Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Video Bokeh Terbaik di Smartphone Android

Bokeh merupakan sebuah istilah yang ada di dunia fotografi untuk menyebutkan area pada gambar yang out-of-focus (blur). Dikutip dari sumber Wikipedia, kata 'Bokeh' (baca:bok-eh) merupakan kata yang berasal dari bahasa Jepang untuk menyebut keindahan estetika pada sebuah gambar yang tercipta pada bagian out-of-focus (blur).

Aplikasi video bokeh saat ini banyak dicari para pengguna smartphone, dengan membuat video bokeh tentunya hasil video akan terlihat artistik dan lebih profesional. Namun sayangnya tidak semua smartphone mendukung untuk membuat efek bokeh yang sangat artistik tersebut, tetapi tenang kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang akan kita bahas dibawah ini.

Lantas Bagaimana Cara Membuat Video dengan Efek Bokeh?

Untuk dapat menghasilkan efek bokeh pada video diperlukan peralatan yang mumpuni misalnya menggunakan kamera DSLR. Karena pada kamera DSLR memang sudah dibekali dengan mode bokeh, di mana dengan mode ini kamu bisa membuat video bokeh dengan hasil yang sempurna.

Namun dengan harganya yang relatif mahal membuat kamera DSLR tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan dan hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu saja.

Tetapi saat ini inovasi telah berkembang dan semakin beragam dan mampu menghadirkan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit agar tercipta efek video bokeh walaupun tidak sesempurna jika menggunakan kamera DSLR dan mungkin bagi sebagian orang hasilnya dirasa masih kurang bagus.

Bagi kamu yang ingin membuat efek video bokeh pada smartphone Android, kamu bisa menggunakan editing dengan aplikasi video bokeh dibawah ini. Lantas apa sajakah aplikasi video bokeh terbaik untuk ponsel Android? Berikut ulasannya:

Aplikasi Video Bokeh Terbaik di Smartphone Android [Update Terbaru 2020]

1. Instagram Focus

Aplikasi Video Bokeh
Aplikasi Instagram ternyata tidak hanya untuk bersosial media dengan membagikan foto-foto menarik milik kita. Dengan Instagram kamu juga bisa membuat foto dan video bokeh. Fitur ini dapat kamu temukan di menu Instagram Stories.

Cara kerja fitur ini adalah jika kamera mendeteksi wajah maka area background akan otomatis menjadi blur dan menampilkan efek bokeh yang sangat keren. Namun kamu hanya bisa mengambil video dengan durasi yang sangat singkat yakni hanya 15 detik.

Kamu bisa mengakalinya dengan mengambil beberapa kali kemudian mendownload video tersebut dan menggabungkannya dengan aplikasi edit video.

Baca juga:

2. MagoVideo

Aplikasi Video Bokeh
Aplikasi video bokeh yang kedua ini bisa dibilang memiliki banyak fitur yang dapat kamu gunakan untuk memperindah video bokeh yang sedang kamu edit. Terdapat fitur video editing keren sebagai pelengkapnya.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit lanjut efek bokeh di video dan mengubahnya dengan berbagai pilihan pengeditan dari mengatur gradasi warna, black and white, dan lain sebagainya.

Selain itu, fitur lain yang dapat kamu manfaatkan adalah efek slowmo, efek film, stiker GIF, dan efek-efek lain yang dapat memperindah videomu.

3. InShot

Aplikasi Video Bokeh
InShot merupakan aplikasi video editor HD yang memiliki banyak fitur pelengkap. Di video editor ini selain dapat membuat background menjadi bokeh (blur), kamu juga bisa menambahkan efek, tulisan, menambahkan musik sebagai backsound, dan emoji untuk memperindah video.

Blur pada aplikasi InShot bukanlah blur efek bokeh seperti yang dihasilkan pada kamera DSLR melainkan hanya tepi dari video tersebut (frame video yang dibuat blur atau bokeh).

