Iklan Uptitle

8 Aplikasi Uang Elektronik (e-Money) untuk Kebutuhan Transaksi Non-Tunai

Era digital seperti sekarang ini membuat hampir semua sendi kehidupan juga bergeser menjadi terdigitalisasi, salah satunya adalah bertransaksi menggunakan uang elektronik atau biasa kita sebut transaksi non-tunai.

Sebelumnya kita tentu sudah mendengar transaksi non-tunai melalui Mobile Banking, Internet Banking, Transfer di ATM, dan lain sebagainya. Namun sekarang sudah muncul aplikasi uang elektronik yang berbeda dengan aplikasi perbankan.

Dengan aplikasi uang elektronik untuk Digital Payment para penggunanya tidak perlu direpotkan seperti pergi ke ATM dan lain sebagainya, di aplikasi tersebut transaksi juga akan lebih praktis dan efisien.

Aplikasi Uang Elektronik (e-Money) untuk Kebutuhan Transaksi Non-Tunai

Berikut ini adalah daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pembayaran digital dan bermacam-macam tagihan. Misalnya membayar belanja online, membeli pulsa atau paket data, tagihan listrik, token listrik bahkan bayar kredit kendaraan bermotor.

1. Go-Pay

Aplikasi Uang Elektronik - Go-Pay
Go-Pay merupakan bagian dari aplikasi ojek online bernama Gojek. Para pengguna Gojek tentu tidak asing lagi dengan pembayaran digital dengan Go-Pay, dengan Go-Pay kamu bisa membayar beragam fitur Gojek seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan lain sebagainya.

Tidak hanya membayar untuk fitur yang disebutkan di atas, dengan fitur uang elektronik Go-Pay ini kamu bisa melakukan transaksi finansial seperti membayar belanja online, membayar tagihan bulanan, isi pulsa atau paket data, dan lain sebagainya.

Metode top up yang bisa kamu gunakan juga mudah seperti lewat Alfamart dan transfer bank (BCA, BRI, BNI, dan lain-lain). Jangan lupa untuk melengkapi Go-Pay dengan proteksi PIN agar tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

2. DANA

Aplikasi Uang Elektronik - DANA
DANA merupakan aplikasi pembayaran digital atau uang dalam bentuk elektronik yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi dan pembayaran secara online cukup dengan nomor ponsel tanpa perlu rekening bank yang tidak semua orang memilikinya.

Aplikasi uang elektronik ini sudah banyak bekerja sama dengan bank-bank BUMN dan swasta di Indonesia. Seperti kebanyakan aplikasi serupa, dengan DANA kamu bisa membayar tagihan bulanan, membayar belanja onlinedan offline, belanja di marketplace, kirim uang, dan lain sebagainya.

DANA protection adalah salah satu fitur yang layak diunggulkan di mana akan membuat kamu menjadi lebih nyaman dan tenang karena terdapat garansi uang kembali serta keamanan dalam bertransaksi. Selain itu, terdapat juga QR code untuk pembayaran di kasir, ini akan membuat kamu lebih cepat dan praktis.

3. OVO

Aplikasi Uang Elektronik - OVO
Aplikasi uang elektronik terbaik yang ketiga adalah OVO yang dikembangkan oleh perusahaan bernama PT Visionet Internasional. Aplikasi ini cukup banyak penggunanya karena berbagai kemudahan yang bisa didapatkan dari aplikasi ini.

Di aplikasi OVO kamu bisa membayar hampir semua bentuk transaksi elektronik yang ada di Indonesia. Di OVO kamu bisa membayar tagihan bulanan, membayar belanja online dan offline, membeli token listrik, dan lain sebagainya.

Aplikasi OVO ini juga memiliki poin di mana nilai 1 poin sama dengan 1 rupiah. Poin ini bisa kamu peroleh dari bertransaksi di merchant rekanan OVO. Nantinya poin ini bisa kamu gunakan untuk bertransaksi lagi di OVO.

4. DOKU

Aplikasi Uang Elektronik - DOKU
DOKU adalah aplikasi uang elektronik yang sudah cukup lama hadir di Indonesia. DOKU diperkenalkan sekitar tahun 2010 sebelumnya adalah NSIA Pay sejak 2007. Selanjutnya aplikasi ini dirilis di Google Play Store di tahun 2014 hingga sekarang telah lebih dari 1 juta kali aplikasi ini diunduh oleh pengguna Android.

