Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Aplikasi untuk Membuat Presentasi Selain PowerPoint [Banyak Pilihan]

Presentasi erat sekali kaitannya dengan aplikasi Powerpoint yang sering digunakan untuk membuat slide-nya. Namun saking seringnya membuat bahan presentasi menggunakan Powerpoint, menjadikan agak bosan dengan tampilan slide yang cenderung monoton dan kurang menarik.

Perlu diketahui, ternyata tidak hanya Powerpoint saja lho yang bisa digunakan untuk membuat bahan untuk presentasi. Ada banyak sekali pilihan khususnya aplikasi berbasis web atau online. Fiturnya pun tidak kalah lengkapnya dengan yang ada di Powerpoint.

Di aplikasi presentasi berikut ini kamu bisa menambahkan gambar, video, animasi, dan lain sebagainya ke dalam slide yang dibuat.

Aplikasi untuk Membuat Presentasi Selain PowerPoint (Banyak Pilihan)

Berikut ini adalah daftar aplikasi pembuat presentasi yang bisa digunakan. Langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

1. Visme

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 1
https://www.visme.co/presentation-software/
Visme merupakan aplikasi untuk membuat presentasi menarik selain PowerPoint. Tidak hanya menyediakan fitur untuk presentasi, Visme juga dapat digunakan untuk membuat infografis, diagram, animasi, banner website, dan lain sebagainya.

Dilengkapi lebih dari 100 font tentu akan membuat hasil grafis presentasimu menjadi leih menarik. Selain itu, juga terdapat vektor aset gratis dan graph tools.

Tidak hanya itu, untuk gambar latar dan layout yang ada di Visme juga sangat bagus dan terlihat profesional. Dengan fitur yang ada, kamu bisa memadukan animasi, interaksivitas, dan suara menjadi satu untuk menghasilkan file presentasi yang anti-mainstream.

2. Prezi

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 2
https://prezi.com/
Prezi merupakan alat pembuat presentasi yang sangat unik dan menarik dan mungkin kalian akan menyukainya jika mencoba menggunakan Prezi. Hasil yang dibuat di sini juga tidak monoton serta linear yang pasti bagi sebagian orang biasa saja bahkan cenderung membosankan.

Prezi dapat menjadi alternatif terbaik pengganti Powerpoint. Di Prezi kamu bisa membuat file presentasi dengan model dan gaya yang lebih variatif sehingga hasilnya akan lebih bagus dan tidak itu-itu saja.

Prezi juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit di berbagai perangkat yang dimiliki pengguna, karena hasil presentasi akan disimpan di cloud atau secara online. Jika kamu sering membuat presentasi bisa mencoba tool yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mahasiswa, dosen, karyawan, hingga pembicara.

3. SlideDog

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 3
https://slidedog.com/
SlideDog merupakan aplikasi presentasi yang memungkinkan penggunanya berlaih ke berbagai media lainnya seperti PowerPoint, PDF, website, Prezi, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini paling cocok untuk orang-orang yang memiliki beragam bentuk presentasi yang harus disampaikan ke orang lain.

Fitur menarik lain yang bisa digunakan di antaranya adalah sesi tanya jawab, kolom jajak pendapat, hingga SlideDog Live Sharing di mana para audiens dapat mengikuti presentasi jarak jauh melalui perangkat yang dimiliki.

4. Keynote

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 4
https://itunes.apple.com/id/app/keynote/id409183694?mt=12&ls=1
Keynote merupakan aplikasi presentasi yang dapat menjadi andalan terbaik untuk perangkat Apple yang kamu punya. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Apple Inc untuk rangkaian produk iWork.

Keynote memiliki banyak tema yang dapat menjaga konsistensi warna dan font agar slide presentasi terlihat profesional dan menarik. Keynote juga dapat membantu kamu mengekspor file presentasi ke beragam format file seperti PDF, QuickTime, JPEG, hingga PNG.