Meski demikian, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mengedit video lebih lanjut seperti memotong bagian video yang ingin dibuang, merubah format video menjadi MP4 dengan mempertahankan kualitas, membuat slideshow dari foto, dan editing video lainnya.

4. Camera MX

Aplikasi Video Bokeh
Aplikasi Camera MX merupakan aplikasi untuk mengambil foto dan merekam video secara profesional. Aplikasi ini mendukung berbagai fitur yang dapat membantu membuat video dengan kualitas yang bagus, termasuk membuat video bokeh meskipun dengan hasil yang masih standar.

Terdapat fitur lock focus yang dapat membuat video selalu fokus dan tidak mengalami goyang. Tidak hanya itu Camera MX juga membenamkan fitur menarik lainnya yakni slow motion, HDR, live filter, dan beragam efek menarik lainnya.

Kamu dapat merubah kontras dan saturasi otomatis untuk membuat video menjadi lebih bagus. Coba juga fitur live filter yang akan membuat video menjadi lebih nyata.

5. Cameringo Lite

Aplikasi Video Bokeh
Cameringo Lite merupakan aplikasi versi gratis dari aplikasi Cameringo Filter Camera. Selain bisa membuat video dengan efek bokeh walaupun tidak sebagus kamera DSLR, aplikasi ini juga menawarkan fitur fisheye yang akan membuat rekaman video menjadi sangat indah.

Aplikasi ini sangat ringan sehingga mudah digunakan ditambah penggunaan yang gratis tentu tidak usah membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap di aplikasi Cameringo Lite ini.

Dengan kepraktisan layaknya kamera bawaan ponsel smartphone, tentu aplikasi ini sangat cocok digunakan saat bepergian dan mengambil video menarik seperti video bokeh dan video dengan efek fisheye.

6. Google Camera

Aplikasi Video Bokeh
Pengguna android tentu tidak asing dengan aplikasi Google Camera, aplikasi yang memiliki banyak peminatnya ini selain digunakan untuk mengambil gambar ternyata juga dapat digunakan untuk membuat video bokeh lho.

Bahkan, apikasi ini mampu menghasilkan efek bokeh yang lumayan bagus, di mana fitur stabilizernya juga mampu menurunkan atau meminimalisir goncangan saat merekam video.

Kelebihan dari Google Camera pun cukup banyak di antaranya adalah memiliki fitur-fitur yang lengkap (HDR + Kontrol eksposur ganda, top shot, Google lens, zoom super rest, night sight, dan lain-lain), recording video yang cukup bagus, dapat diunduh secara gratis, dan mudah digunakan.

Dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, sayangnya tidak semua jenis smartphone Android bisa dipasangi aplikasi Google Camera.

7. Bacon Camera

Aplikasi Video Bokeh
Aplikasi dari developer F.G.N.M. bernama Bacon Camera bisa menjadi alternatif lain jika Google Camera tidak mendukung untuk dipasang di smartphonemu. Aplikasi inipun mirip seperti Google Camera di mana dapat digunakan untuk memotret sekaligus merekam video lengkap dengan beragam fitur di dalamnya.

Selain itu, pada fitur perekaman video juga telah dibekali kemampuan untuk memberi efek bokeh pada video sehingga objek utama yang direkam akan terlihat lebih fokus dan objek background menjadi agak blur (bokeh).

Beberapa kelebihan menggunakan Bacon Camera di antaranya adalah kelengkapan fitur yang cukup, ringan dan mudah digunakan, dan dapat diunduh secara gratis. Untuk hasil dari efek video bokeh di aplikasi ini masih standar namun bagus jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang sejenis.

Itulah 7 aplikasi video bokeh terbaik untuk ponsel android yang dapat kamu unduh dari Play Store. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fiturnya tersendiri yang dapat menjadikan video bokeh kamu menjadi lebih bagus dan unik. Jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu dan yang paling bagus menurut kamu.

Post a Comment for "7 Aplikasi Video Bokeh Terbaik di Smartphone Android "