Iklan Uptitle

Manfaat LinkedIn untuk Mahasiswa Sebelum Masuk Dunia Kerja

Kalian pasti pernah mendengar LinkedIn, apa itu LinkedIn? LinkedIn merupakan sebuah wadah bagi para profesional dan pencari kerja dari seluruh belahan dunia untuk membangun dan memperluas jaringan kerja mereka.

Meskipun pengguna dari LinkedIn merupakan mereka yang telah profesional di bidangnya dan para pelamar kerja yang sedang mencari pekerjaan namun bagi kamu yang masih berada di bangku kuliah juga sebenarnya sangat penting. Apa saja alasannya? Simak ulasan berikut ini.

1. Kamu akan menemukan mereka yang telah berhasil dalam bidang yang menjadi impianmu

Terhubung di LinkedIn bisa membantu kamu mengetahui aktivitas apa saja di dalam dunia profesional. Selain itu, kamu juga dapat memperkirakan dan mengetahui keahlian apa saja yang harus dimiliki agar bisa berkarir seperti seorang yang profesional.

2. Mendapatkan motivasi mengenai karir, bahkan sebelum kamu benar-benar terjun ke dunia kerja

Tidak hanya berisi profil-profil para karyawan dan pencari kerja, LinkedIn juga menjadi tempat terbitnya artikel yang berkualitas. Penulis artikel-artikel tersebut juga tidak sembarangan, misalnya seperti Richard Branson yakni orang sukses dari dan miliarder dari Inggris, Deepak Copra, Jeff Weiner, dan nama-nama terkenal lainnya. Tentu artikel-artikel yang mereka tulis sangat berguna bagi kalangan profesional dan pencari kerja, tidak ketinggalan juga bagi mahasiswa yang akan memulai meniti karir.

3. Kamu bisa mengetahui perusahaan di mana kamu ingin bekerja di sana

Tidak hanya dua hal di atas, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kamu bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar. Salah satu hal yang membuat pewawancara tertarik kepada calon karyawan adalah pengetahuannya mengenai perusahaan yang akan dilamarnya.

Tidak hanya informasi utama seperti visi dan misi perusahaan, tetapi juga mengenai penghargaan yang diraih, penilaian pengguna terhadap perusahaan sehingga kamu bisa mengetahui kira-kira bagaimana tanggapan pengguna LinkedIn terhadap perusahaan tersebut. Kamu juga bisa mengikuti perusahaan yang kamu minati untuk mendapatkan update terbaru salah satunya yang sangat penting adalah lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

4. Bisa jadi kamu akan dilamar oleh perusahaan-perusahaan

Tidak hanya para pelamar kerja yang mencari pekerjaan lewat LinkedIn, di LinkedIn para perusahaan juga mencari calon karyawannya di sini. Jika kamu memiliki profil LinkedIn dan memiliki pengalaman yang barkaitan dengan yang perusahaan cari, maka jangan kaget jika kamu tiba-tiba dipanggil untuk wawancara di suatu perusahaan. Menarik sekali kan?

Untuk mendapatkan peluang agar bisa dilamar perusahaan, ada baiknya kamu melengkapi profil kamu terutama seperti foto profil, pengalaman kerja yang relevan dengan target yang ingin kamu dapatkan misalnya kamu ingin dilamar perusahaan pada posisi supervisor maka cantumkan pengalaman kerja yang masih berkaitan dengan pekerjaan seorang supervisor.

5. LinkedIn dapat menghubungkan dirimu dengan banyak mahasiswa yang cerdas dan hebat

Di luar LinkedIn mungkin kamu masih bisa terhubung dengan mereka, namun di LinkedIn kamu akan menemukan yang lebih dalam lagi informasi mengenai mereka karena mereka akan memampang informasi diri mereka, jadi jika kamu membuka profil LinkedIn mereka kamu seolah-olah akan membaca CV mereka.

Tidak hanya itu, jika mereka bekerja di perusahaan atau baru mendapatkan perkerjaan, kamu bisa melihat kira-kira apa saja yang membuat mereka diterima. Apalagi jika kamu benar-benar minat dengan posisi yang didapatkan mereka. Bagaimana, buat akun LinkedIn-mu sekarang.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat LinkedIn bagi kalangan mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja. Tentu penting banget kan? Sepertinya kamu harus sering main di LinkedIn agar bisa lebih update dan tahu mengenai dunia pengembangan karir. Selamat mencoba, semoga kamu mendapatkan manfaat dari LinkedIn seperti yang telah disebutkan di atas, terutama nomor empat.

0 Response to "Manfaat LinkedIn untuk Mahasiswa Sebelum Masuk Dunia Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel