Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Aplikasi Scanner iPhone Terbaik untuk Scan Dokumen, Gratis!

Masih saja memindai dokumen dan foto dengan printer yang memiliki fitur tambahan scanning? Jika iya, maka sekarang kamu bisa mengesampingkan alat itu dan menggunakan aplikasi dari App Store yang tentunya tidak kalah bagusnya dibanding menggunakan alat scanner.

Dengan aplikasi scanner iPhone dan iPad yang akan kita bahas di sini akan sangat membantu terutama saat tidak berada di kantor, untuk memindai dokumen oleh mahasiswa yang akan mengumpulkan tugas dan bagi para pelamar kerja pun banyak menggunakan aplikasi scanner ini ketika mereka ingin melamar pekerjaan via online atau via email.

Aplikasi Scanner untuk iPhone dan iPad Terbaik + Gratis

Berikut ini adalah aplikasi scanner iOS yang bisa kamu unduh secara gratis dari App Store.

1. Prizmo

Aplikasi Scanner iPhone Gratis - Prizmo
Prizmo merupakan salah satu aplikasi scanner iPhone gratis terbaik yang memiliki fitur cukup lengkap dengan hasil pindaian berkualitas tinggi. Aplikasi ini mampu memindai dokumen dan foto kemudian menyimpannya menjadi file PDF, PNG, JPEG, dan docx.

Aplikasi ini mampu mendatarkan objek yang difoto namun memiliki sedikit lengkungan, misalnya mengambil foto pada halaman sebuah buku. Ini akan sangat membantumu karena tidak perlu mengedit lebih lanjut. Kamu juga bisa mengubah teks yang ada di halaman buku itu menjadi teks yang bisa diedit di ponsel.

Prizmo juga telah terhubung dengan layanan cloud jadi kamu bisa menyimpan hasil pindaian ke iCloud, WebDAV, Google Drive, DropBox, dan lain sebagainya. Sebelum menyimpan hasil pindaian kamu dapat mengedit terlebih dahulu (rotate, crop, perspective crop, dan lain-lain) agar gambar pindaian lebih bagus dan jernih.

2. CamScanner - Phone PDF Creator

Aplikasi Scanner iPhone Gratis - CamScanner
CamScanner merupakan aplikasi scanner gratis yang sangat populer baik pengguna iPhone dan Android. Aplikasi ini sangat memudahkan kamu untuk memindai beragam dokumen dan foto.

Di dalam aplikasi ini kamu bisa memindai dengan sangat mudah dengan mode seperti mode dokumen, ID Photo, buku, dan beberapa yang lainnya. Terdapat fitur di CamScanner yang mampu meningkatkan kualitas hasil scan menjadi jernih, nantinya file hasil pindaian bisa disimpan dalam bentuk PDF dan JPEG.

Selain itu, terdapat mode OCR yang bisa mengubah gambar menjadi teks dengan cepat. Jadi kamu tidak perlu repot mengetik kembali tulisan pada kertas. CamScanner juga sering digunakan oleh para pelamar kerja yang ingin scan ijazah, kartu identitas, dan lain-lain dengan mudah tidak perlu pergi ke tempat fotokopi.

3. Scanner Unlimited: Scan & Sign

Aplikasi Scanner iPhone Gratis - Scanner Unlimited
Aplikasi scanner iPhone dan iPad gratis ini merupakan salah satu yang terbaik karena bisa mensinkronkan data dengan fitur Cloud Sync. Fitur lain yang tidak kalah bagusnya adalah teknologi OCR-nya di mana dengan fitur ini kamu bisa melakukan "convert image to text".

Tidak hanya untuk memindai foto dan dokumen saja, Scanner Unlimited juga bisa untuk scan barcode, QR code, hingga KTP atau kartu identitas lainnya. Di aplikasi ini kamu tidak akan menemukan watermark pada hasil pindaian.

Untuk menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit, pertama buka aplikasinya terlebih dahulu maka kamera akan otomatis menyala. Selanjutnya arahkan kamera ke objek yang akan dipindai, ambil gambar dan nantinya aplikasi akan memisahkan objek dengan background secara otomatis. Terakhir kamu bisa menyimpannya atau mengirim ke email, Google Drive, dan lain-lain.

4. ScanPro App

Aplikasi Scanner iPhone Gratis - ScanPro App
ScanPro merupakan aplikasi scanner iPhone untuk memindai beragam dokumen dan foto, bahkan QR code bisa dibaca menggunakan aplikasi ini. Hasil pemindaian berupa file JPG dan PDF dengan kualitas yang tinggi akan kamu dapatkan menggunakan aplikasi ini.

Tidak perlu khawatir data hilang karena tidak sengaja terhapus, di ScanPro kamu bisa menyimpannya ke penyimpanan berbasis cloud seperti iCloud Drive, Google Drive, DropBox, serta cloud storage lainnya.

Jika ingin langsung mengirim hasil pindaian, kamu bisa langsung mengirimnya melalui email ataupun fax. Ada juga fitur OCR yang siap membantu kamu memindai teks dan membuat teks tersebut bisa diedit untuk berbagai keperluan tanpa harus mengetik ulang.

