Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kompres Foto di HP Android (Gambar Vektor, Bitmap, JPEG, PNG)

Kompres foto atau mengecilkan ukuran foto di smartphone Android tanpa mengurangi kualitas bagi sebagian orang masih menjadi hal yang tidak mudah. Mengingat biasanya hal seperti ini hanya bisa dilakukan menggunakan komputer.

Bagi kamu yang suka menyimpan foto di hp atau sering berkirim file foto tentu tidak ingin jika storage ponselmu cepat penuh atau menggunakan kuota data yang besar saat ingin mengirimnya ke teman atau keluargamu. Nah... sebagai solusi kamu bisa menggunakan aplikasi yang dibahas di tutorial di bawah ini.

Cara Kompres Foto di HP Android (Gambar Vektor, Bitmap, JPEG, PNG)

Sebenarnya, cara mengkompres foto di HP sangatlah mudah cukup gunakan aplikasi Photo Compress dari Play Store kamu sudah bisa kompres foto, resize foto, dan crop foto. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh terlebih dulu aplikasi Photo Compress dari Play Store. Kemudian install.
2. Buka aplikasinya, pilih Gallery kemudian cari foto yang ingin dikompres atau pilih Camera jika kamu ingin mengkompres langsung dari hasil jepretan kamera.
Cara Kompres Foto di HP

3. Setelah memilih foto, pilih COMPRESS.
Cara Kompres Foto di HP

4. Atur Quality-nya, bisa Low, Medium, Large. Kamu juga bisa menyesuaikan sendiri persentase kompres dengan menggeser ke kanan atau ke kiri pada titik hijau. Di tutorial ini menggunakan Medium kompres (60%). Selanjutnya klik COMPRESS.
Cara Kompres Foto di HP

Ingat semakin kecil nilai persentase yang ditampilkan maka akan semakin kecil pula ukuran foto dan akan menurunkan kualitasnya, jadi sebaiknya kompres di 50% ke atas saja.

5. Selesai, jangan lupa klik tombol EXIT di bagian paling bawah agar nama file sama seperti nama file sebelumnya.
Cara Kompres Foto di HP

Lihat perbandingannya yang semula 3,15 MB setelah dikompres berubah menjadi 477,40 KB, dan yang terpenting ialah hasilnya bagus tidak pecah-pecah. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini kamu juga bisa mengkompres banyak foto dalam sekali proses.

Cara Mengkompres Banyak Foto Sekaligus

Sebelumnya telah dibahas cara mengkompres file foto untuk satu file saja. Di sini masih menggunakan aplikasi yang sama kita juga bisa mengkompres pada banyak foto sekaligus.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
1. Pada tampilan seperti berikut, pilih Compress and Resize Multiple Photos lalu klik saja OPEN GALLERY.
Cara Kompres Foto di HP

2. Pilih foto-foto yang ingin dikompres sekaligus. Kemudian klik Share atau Bagikan maka akan tampil seperti gambar berikut. Klik Photo Compress.
Cara Kompres Foto di HP

3. Atur Quality seperti biasa. Klik COMPRESS.
Cara Kompres Foto di HP

4. Selesai.

Ternyata mudah sekali kan? Itulah cara mengkompres foto di HP Android. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi menyimpan foto dalam jumlah yang sangat banyak, berkirim foto, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga cocok banget untuk kamu yang tidak mau ribet upload dan download foto saat ingin mengkompres foto di internet. Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Post a Comment for "Cara Kompres Foto di HP Android (Gambar Vektor, Bitmap, JPEG, PNG)"