Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Aplikasi Edit Video Para Youtuber Pas untuk Pemula & Profesional

Mengedit video menjadi sesuatu yang menarik untuk ditonton adalah salah satu keahlian seorang Youtuber. Untuk melakukan editing tentunya diperlukan aplikasi khusus yang mendukung terciptanya video-video keren tersebut.

Bagi seorang Youtuber pemula, tentu akan memilih aplikasi edit video mana yang bagus untuk editingnya. Bagi seorang pemula sebenarnya tidak perlu memiliki yang wah dulu untuk memulai karena kamu bisa menggunakan peralatan yang sederhana misalnya smartphone yang kamu miliki.

Aplikasi Edit Video Youtuber untuk Pengguna Android, iOS, dan Laptop

Aplikasi edit video Youtuber yang ada di artikel ini bisa digunakan di berbagai perangkat seperti PC, Android, dan iOS. Untuk saat ini sebagian besar smartphone juga sudah mendukung dan mumpuni untuk melakukan editing video dengan lancar.

Lantas aplikasi apa saja yang direkomendasikan? Berikut ulasan selengkapnya.

Untuk PC atau laptop:

1. Adobe Premiere Pro (Terbaik)

image: www.adobe.com
Dalam dunia editing video, siapa yang tidak kenal dengan Adobe Premiere Pro, dengan fitur yang lengkap untuk beragam editing dan efek video yang mumpuni membuat para profesional menggunakan aplikasi ini untuk pekerjaannya.

Bagi para pemula mungkin akan kebingungan dengan tools yang ada, namun jika kamu tekun mengikuti tutorial di internet khususnya Youtube, perlahan kamu pasti bisa menggunakan Adobe Premiere Pro ini.

Namun sayangnya aplikasi edit video Youtuber terbaik ini tidaklah gratis. Tapi kamu bisa menggunakan Adobe Premiere Pro yang CS2 jika ingin gratis.

2. Davinci Resolve (Gratis Terbaik)

Cari alternatif lain yang bisa gratis namun memiliki kemiripan fitur dengan Abobe Premiere Pro? Davinci Resolve adalah salah satunya, dengan aplikasi edit video gratis ini kamu bisa mengedit beragam video tanpa harus berlangganan tiap bulan layaknya Abobe Premiere Pro.

Banyak fitur yang bisa kamu temukan di Davinci Resolve dari fitur utama color correction dan fitur lain seperti motion graphic, audio mixing, multicam editing, dan lain sebagainya.

Davinci Resolve juga banyak digunakan oleh para editor video profesional yang minim budget maupun pemula yang ingin menjadi Youtuber dengan modal aplikasi edit video gratis namun tetap profesional ini.

3. ShotCut

Aplikasi edit video lainnya yang cocok untuk Youtuber adalah ShotCut. Aplikasi ini adalah aplikasi open source yang berarti full gratis, bahkan kamu juga bisa melihat sumber kodenya.

Aplikasi ini paling cocok untuk kamu yang masih pemula dalam editing video. Di ShotCut juga sudah tersedia cukup banyak fitur seperti menambahkan judul dan teks, menambahkan transisi, filter, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengedit lebih detail tiap bagian video dengan beralih ke tab keyframe. Jika bingung cara menggunakannya kamu bisa pergi ke Youtube karena ada cukup banyak tutorial mengenai ShotCut.

4. HitFilm Express

HitFilm Express merupakan aplikasi edit video versi gratis dari HitFilm Pro yang dibuat oleh FXhome. Beberapa fitur yang bisa dinikmati di versi gratis ini adalah filter audio dan video, layers, masking, serta dukungan video 3D.

HitFilm Express setidaknya memiliki 180 efek khusus yang sangat bagus jika diterapkan pada video yang sedang diedit. Kamu bisa menggunakan efek-efek khusus tersebut secara gratis namun sebagian dari efek tersebut akan meninggalkan watermark jika digunakan.

Jika kamu ingin menjadi Youtuber dan baru belajar menggunakan HitFilm Express tersedia video tutorial yang bisa kamu tonton selama mengoperasikan aplikasi, mantap kan?

5. Filmora

Filmora merupakan aplikasi edit video Youtuber yang dikenal sebagai aplikasi yang ringan dan tidak mudah crash saat digunakan untuk mengedit video. Mungkin ini adalah alternatif terbaik jika kamu menggunakan perangkat komputer dengan low specs.

Terdapat dua versi yang bisa kamu gunakan yakni versi biasa dan versi pro untuk yang lebih berpengalaman menggunakan Filmora. Tampilannya juga terbilang cukup sederhana dengan tools yang mudah dikenali. Selain itu, terdapat banyak plugin bawaan yang bisa digunakan tanpa harus membayar sepeserpun.

Namun dalam aplikasi gratis ini terdapat watermark pada video, tentunya untuk menghilangkan watermark ini kamu harus membayar sesuai dengan pilihan paket yang dipilih ada individu, bisnis, serta pelajar.

