Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Smartphone Android

Sebelum adanya teknologi smartphone yang bisa menghadirkan beragam kemudahan untuk beraktivitas sehari-hari, kita menggunakan sebuah alat di mana alat tersebut memiliki fungsi tersendiri dan tidak dapat digunakan untuk yang lainnya.

Salah satunya adalah alat scanner, dulu saat ingin melakukan scan dokumen kamu harus pergi ke tempat fotokopi karena di sana kamu bisa merubah file fisik menjadi file digital berupa file berformat .JPG maupun .PDF.

Namun sekarang ini tidaklah seribet dulu harus keluar rumah hanya untuk scan dokumen, terlebih lagi kamu pasti akan merogoh kocek untuk biasa jasa scan dokumen tersebut.

Jika kamu sekarang memiliki smartphone Android maka kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat fotokopi karena dengan smartphone scan dokumen seperti ijazah, Kartu Keluarga, akta kelahiran, KTP, SIM, ataupun dokumen lainnya bisa dengan mudah dilakukan dan hasilnya pun tidak jauh berbeda jika menggunakan alat scanner.

Untuk proses scanning di smartphone Android juga sangat mudah, kamu cukup mengarahkan kamera smartphone ke dokumen yang akan di-scan dan dapat langsung jadi dalam hitungan detik saja.

Aplikasi Scan Dokumen Terbaik untuk Smartphone Android

Di Play Store ada banyak aplikasi yang berfungsi untuk melakukan scan, namun KlikRefresh memilih tujuh aplikasi dari banyak aplikasi tersebut. Berikut tujuh aplikasi scan dokumen untuk smartphone Android:

1. CamScanner

Aplikasi Scan Dokumen di Android
CamScanner merupakan aplikasi scan dokumen yang populer di Play Store. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengubah dokumen fisik yang kamu miliki menjadi file digital yang bisa kamu simpan di laptop, smartphone, ataupun flashdrive.

Dokumen hasil scan juga dapat kamu ubah menjadi file yang mudah dibuka seperti PDF dan JPG.

2. Office Lens

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Pada aplikasi Office Lens, terdapat beberapa fitur menarik seperti fitur trims, enhances, melakukan scanning pada papan tulis, bahkan untuk readable document juga sudah disematkan dalam aplikasi ini.

Tidak hanya itu, kamu pun dapat mengkonversi atau merubah dokumen hasil scan tadi menjadi file berformat PDF, Word, Powerpoint dan JPG atau menyimpannya pada OneNote/OneDrive.

3. Docfy Scanner

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Aplikasi scan dokumen bernama Docfy Scanner adalah aplikasi Android untuk melakukan scan dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan.

Di aplikasi ini kamu dapat melakukan scanning, fax, mengkonversi ke file PDF, enhance, sinkronisasi file, invoices, dan masih banyak lagi keuntungan menggunakan aplikasi ini.

4. Camera 2 PDF Scanner Creator

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Memerlukan aplikasi scan tanpa perlu fitur lain yang jarang digunakan? Kamu bisa mencoba aplikasi Camera 2 PDF Scanner Creator.

Aplikasi ini dapat membantu kamu melakukan scan dokumen yang penting dengan cepat dan mudah. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan unlimited cloud storage secara gratis.

5. SimplyScan: PDF Camera Scanner

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Seperti nama aplikasinya, SimplyScan merupakan aplikasi simpel sehingga ringan dan mudah digunakan. Fitur di aplikasi ini memiliki kesamaan seperti aplikasi sejenis lainnya seperti dapat menentukan dan mengatur sudut-sudut dokumen hasil scan.

Kamu juga dapat memilih saat akan mengekspor dokumen hasil scan, bisa file PDF, file foto, atau ke file ZIP jika kamu men-scan lebih dari satu halaman.

6. TurboScan Free: PDF Scanner

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Melakukan banyak proses scanning namun bingung saat akan menjadikannya satu file saja? Coba saja aplikasi TurboScan. Dengan aplikasi ini kamu dapat men-scan banyak halaman, receipts, papan tulis, dan berbagai macam teks atau dokumen lainnya.

7. Genius Scan - PDF Scanner

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Untuk aplikasi Genius Scan juga memiliki kesamaan seperti aplikasi TurboScan. Di aplikasi Genius Scan kamu dapat melakukan banyak scan dokumen seperti foto maupun PDF dan dijadikan multiple pages dalam satu file.

Itulah tujuh aplikasi scan dokumen di Android terbaik yang kami rekomendasikan. Dengan adanya aplikasi scanner tersebut, tentu kamu akan dimudahkan saat ingin men-scan dokumen-dokumen penting yang kamu miliki. Hasil scan berupa data digital juga sangat membantu kamu dalam melakukan berbagai hal misalnya saat ingin melamar pekerjaan atau mengirim file ke orang lain.

Dari banyak aplikasi di atas, mana nih menurut kamu yang paling bagus? Atau kamu memiliki aplikasi lain selain yang ada di atas. Tulis di kolom komentar yaa.

Post a Comment for "7 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Smartphone Android"