Salah satu kelebihan DOKU yakni terdapat Password dan PIN yang akan membuat kamu merasa aman saat bertransaksi melalui aplikasi ini. Di aplikasi ini kamu bisa membayar beragam tagihan bulanan, top up pulsa, membeli token pulsa, hingga transfer saldo ke sesama pengguna.

Tidak hanya itu, DOKU juga bisa kamu gunakan bertransaksi di AlfaOnline, AliExpress, KAI, bahkan bisa digunakan untuk membayar cicilan, tarik tunai, dan masih banyak lagi.

5. LinkAja

Aplikasi Uang Elektronik - LinkAJa
Jika kamu menggunakan operator seluler Telkomsel maka kamu bisa menikmati layanan transaksi non-tunai atau uang elektronik dari perusahaan BUMN ini. Layanan tersebut ada di aplikasi LinkAja yang bisa kamu unduh di Play Store.

Seperti aplikasi lainnya, dengan LinkAja kamu bisa bertransaksi secara online untuk membayar beragam tagihan dan merchant, membeli paket data atau top up pulsa, serta transaksi online lainnya.

Dengan LinkAja, kamu juga tidak perlu kartu untuk melakukan penarikan tunai. Cukup datang ke ATM BNI, BTN, Mandiri, atau BRI saja. Metode untuk mengisi saldo LinkAja pun cukup banyak bisa datang ke Grapari Telkomsel, minimarket, dan berbagai transfer bank.

6. Sakuku

Aplikasi Uang Elektronik - Sakuku
Sakuku merupakan aplikasi uang elektronik yang dikembangkan oleh Bank BCA dengan maksud mempermudah transaksi digital dan perbankan tanpa melibatkan uang cash atau tunai. Sakuku mewajibkan kamu memiliki rekening Bank BCA dan nomor ponsel jika ingin menggunakan layanan ini.

Di aplikasi Sakuku kamu bisa melakukan beragam transaksi perbankan seperti mengirim uang ke rekening BCA, klik BCA Individual, BCA mobile, hingga tarik tunai di ATM BCA.

Selain bertransaksi perbankan kamu juga bisa melakukan transaksi lainnya seperti membayar belanja di merchant biasa atau offline dan merchant online, transfer atau berkirim saldo ke sesama pengguna Sakuku, dan mengisi pulsa.


7. i.saku

Aplikasi Uang Elektronik - i.saku
Aplikasi uang elektronik bernama i.saku ini mungkin kalian baru pertama kali mendengarnya. Meskipun demikian, i.saku adalah layanan yang aman dan nyaman untuk bertransaksi secara digital apalagi aplikasi i.saku sudah memperoleh izin resmi dari Bank Indonesia.

i.saku hadir dengan banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan seperti bisa setor tunai, pembayaran belanjaan, dan dengan fitur token kamu bisa tarik tunai saldo.

Karena i.saku dikeluarkan oleh Indomaret, kamu dapat melihat promo apa saja yang ada di minimarket ini. Tidak hanya itu, kamu juga menjadi member Mypoin jika bergabung i.saku. Kumpulkan Mypoin untuk setiap transaksi yang dilakukan agar kamu bisa mendapatkan hadiah menarik.

8. ShopeePay

Aplikasi Uang Elektronik - ShopeePay
Jika kamu sering berbelanja online di marketplace Shopee maka jangan lupa untuk mengaktifkan fitur uang elektroniknya bernama ShopeePay. Karena akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan transaksi melalui ShopeePay. Potongan gratis ongkir merupakan salah satu keuntungannya.

Selain itu, akan lebih praktis dan cepat jika menggunakan ShopeePay. Seperti aplikasi-aplikasi yang dibahas di atas, di sini kamu juga bisa membayar tagihan bulanan, membeli paket data atau pulsa, token listrik, dan lain sebagainya.

Bahkan tidak hanya di platform Shopee saja, ShopeePay ternyata bisa digunakan di luar merketplace yakni di berbagai merchant ShopeePay. Kamu juga bisa menjadi merchant ShopeePay untuk bisnis offline-mu jadi kamu bisa menerima pembayaran dari para pelanggan dan uang akan masuk ke ShopeePay-mu.

Itulah beberapa aplikasi uang elektronik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran digital dan transaksi online lainnya yang banyak digunakan di Indonesia. Dari daftar aplikasi di atas mana nih yang ingin kamu jadikan untuk bertransaksi dengan uang elektronik?

0 Response to "8 Aplikasi Uang Elektronik (e-Money) untuk Kebutuhan Transaksi Non-Tunai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel