Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Membuka Task Manager di Windows 7, 8, dan 10

Membuka Task Manager bagi orang-orang yang setiap harinya menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja mungkin hal ini sudah biasa saja namun bagi yang tidak biasa atau tidak memiliki komputer mungkin akan bingung.

Bagi yang biasa menggunakan pun mungkin akan menggunakan metode Ctrl+Alt+Del sebagai satu-satunya cara membuka Task Manager. Nah, ternyata ada banyak cara lain lho yang bisa kamu gunakan bahkan ada yang lebih simpel lagi dari teknik yang telah disebutkan di atas.

Sedikit info, Task Manager merupakan salah satu utilitas penting pada OS Windows, program ini mampu memonitor sistem yang sedang berjalan di komputer kita. Dari program yang sedang berjalan, proses yang berjalan pada background, memantau performa (CPU, memory atau RAM, disk, ethernet, dan Wi-Fi), hingga menampilkan Recource Monitor.

Task Manager juga sering digunakan untuk memaksa program tertentu agar berhenti karena suatu sebab (misal: program not responding).

9 Cara Membuka Task Manager di Windows 7, 8, dan 10

Jika kamu hanya mengetahui satu cara saja atau belum tahu satupun berikut ini kami ulas membuka Task Manager dengan berbagai macam metode.

1. Melalui Shortcut Ctrl+Shift+Esc

Teknik pertama ini merupakan salah satu cara membuka Taks Manager yang paling mudah cukup menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc. Cara pertama ini juga sangat cocok jika kondisi keyboard komputer atau laptop dalam kondisi normal.

2. Melalui Windows Security Screen (Ctrl+Alt+Del)

Windows security screen sebenarnya sangat kita kenal namun kita sering menyebutnya dengan kombinasi shortcut. Kamu bisa membukanya dengan perpaduan tombol Ctrl+Alt+Del, setelah terbuka silahkan pilih Task Manager.

3. Melalui Taskbar Windows

Cara Membuka Task Manager - 1
Taskbar: Baris Program Aktif (secara default berada di tampilan layar paling bawah)
Cara membuka Task Manager yang ketiga ini juga sangat simpel namun sebagian mungkin tidak menyadarinya. Cara ini cukup dengan klik kanan pada Taskbar kemudian pilih Task Manager.

4. Melalui Menu WinX atau Quick Access Menu

WinX bukanlah sebutan untuk Windows 10 namun merupakan sebuah kombinasi tombol keyboard Win+X.
Untuk mengakses Task Manager melalui Quick Access Menu ini cukup tekan kombinasi Win+X, setelah menu keluar pilih Task Manager.

5. Melalui Command Promt

Sebelunya buka terlebih dahulu Command Promt atau CMD kemudian ketikkan "taskmgr" tanpa tanda petik maka Task Manager akan terbuka.

6. Melalui Kotak Dialog Windows Run

Windows Run merupakan fitur Windows yang memiliki banyak kegunaan seperti membuka program, folder, dokumen, dan lain sebagainya termasuk untuk membuka Task Manager.

Pertama tekan kombinasi tombol logo Windows+R, setelah muncul jendela Windows Run ketikkan "taskmgr" tanpa tanda petik, kemudian klik OK atau Enter untuk membukanya.

7. Melalui Kotak Pencarian

Cara membuka Task Manager lewat kotak pencarian ini sedikit berbeda pada versi Windows 7, 8, dan 10.

Untuk Windows 7, tekan tombol Windows pada keyboard atau klik ikon Windows (start) di pojok kiri bawah kemudian ketikkan task manager, klik Task Manager pada hasil pencarian untuk membukanya.

Untuk Windows 8, tekan tombol Windows pada keyboard atau klik ikon Windows (start) di pojok kiri bawah kemudian pilih ikon pencarian yang ada di samping ikon Power Options lalu ketikkan task manager, klik Task Manager pada hasil pencarian untuk membukanya.

Untuk Windows 10, tekan ikon pencarian yang ada di sebelah kanan ikon Windows (tombol start), ketikkan task manager, klik Task Manager pada hasil pencarian untuk membukanya.

8. Melalui Control Panel

Buka terlebih dahulu Control Panel, kemudian pada kotak pencarian ketikkan Task Manager, pada hasil pencarian klik Task Manager.

9. Jalankan Taskmgr.exe dari Folder Windows

Cara terakhir ini mungkin agak panjang dan ribet karena ada banyak file yang berbarengan dengan lokasi Taskmgr.exe berada. Namun tidak ada salahnya jika kamu mengetahui cara membuka task manager dengan teknik ini.

Pertama buka Windows Explorer kemudian pergi ke partisi C:\ di mana Windows terinstal selanjutnya cari folder Windows > System32. Carilah Tskmgr.exe di bagian System32 lalu klik dua kali untuk membukanya.

Itulah cara membuka Task Manager di Windows 7, 8, dan 10 yang bisa kamu lakukan. Ternyata cukup banyak juga yaa, kamu bisa memilih metode mana saja dari nomor satu hingga nomor sembilan, pilih kira-kira yang paling pas dan paling mudah dengan kondisi komputer atau laptop kamu sekarang.

Jika kamu masih punya cara lain, bisa ditambahkan di kolom komentar ya guys! Selamat mencoba...

Post a Comment for "9 Cara Membuka Task Manager di Windows 7, 8, dan 10"