Berikut aplikasi edit video Youtuber untuk Android dan iOS:

6. KineMaster

Aplikasi Penggabung Video di Android
Bagi seorang Youtuber dengan perangkat Android tentu mengenal aplikasi yang satu ini. KineMaster merupakan salah satu edit video di Android terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Bagi kamu yang menginginkan sensasi mengedit video seperti di PC namun menggunakan perangkat Android, inilah aplikasinya yang bisa kamu coba. Tampilan timeline-nya juga sangat bagus dan bisa lebih dari satu layer seperti halnya di PC.

Namun versi gratis ini meninggalkan watermark di hasil videonya. Untuk menghilangkan watermark, tentu kamu harus beralih ke berbayar.

Baca juga:

7. Vivavideo

Aplikasi Penggabung Video di Android
Aplikasi edit video Youtuber bermodal smartphone lainnya adalah Vivavideo. Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh para pemula dan profesional serta aplikasi ini juga tersedia baik bagi pengguna Android maupun iPhone.

Fitur yang ada di aplikasi ini pun bisa dibilang cukup lengkap untuk sekelas editor video di perangkat mobile. Beberapa fitur yang sering digunakan adalah meggabungkan klip video, memiliki beragam efek dan filter, stiker, hingga membuat video slow motion.

Namun untuk hasil ekspor video di aplikasi ini memiliki watermark. Kamu bisa mengilangkannya dengan cara beralih ke premium.

8. PowerDirector

Selain kedua aplikasi di atas, terdapat juga aplikasi lainnya yang biasa digunakan oleh Youtuber dan Vlogger bermodal smartphone. Nama aplikasinya adalah PowerDirector, menurut para penggunanya aplikasi ini mudah digunakan dengan fitur-fitur yang menarik di dalamnya.

Aplikasi PowerDirector juga memiliki banyak template yang siap digunakan saat kamu ingin mengedit video, untuk template ini juga disediakan secara gratis.

Terdapat format landscape untuk video Youtube dan potrait untuk IG Stories. Keduanya bisa kamu atur di sini. Mengenai hasil video terdapat watermark di dalamnya yang bisa dihilangkan jika menggunakan aplikasi versi premium.

9. InShot

Aplikasi Edit Video Terbaik Android Tanpa Watermark Gratis
Mendapatkan watermark di video yang dibuat bagi sebagian video editor, Youtuber, dan Vlogger merasa hasil videonya kurang profesional. Dengan aplikasi InShot ini kamu tidak akan menemukan watermark di dalamnya.

Beberapa fitur yang sangat mendukung adalah trim video, filter, menambahkan musik, stiker, teks, bahkan kamu juga bisa crop video di aplikasi ini ke rasio yang berbeda.

Aplikasi edit video para Youtuber dan Vlogger ini juga cukup sederhana, jadi aplikasi ini sangat cocok bagi yang ingin memulai editing video melalui smartphone.

10. Quik

Aplikasi Penggabung Video di Android
Jika kamu adalah seorang Youtuber yang suka nge-vlog dengan kamera aksi GoPro maka jangan lupa menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini sangat memungkinkan kamu untuk mengkoneksikan ponsel dengan action cam dan mengedit secara otomatis.

Aplikasi ini juga memiliki tools yang bisa digunakan untuk mengedit video yang akan diunggah ke Youtube seperti halnya aplikasi lainnya.

Quik juga dapat memberikan kamu opsi apakah akan menambahkan watermark ke video atau tidak. Selain itu, aplikasi ini mendukung baik untuk pengguna smartphone Android maupun iPhone.

11. iMovie

Aplikasi Edit Video iOS
Bagi pengguna produk Apple, menggunakan aplikasi iMovie merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mengedit video yang akan di unggah ke Youtube maupun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

iMovie juga memiliki interface yang cukup sederhana, sehingga mudah dipelajari oleh para pemula yang baru menggunakan iMovie.

Aplikasi resmi buatan Apple inipun tidak akan meninggalkan watermark di hasil videonya, jadi para pengguna iMovie tidak perlu bingung dengan hal yang satu ini.

Penutup

Itulah 11 aplikasi edit video Youtuber yang kami rekomendasikan untuk kalian para Youtuber pemula dengan perangkat Android, iOS, dan perangkat komputer.

Kamu bisa memilih salah satu di antara sebelas aplikasi yang telah kami jabarkan di atas, sesuaikan dengan kebutuhan juga agar tidak membuang-buang baik waktu, tenaga, dan juga uang.

Untuk membangun sebuah channel Youtube yang banyak subscriber, viewer, jumlah video, dan share merupakan hal yang sulit. Perlu kerja keras, konsistensi, dan doa yang berkelanjutan tentunya.

Sulit bukan berarti tidak bisa, terus mencoba, terus bereksperimen terutama mengenai SEO (search engine optimization) Youtube. Selamat mencoba dan tetap semangat!!

Post a Comment for "11 Aplikasi Edit Video Para Youtuber Pas untuk Pemula & Profesional"