Selain itu, Keynote juga memiliki fitur transisi 3D berbasis OpenGL yang akan memperindah slide presentasimu. Bagi pengguna Mac, kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

5. VideoScribe

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 5
https://www.videoscribe.co/
Ingin membuat presentasi animasi bergaya whiteboard? Kamu bisa menggunakan aplikasi berbasis web dengan nama VideoScribe ini.

Di VideoScribe dilengkapi gambar-gambar royalty-free yang jumlahnya mencapai ribuan. Selain gambar, kamu juga dapat menemukan musik dan font menarik untuk ditambahkan ke video presentasi kamu di sini.

Selain itu, menambahkan gambar sendiri, voiceover, dan merk juga dimungkinkan di aplikasi ini. Untuk mendapatkan semua fitur yang ada di VideoScribe kamu dapat berlangganan di fitur premiumnya dengan biaya sekitar USD16,50/bulan.

6. LibreOffice

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 6
https://www.libreoffice.org/
Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi selain Powerpoint adalah LibreOffice. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang akan membuat slide presentasimu tidak kalah bagusnya seperti jika menggunakan Power Point.

Yang lebih menarik lagi, pengembang LibreOffice sering melakukan upgrade menjadi jauh lebih menarik sehingga pengalaman pengguna menggunakan aplikasi ini akan semakin baik.

Fitur terbaru yang kini ada salah satunya adalah ePUB Export File. Penasaran dengan semua fitur di LibreOffice, kamu bisa mengunjunginya langsung di www.libreoffice.org.

7. Haiku Deck

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 7
https://www.haikudeck.com/
Haiku Deck merupakan aplikasi presentasi selain Power Point berbasis web dan iOS. Di Haiku Deck kamu bisa membuat slide presentasi dengan template yang disediakan, terdapat 27 jenis template dan 35 juta gambar gratis di Haiku Deck.

Aplikasi ini sangat mendukung fitur teks minimalis, efek tema yang berkualitas, dan teknik editing yang lengkap. Selesai membuat presentasi, kamu bisa langsung mengekspornya menjadi file PDF, Powerpoint, ataupun Keynote dengan mudah.

8. Slides

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 8
https://slides.com/
Aplikasi membuat presentasi lainnya yang perlu kamu coba adalah Slides. Slides merupakan editor online yang memungkinkan penggunanya untuk membuat presentasi dengan memasukkan background, memilih desain dan tema menjadi slide yang menarik.

Untuk mengakses slide yang dibuat di sini juga simpel karena bisa dibuka dari perangkat mobile maupun desktop. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk dibuka secara offline oleh penggunanya.

9. Emaze

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 9
https://www.emaze.com/
Ingin membuat bahan presentasi dengan sederhana dan cepat jadi? Emaze adalah solusinya, Emaze merupakan aplikasi untuk membuat presentasi dengan menggunakan HTML5 dan dapat berjalan di semua browser baik di ponsel maupun desktop.

Selain dapat membuat slide dengan sederhana dan cepat, Emaze juga mudah digunakan sekalipun oleh para pemula yang baru menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, Emaze telah mendukung tampilan 2D dan 3D di dalam template yang mereka sediakan. Bahkan kamu bisa membuat presentasi video dengan tool sederhana ini.

10. PowToon

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 10
https://www.powtoon.com/
PowToon merupakan aplikasi membuat animasi presentasi yang sangat keren. Di sini kamu bisa membuat video animasi presentasi dengan karakter-karakter yang lebih dinamis, teks aktif, dan gambar.

PowToon sendiri sebenarnya adalah software animasi berbasis web yang dapat membantu kamu menyusun file untuk presentasi dengan cara memanipulasi objek, impor objek ke slide, menambahkan backsound, serta memberi narasi ke video.

Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan sehingga para pemula yang ingin menggunakan aplikasi ini tidak perlu khawatir kesulitan memakai PowToon. Kamu bisa menggunakan aplikasi berbasis web ini secara gratis dengan watermark di dalamnya.