5. Evernote Scannable

Aplikasi Scanner iPhone Gratis - Evernote Scannable
Evernote Scannable merupakan aplikasi scanner iPhone yang memiliki rating sangat baik di App Store, mendapatkan 4.9 dari 5.0 bintang dengan 253 ribu orang yang memberi rating. Sehingga kamu tidak perlu lagi jika ingin menggunakan aplikasi ini untuk memindai dokumen maupun foto.

Fitur pemindaian yang ada di aplikasi ini juga canggih, Scannable akan otomatis memutar, meng-crop, dan menjadikan hasil scan lebih bagus dan rapi sehingga dokumen mudah dibaca.

Setelah dokumen berhasil dipindai, kamu bisa langsung menyimpan ke ponsel ataupun membagikannya melalui email atau pesan. Selain itu, pilihan untuk mengekspor menjadi file PDF maupun JPG juga tersedia di aplikasi ini.

6. Adobe Scan Digital PDF Scanner

Aplikasi Scanner iPhone Gratis - Adobe Scan
Aplikasi scanner iPhone dan iPad gratis dan terbaik selanjutnya adalah Adobe Scan, seperti halnya Evernote Scannable aplikasi ini juga mendapatkan rating yang sangat bagus di App Store yakni memperoleh 4.9 dari 5.0 bintang dengan 392 ribu penilai. Kecanggihan aplikasi ini juga tidak perlu kamu ragukan karena dibuat oleh perusahaan Adobe.

Di aplikasi Adobe Scan hasil pindaian bisa kamu edit dari merotasi, reorder, crop, hingga menyesuaikan warna agar. Bahkan dapat juga mengedit agar rapi, menghapus noda pada dokumen, bahkan menghilangkan tulisan tangan.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah foto hasil pindaian menjadi dokumen PDF berkualitas tinggi dan dapat mendeteksi teks di dalamnya (OCR). Dengan teks hasil scan tersebut kamu tidak perlu mengetik ulang, sehingga pekerjaanmu bisa lebih ringan.

Tambahan [Rekomendasi App Scanner Premium]

● iScanner: PDF Scanner App

Aplikasi Scanner iPhone - iScanner
Ingin menggunakan aplikasi scanner yang premium? Kamu bisa mencoba aplikasi iScanner yang dapat diunduh melalui App Store.
Di dalam aplikasi scanner ini kamu bisa mengedit dengan tools editor gambar yang mampu mengkoreksi warna dan menghilangkan noise pada gambar hasil scan.

Terdapat fitur yang cukup unik yakni kamu bisa menandatangani dokumen secara langsung melalui layar ponsel pada dokumen yang telah dipindai sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan halaman baru pada dokumen, mengcopy-paste dokumen, mengurutkan halaman jika dokumen belum diurutkan, dan lain sebagainya.

iScanner memiliki fitur untuk mengunci folder ataupun file dengan PIN, jadi kamu tidak perlu khawatir ada orang lain yang membuka dokumen kalian tanpa izin. Karena aplikasi ini premium, maka kamu harus membeli terlebih dahulu sebelum memakainya di ponsel iOS-mu.

● Scanner Pro

Aplikasi Scanner iPhone - Scanner Pro
Rekomendasi kedua jika ingin menggunakan aplikasi scanner iPhone dan iPad premium adalah Scanner Pro. Aplikasi ini dapat dengan mudah memindai semua dokumen fisik dan menjadikannya dokumen dalam bentuk file PDF maupun JPG.

Fitur deteksi batas dokumen dengan background juga mampu dilakukan oleh aplikasi ini sehingga kamu tidak perlu memotong tepi dokumen secara manual, namun jika deteksi otomatis ini belum sesuai kamu tetap bisa mengoreksinya hingga benar-benar sesuai. Tidak hanya itu, Scanner Pro juga mampu mendeteksi geometri dan distorsi secara otomatis.

Jika hasil pindaian ingin dibagikan, cukup tekan 'Share' kemudian pilih ke mana dokumen akan dibagikan bisa email, fax, atau aplikasi pihak ketiga. Untuk menyimpan dokumen, ada banyak storage berbasis cloud, misalnya: iCloud, DropBox, OneDrive, GD, dan lain-lain. Bahkan update terakhir Scanner Pro mampu menampilkan dokumen yang tersimpan di iCloud.

Itulah daftar aplikasi scanner iPhone dan iPad terbaik yang bisa kamu unduh dari App Store dan menggunakannya secara gratis.

Aplikasi-aplikasi di atas dapat kamu gunakan untuk memindai dokumen fisik dan diubah menjadi file yang bisa disimpan di komputer dan smartphone sehingga memudahkan untuk berbagi. Dari daftar aplikasi yang telah dibahas di atas, mana nih yang menjadi pilihanmu?

Post a Comment for "6 Aplikasi Scanner iPhone Terbaik untuk Scan Dokumen, Gratis!"