Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mengunci 4G di Semua Merk Ponsel Android

Sinyal 4G LTE yang merupakan jaringan seluler tercepat, sekarang ini sudah cukup banyak tersebar di Indonesia. Paket data yang ditawarkan oleh operator di Indonesia pun sangat bermacam-macam dari paket jaringan khusus 4G, paket internet 24 jam semua jaringan, paket tengah malam, hingga paket 'unlimited' aplikasi.

Namun para pengguna di daerah tertentu kesal karena jaringan yang tidak stabil yakni sering berpindah-pindah dari 3G/3,5G ke 4G atau sebaliknya. Hal ini tentu membuat mereka tidak bisa menikmati jaringan 4G dengan stabil.

Ada juga pengguna yang hanya ingin berada di jaringan 4G saja karena beberapa alasan seperti hanya punya kuota 4G, ingin menikmati cepatnya berselancar di jaringan 4G, dan alasan lainnya.

Jika jaringan seluler smartphone kamu masih berpindah-pindah, ada cara yang bisa dibilang sangat mudah di mana kamu dapat mengunci jaringan data seluler menjadi 4G saja.

Untuk mengatur agar berada di jaringan '4G Only', ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni tanpa aplikasi melalui papan dial dan dengan aplikasi dari Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Kunci 4G LTE Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini cukup buka aplikasi telepon atau papan dial.
1. Ketikkan kode ini *#*#4636#*#*.
2. Maka akan membuka menu Pengujian atau Testing. Di sini terdapat tiga menu, yakni pertama Device information, kedua Usage stastistics, dan ketiga Wi-Fi information.
3. Pilih Device information, selanjutnya akan tampil informasi-informasi mengenai perangkat yang kamu gunakan seperti IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang dipakai saat ini, dan masih banyak informasi lainnya.
4. Gulir layar ke bawah, cari saja Set preferred network type. Lalu pilih LTE Only.
5. Selesai, klik back maka secara otomatis jaringan 4G sudah bisa kamu nikmati dan tidak akan berpindah-pindah ke jaringan lain.

Cara Kunci 4G LTE dengan Aplikasi

Jika ponsel kamu tidak berhasil memunculkan menu dari kode di tutorial di atas, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama 4G LTE Switcher (4G Switcher). Ukurannya hanya 40 KB saja, jadi tidak akan memakan banyak ruang di storage hp kamu. Unduh aplikasinya terlebih dahulu di sini (Play Store).

Setelah diunduh dan diinstall, buka aplikasinya. Pada Set Preferred Network Type, pilih LTE Only. Selesai, sekarang kamu bisa menikmati jaringan 4G sepuasnya.
Cara Kunci 4G

Perlu diketahui terlebih dahulu, mengunci jaringan 4G hanya bisa bekerja pada slot SIM 1 saja. Jadi, pastikan kamu menempatkan SIM yang ingin diatur menjadi 4G saja di slot 1. Hal lain yang mesti diperhatikan adalah pastikan di area sekitar sudah tercover oleh jaringan 4G.

Itulah cara mengunci jaringan 4G LTE pada ponsel Android. Cara ini bisa dilakukan di beragam merk ponsel khususnya yang ada di Indonesia seperti Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Xiaomi, HTC, Sony, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba...

Post a Comment for "2 Cara Mengunci 4G di Semua Merk Ponsel Android"