11. Google Slides
Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 11
https://docs.google.com/presentation/

Tidak hanya menyediakan Google Forms, Google juga menyediakan Google Slides untuk membuat presentasi dalam layanan paket office Google Drive.

Google Slides tersedia dalam bentuk aplikasi web dan aplikasi berbasis mobile untuk Android dan iOS. Terdapat fitur-fitur menarik di layanan Google yang satu ini, beberapa di antaranya adalah menyimpan secara otomatis jadi kamu tidak perlu takut tidak tersimpan file yang dibuat di sini.

Selain itu, terdapat juga fitur chatting dengan orang lain serta melihat histori perubahan yang dilakukan di file tersebut, kita juga bisa melihat siapa yang mengubahnya.

12. Empressr

Empressr merupakan alat untuk membuat presentasi online yang bagus dan terlihat profesional. Kamu bisa mengunggah beragam file media ke Empressr seperti audio, video, animasi, dan gambar sebagai bahan untuk membuat presentasi.

Tidak hanya mengunggah dari media penyimpanan lokal, kamu juga bisa mengimpor media dari beragam sumber online seperti Google, Yahoo, Flickr, Photobucket, dan lain sebagainya.

Selain membuat presentasi, di Empressr kamu juga track siapa saja audiens yang membuka slide yang kita buat di sini. Tertarik menggunakan layanan yang satu ini?

13. Slidebean

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 13
https://slidebean.com/
Slidebean merupakan salah satu penyedia tool presentasi yang sangat memudahkan penggunanya, pasalnya di sini kamu tinggal menginput konten presentasi, maka tool ini akan membuatkan slide sesuai dengan desain dan format yang dipilih.

Keren kan? Dengan Slidebean, kamu tidak perlu repot-repot membuat sendiri slide dan memakan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Bagaimana ingin mencoba tool presentasi yang satu ini?

14. SlideShark

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 14
Punya produk sendiri dan ingin mempresentasikannya ke calon pelanggan atau konsumen? Kamu bisa coba menggunakan SlideShark, karena di sini kamu bisa membuat presentasi mengenai produk yana kamu jual, produk terbaru, dan masih banyak lagi.

Untuk SlideShark ini menawarkan beragam fitur menarik di dalamnya misalnya penyimpanan berbasis cloud, membuat mode seperti halnya para pembawa acara berita, presentasi melalui halaman situs, dan lain sebagainya.

Namun fitur tersebut tidak sepenuhnya gratis dan kamu harus berlangganan untuk menikmatinya. Tetapi jika dilihat dari apa yang akan didapat, itu sudah sesuai banget.

15. Zoho Show

Aplikasi Membuat Presentasi Selain PowerPoint - 15
https://www.zoho.com/docs/login.html#serviceurl=/show/new
Aplikasi presentasi selain Powerpoint terakhir adalah Zoho Show, aplikasi ini berbasis online dan dapat kamu akses menggunakan browser ponsel ataupun laptop kalian.

Di Zoho Show kamu bisa mengimpor file dengan format seperti .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .sxi, dan .odp dan mengeditnya di Zoho Show. Di sini juga memungkinkan untuk menambahkan animasi dan transisi layaknya yang biasa dilakukan jika membuatnya di Powerpoint.

Itulah daftar aplikasi untuk membuat presentasi selain Powerpoint yang bisa kamu gunakan. Sekarang untuk presentasi kamu tidak harus menggunakan Powerpoint dan bisa membuatnya di salah satu aplikasi di atas.

Bahkan beberapa yang kita bahas di atas juga memiliki fitur yang lebih menarik dan tentunya tidak monoton. Sekian dulu artikel ini dan selamat mencoba...

Post a Comment for "15 Aplikasi untuk Membuat Presentasi Selain PowerPoint [Banyak Pilihan]"