebuah PC/laptop. Dengan perangkat ini kita bisa membaca, membuat, dan menyimpan data di komputer agar bisa dibuka kembali di lain waktu.

Ada tiga perangkat penyimpanan data internal di komputer yang umum digunakan, yakni HDD, SSHD, dan SSD. Ketiga perangkat tersebut memiliki teknologi yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dan satu tambahan lagi yakni Intel Optane dimana berbeda dari ketiga sebelumnya, komponen ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja sebuah komputer. Biasanya Intel Optane digunakan pada komputer yang masih menggunakan HDD sebagai media penyimpanan data utama. Ingin tahu informasi lebih lengkap? Baca ulasan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan HDD, SSHD, SSD, dan Intel Optane


1. Kelebihan dan Kekurangan HDD

HDD (Hard Disk Drive)
Hard Disk Drive biasa disingkat HDD adalah komponen komputer yang memiliki kapasitas penyimpanan data paling besar. HDD merupakan perangkat penyimpanan data yang telah ada dari tahun 1956 dari pertama yang hanya berkapasitas satuan bytes saja (B) hingga sekarang yang sudah satuan terabyte (TB). HDD menggunakan teknologi piringan magnetik untuk menyimpan data.

Meskipun sekarang ini SSD telah banyak diproduksi dan sudah banyak tersedia di pasar. Namun ternyata belum mampu menggeser ketenaran HDD. Mungkin karena SSD cukup mahal dan memiliki kapasitas yang kecil jika dibandingkan dengan HDD.

Kelebihan HDD

► Memiliki kapasitas yang besar, kapasitas memori yang ada pada HDD bisa jauh lebih besar daripada SSD.
► Harganya lebih terjangkau dengan harga 600-800rb kamu sudah bisa membeli HDD berkapasitas 1TB.

Kekurangan HDD

► Ketika menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan HDD akan mengeluarkan suara yang agak mengganggu. Ini disebabkan disk atau cakram yang selalu berputar.
► Tidak tahan goncangan karena disk yang ada di dalam HDD cukup rentan terhadap guncangan.
► Memiliki bobot yang lebih berat
► Kecepatan berada di bawah SSD dan SSHD

2. Kelebihan dan Kekurangan SSHD

SSHD (Solid State Hybrid Drives)
Pada umumnya, perangkat penyimpanan komputer kalau tidak menggunakan HDD pasti menggunakan SSD. Namun ternyata masih ada satu lagu yakni SSHD. SSHD atau Solid State Hybrid Drives merupakan perangkat memori komputer yang menggabungkan antara teknologi HDD dan teknologi SSD.

Penggabungan dua buah teknologi yang berbeda ini sungguh menghadirkan keunggulan yang berbeda. Dengan SSHD kamu bisa merasakan cepatnya pembacaan data karena adanya teknologi SSD dan merasakan luasnya kapasitas memori karena adanya teknologi HDD. Cepatnya transfer data dan besarnya kapasitas memori pada SSHD membuat perangkat ini sangat efisien.

Kelebihan SSHD

► Lebih praktis, karena ada gabungan antara HDD dan SSD
► Kapasitas besar dan memiliki kinerja yang lebih cepat daripada HDD
► Memakan daya yang lebih rendah dibandingkan HDD
► Terdapat 2 ukuran yang tersedia, yakni untuk desktop dan laptop
► SSHD lebih tahan lama dibandingkan HDD

Kekurangan SSHD

► Masih adanya komponen yang bergerak pada SSHD, sudah dipastikan kekurangan SSHD hampir sama dengan HDD.
► Secara umum kecepatan masih sedikit di bawah SSD, meskipun ada beberapa yang mengklaim bahwa SSHD seperti Seagate Firecuda lebih cepat dari sejumlah SSD yang telah ada di pasaran.

3. Kelebihan dan Kekurangan SSD

SSD (Solid State Drive)
Solid State Drive atau biasa disingkat SSD merupakan inovasi terbaru pada sistem penyimpanan data pada komputer. SSD sekarang ini sudah banyak diminati karena memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan yang telah ada sebelumnya seperti HDD atau Hard Disk Drive. Tidak hanya masalah kecepatan, SSD juga memiliki konsumsi daya listrik yang lebih rendah dari HDD.

Kelebihan SSD

► SSD memiliki kecepatan di atas HDD dan SSHD dalam hal read and write data. Misalnya pada saat membuka program berat, copy dan paste file, atau pencarian file.
► Pada saat booting atau menghidupkan komputer/laptop SSD akan lebih cepat dibanding HDD maupun SSHD
► Dalam penggunaannya SSD tidak akan mengeluarkan suara karena komponen dan materi yang digunakan SSD tidak terdapat komponen bergerak.
► SSD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan tentunya lebih ringan
► Lebih hemat daya sehingga jika digunakan untuk laptop maka daya listrik baterai akan lebih awet
► Karena tidak tersusun dari disk atau cakram , SSD lebih tahan terhadap guncangan.

Kekurangan SSD

► Harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan HDD, sebagai perbandingan harga SSD dan HDD dalam kapasitas yang sama, harga SSD akan berada jauh di atas HDD.

4. Kelebihan dan Kekurangan Intel Optane

Intel Optane
Intel Optane Memory atau biasa dikenal dengan Intel Optane merupakan sebuah terobosan baru dalam mempercepat kinerja perangkat komputer yang menggunakan HDD. Hard Disk yang memiliki kemampuan membaca data rendah, sekarang sudah dapat dimaksimalkan kecepatannya dengan menggunakan sebuah komponen bernama Intel Optane. Dengan hadirnya Intel Optane mungkin bisa menjadi pilihan alternatif terbaik jika harus membeli SSD yang harganya mahal.

Kelebihan Intel Optane

► Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan SSD
► Kecepatan read atau membaca data, Intel Optane bisa bersaing dengan SSD
► Intel Optane memiliki kemampuan membaca data hingga 1350MB/s sementara jika dibandingkan dengan HDD hanya bisa mencapai 250MB/s.
► Tidak akan menghilangkan data atau file di dalam HDD
► Tidak perlu mengganti HDD yang sudah dipasang, karena komponen ini tidak menggantikan fungsi penyimpanan
► Praktis tidak ribet, tinggal dipasang saja.

Kekurangan Intel Optane

► Meskipun memiliki kemampuan read yang bisa bersaing dengan SSD, namun untuk kemampuan write Intel Optane sama seperti halnya kecepatan HDD yang digunakan. Hal ini karena Intel Optane bukanlah komponen untuk menyimpan data, sehingga data tetap di-write di HDD.
► Tidak akan mendukung jika komputer kamu berprosesor AMD.
► Intel Optane hanya dapat digunakan pada spesifikasi prosesor Intel Core generasi ke 7

Demikianlah mengenai ulasan kelebihan dan kekurangan HDD, SSHD, SSD, dan Intel Optane. Keempat perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing. Kamu bisa memilih dari segi kecepatan yang unggul atau dari kapasitas yang besar, atau bahkan kapasitas besar dengan kecepatan read and write yang tinggi. Tentunya harus siap dengan budgetnya juga untuk yang satu ini.

Semoga dengan ulasan tersebut kamu bisa memilih jenis drive apa yang cocok untuk aktivitas kamu di depan komputer.

0 Response to "Kenali Kelebihan dan Kekurangan pada HDD, SSHD, SSD, dan Intel Optane"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel