Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Aplikasi Android Terbaik yang Berguna untuk Para Pelajar

Di era berkembang pesatnya teknologi smartphone, tentunya semakin banyak pula pengguna dan kegunaan dari teknologi smartphone ini, salah satunya aplikasi-aplikasi yang bermanfaat di bidang pendidikan.

Membahas aplikasi yang berguna dalam bidang pendidikan, ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang bisa diunduh. Di artikel kita akan membahas aplikasi yang berguna untuk pelajar baik SMP, SMA, SMK, dan juga mahasiswa. Aplikasi-aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa khususnya saat di rumah.

Lantas, aplikasi apa saja yang dapat membantu dan meningkatkan kegiatan belajar siswa? Berikut ulasannya.

14 Aplikasi Android yang Berguna untuk Pelajar


1. Google Translate

Siapa yang tidak kenal aplikasi keren besutan Google ini. Dengan aplikasi ini semua orang bisa belajar beragam bahasa tanpa perlu menginstal aplikasi khusus untuk bahasa tertentu. Semua jadi satu dan dengan mudah bisa kamu gunakan.

Tidak hanya untuk kalangan umum, Google Translate juga sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang menempuh sekolah maupun kuliah. Dibanding dengan membeli kamus, mengunduh aplikasi ini akan jauh lebih bermanfaat selain banyak pilihan bahasa aplikasi ini juga dapat menerjemahkan banyak kata sekaligus.

Dan yang paling menjadi pertimbangan adalah aplikasi ini gratis sehingga kamu bebas menggunakannya.

2. Adobe Acrobat Reader

Di era yang serba online dan menggunakan teknologi, juga menggeser buku materi pelajaran dari yang hanya berbentuk buku fisik menjadi ebook yang lebih praktis.

Untuk membuka ebook yang biasanya berupa file PDF, maka diperlukan aplikasi Adobe Acrobat Reader atau aplikasi pembuka PDF di mana aplikasi tersebut mampu membuka file PDF agar mudah dibaca.

Tidak sekedar membaca ebook, pengguna aplikasi ini juga bisa membuat catatan sendiri pada ebook sehingga jika ada hal yang perlu dicatat maka dapat langsung membuatnya di sini. Jika dibutuhkan untuk dicetak, kamu juga bisa langsung print melalui aplikasi Adobe Acrobat Reader.

3. Microsoft Office

Microsoft yang merupakan salah satu perusahaan raksasa teknologi juga memiliki aplikasi android yang sangat berguna untuk pelajar, aplikasi tersebut adalah Microsoft Office versi android yang mencakup Microsoft Word, Excel, Power Point, Outlook, hingga Ms. Translation.

Pada smartphone android, biasanya aplikasi-aplikasi tersebut sudah terinstal sebagai aplikasi bawaan android. Cukup update aplikasi dari Play Store saja jika ingin menggunakan aplikasi tersebut. Namun kamu juga bisa mendownload versi gabungan dari Microsoft Office.

4. Table Periodik Kimia

Bagi seorang pelajar khususnya SMA jurusan IPA dan mahasiswa jurusan Kimia tentu sangat membutuhkan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat simpel dan praktis, kamu tidak perlu repot-repot membawa kertas/buku berisikan Tabel Periodik Unsur.

Cukup menggunakan smartphone android, kamu akan dimudahkan dengan aplikasi tabel periodik ini. Tidak hanya menampilkan semua unsur pada tabel periodik, aplikasi ini juga menjelaskan tiap-tiap unsur yang ada.

Dengan interface yang sederhana dengan paduan warna yang jelas, membuat siswa yang membacanya tidak bingung dan dapat dengan mudah membaca tabel periodik tersebut. Jika kamu pelajar IPA/mahasiswa jurusan Kimia maka aplikasi ini wajib kamu download.

5. Brainly

Brainly merupakan komunitas belajar terbesar di dunia, di aplikasi ini kamu dapat mengajukan pertanyaan atau mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian. Di sini kamu juga dapat menjawab pertanyaan dari pengguna lain tentunya dengan seorang moderator yang berpengalaman.

Brainly mencakup berbagai jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Untuk setiap pertanyaan dan jawaban yang diajukan di forum Brainly ini telah diverifikasi
oleh Tim Ahli dari Barinly sehingga kamu tidak perlu ragu dengan pertanyaan yang terjawab di forum ini.

6. ColorNote Notepad Notes To Do

Mencatat PR ataupun tugas di dalam sebuah catatan adalah hal yang penting terutama jika kamu lagi banyak tugas dan sering lupa ada tugas apa saja yang harus dikerjakan. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan aplikasi ColorNote Notepad Notes untuk mencatat tugas-tugas tersebut.

Agar tidak lupa, kamu dapat menaruh catatan tersebut pada kalender. Ketika ada banyak tugas yang dicatat pada aplikasi ini, kamu tidak usah bingung karena aplikasi ColorNote Notepad Notes memiliki fitur pencarian yang akan menemukan dengan cepat catatan yang kamu cari.

7. RAR

Jika mendengar nama RAR, yang kita bayangkan pasti tertuju pada file hasil unduhan dari internet. Namun mengapa ada di daftar aplikasi android yang berguna untuk pelajar maupun mahasiswa?

Tentu karena dengan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah mengkompres dokumen baik itu file Word, Power Point, PDF, dan lain sebagainya menjadi satu file berbentuk RAR atau sebaliknya.

Jika kamu memiliki banyak dokumen pelajaran misalnya pelajaran satu semester, tentu jika mengirim satu persatu file akan menjadi tidak efisien maka diperlukan aplikasi RAR untuk mengirimkannya dalam satu file saja.

8. Photomath

Aplikasi Penjawab Soal Matematika
Mengerjakan soal matematika bagi sebagian pelajar adalah hal yang sulit dan membosankan. Jika kamu menginginkan hal yang berbeda saat mengerjakan soal matematika, maka kamu perlu mencoba aplikasi yang satu ini.

Aplikasi ini bernama Photomath, Photomath merupakan aplikasi penjawab soal matematika yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini menggunakan kamera smartphone untuk memindai atau men-scan soal, kemudian memberikan jawabannya kepada kalian.

Bagi yang kurang berminat dengan mata pelajaran matematika aplikasi ini menjadi aplikasi android yang sangat berguna dan solusi yang tepat, namun masih terdapat kelemahan yang harus kamu perhatikan seperti sulitnya kamera dalam memindai tulisan tangan.

9. Evernote

Jika kita mengenal buku diary sebagai buku catatan harian untuk menulis maupun mengambar, maka Evernote ini bisa menjadi versi digital dari buku diary tersebut. Bagi kamu yang suka menulis di buku diary sekarang tidak usah repot-repot lagi membawa buku diary kesana-kemari.

Dengan Evernote, kamu bisa menuliskan apapun yang ada di pikiran bahkan kamu juga bisa menggambar di aplikasi ini. Tidak hanya itu, Evernote pun memungkinkan penggunanya untuk menambahkan gambar dan rekaman suara ke dalam aplikasi ini, sehingga akan lebih menarik dan tidak sekedar tulisan saja.

Dalam hal pendidikan Evernote biasanya digunakan untuk mencatat tugas dari guru, mengatur penjadwalan berbagai tugas sehingga siswa bisa mendahulukan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dikumpulkan ke guru, menyimpan artikel pendidikan dari internet, dan masih banyak lagi.

10. Media Converter

Bagi pelajar yang memilih jurusan multimedia, aplikasi Media Converter merupakan salah satu aplikasi android yang berguna dalam menunjang kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas.

Aplikasi ini juga memiliki detail yang lengkap dan dapat mengedit audio maupun video bit, resolusi video, pengaturan frame rate, dan lain sebagainya. Sebagai media converter aplikasi ini juga dapat mengubah beragam format video yang ada dari MP3, MP4, FLV, AVI, OGG, dan masih banyak lagi jenis format media lainnya.

11. Graphing Calculator

Pada masing-masing smartphone pastinya sudah terpasang kalkulator. Berbeda dengan kalkulator bawaan, Graphing Calculator dapat memudahkan para pelajar dalam matematik kalkulus. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menggambarkan grafik-grafik di mana harus digambar dengan menggunakan hitungan matematika yang rumit.

Aplikasi ini juga memiliki kalkulator scientific yang berguna untuk meyelesaikan perhitungan logaritma, trigonometri, pecahan, dan lain-lain. Tidak hanya itu, aplikasi ini jua mendukung statistik dan peluang, perhitungan aljabar, dan matriks.

Graphing Calculator memiliki dua versi yakni gratis dan berbayar, untuk versi berbayar kamu dapat melihat grafik 3D, grafik fullscreen, dan konstanta fisika.

12. CamScanner

Aplikasi Scan Dokumen di Android
Aplikasi android yang berguna untuk pelajar lainnya adalah CamScanner. Bagi pelajar yang tidak memiliki alat scanner atau yang sering bolak-balik ke fotocopy-an untuk men-scan maka aplikasi ini akan sangat berguna.

Aplikasi ini dapat memindai dokumen fisik menjadi dokumen digital dalam bentuk PDF dan JPG, hasilnya akan mirip dengan hasil mesin scanner yang biasa digunakan. Kamu juga dapat melakukan pencetakan dokumen secara langsung dari aplikasi sehingga tidak perlu aplikasi lain lagi untuk mencetak dokumen.

13. Dictionary - Merriam Webster

Berbeda dengan aplikasi kamus lainnya aplikasi ini lebih difokuskan ke orang-orang yang ingin belajar lebih dalam mengenai bahasa Inggris. Namun, aplikasi ini juga sering dipakai oleh pelajar baik sekolah menengah maupun tingkat perguruan tinggi.

Aplikasi ini juga tidak membutuhkan koneksi internet untuk melihat definisi kata atau arti kata. Jika dibandingkan dengan buku kamus biasa aplikasi ini jauh lebih efisien, praktis, dan tentunya lebih lengkap kosakatanya karena akan selalu diupdate oleh developernya.

14. Duolingo

Dualingo: Learn Languages Free
Belajar bahasa hanya dengan kamus atau alat penerjemah saja tentu masih ada yang kurang. Jika ingin belajar bahasa asing sekaligus mengerjakan soal-soal di dalamnya maka unduh saja aplikasi Duolingo.

Aplikasi ini memiliki 5 lebih bahasa asing yang bisa kamu pelajari di antaranya yang terpopuler adalah bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, dan Spanyol. Terdapat banyak tes dalam berbagai bahasa yang bisa kamu kerjakan dari level paling mudah hingga yang tersulit.

Terdapat juga fitur tes pengucapan di mana kamu bisa mengetahui benar atau tidaknya kata maupun kalimat yang diucapkan. Menarik kan? Selain aplikasi di Android, aplikasi ini juga tersedia versi ponsel iPhone.

Itulah 14 aplikasi Android yang berguna untuk pelajar dan mahasiswa. Dari banyak aplikasi di atas mana yang akan kamu unduh? Atau kamu punya aplikasi lain yang sangat membantu untuk kegiatan belajar siswa, jika iya tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan terus semangat belajar!.

Post a Comment for "14 Aplikasi Android Terbaik yang Berguna untuk Para Pelajar"