Iklan Uptitle

Solusi Tidak Bisa Upgrade RAM dengan Menambah Virtual Memory

Virtual memory merupakan salah satu bagian komputer yang sangat penting, seperti halnya RAM fisik pada umumnya virtual memory juga dapat meningkatkan kinerja komputer meskipun terdapat perbedaan yang signifikan.

Meskipun demikian, peran virtual memory menjadi sangat penting manakala komputer kamu tidak bisa upgrade RAM. Mungkin karena beberapa alasan di antaranya adalah tidak adanya slot RAM tambahan. Hal ini akan menjadi sangat rugi terutama jika kamu ingin menjalankan banyak tugas atau multitasking pada komputer kamu.
Menambah RAM dengan Virtual Memory
RAM (Random Access Memory)


Sekilas Mengenai Virtual Memory

Secara singkat virtual memory ini merupakan memori virtual yang dimiliki oleh sebuah sistem operasi seperti Windows, Linux, dan lain sebagainya. Memori virtual menggunakan space atau ruang kosong pada harddisk komputer kamu.

Apabila kamu menjalankan sebuah aplikasi yang memakan banyak RAM sedangkan kamu memiliki kapasitas RAM yang terbatas, maka saat RAM mendekati kurang komputer akan menggunakan memory virtual sebagai RAM cadangan. Sehingga komputer dapat memproses aplikasi yang membutuhkan RAM cukup besar.

Dilihat dari gambaran di atas, kita bisa menyimpulkan jika memory virtual kebanyakan digunakan pada RAM yang sedikit misalnya dibawah 4GB. Semakin banyak RAM yang ada di komputer kamu tentu tidak perlu lagi menambah RAM dengan virtual memory karena bagaimana pun juga saat ini belum ada yang dapat menandingi kecepatan RAM dalam memproses data.

Nah, jika komputer kamu memang sangat membutuhkan RAM tambahan sekarang adalah saatnya untuk mengikuti langkah-langkah menambah RAM dengan virtual memory. Untuk membuat virtual memory sebenarnya cukup mudah karena tidak membutuhkan perangkat keras atau hardware tambahan.

Berikut Cara Menambah RAM dengan Virtual Memory

1. Buka Windows Explorer, cari My Computer kemudian klik kanan dan pilih Properties
Menambah RAM dengan Virtual Memory

2. Setelah itu, pada bagian kiri pilih Advanced system settings, maka akan tampil jendela baru seperti gambar di bawah ini, pilih Advanced kemudian pada Performance klik Settings.
Menambah RAM dengan Virtual Memory

3. Pada Performance Options, pilih Advanced, kemudian Change.
Menambah RAM dengan Virtual Memory

4. Pada bagian paling atas di "Automatically manage paging file", hapuslah centang. Kemudian pilih Drive yang ingin kamu jadikan tempat di mana virtual memory berada. Contoh di tutorial ini menggunakan drive H. Kemudian pilih Custom size, isikan pada Initial size dan Maximum size. Setelah itu jangan sampai lupa klik Set. Selanjutnya klik OK.
Menambah RAM dengan Virtual Memory

5. Maka akan muncul pemberitahuan Restart, klik saja OK.
6. Klik OK dan OK lagi.
7. Untuk dapat menerapkan pengaturan baru virtual memory, kamu harus merestart komputer terlebih dahulu.
Menambah RAM dengan Virtual Memory

Demikianlah cara menambah RAM dengan virtual memory yang sangat pas untuk solusi tidak bisa upgrade RAM fisik. Kelebihan dapat kamu rasakan jika sudah berhasil menambah virtual memory di antaranya adalah dapat meningkatkan kinerja komputer atau laptop dengan jumlah RAM yang kecil, selain itu virtual memory juga gratis karena tidak perlu membeli hardware tambahan.

Selain virtual memory kamu juga bisa mengganti storage dari HDD (Hard Disk Drive) menjadi SSD (Solid State Drive) agar bisa meningkatkan kecepatan komputer yang kamu miliki terutama dalam hal read and write.

Untuk mengecek apakah sudah berhasil menambah virtual memory, kamu dapat menggunakan aplikasi bernama Spaccy yang kamu instal terlebih dahulu ke komputer kamu. Selamat mencoba...

0 Response to "Solusi Tidak Bisa Upgrade RAM dengan Menambah Virtual Memory"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel