Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC dengan Aman & Mudah

Terkadang uninstall aplikasi di laptop sangat diperlukan karena beberapa sebab seperti aplikasi tidak berjalan semestinya karena beda spek laptop, aplikasi terindikasi membawa kerugian (terdapat virus komputer atau malware), aplikasi tidak penting atau jarang digunakan, hardisk komputer hampir penuh, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang belum tahu cara uninstall aplikasi di laptop, tenang saja karena di artikel ini kami akan menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus program di komputer dari cara yang paling umum dilakukan hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan beberapa fitur tambahan.

Cara Uninstall Aplikasi/Software di Laptop

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk uninstall program atau aplikasi di Laptop/PC:

1. Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop - 1

Cara pertama ini merupakan teknik yang paling umum dilakukan untuk mencopot program atau aplikasi di laptop/PC kalian. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Control Panel terlebih dahulu, caranya klik kanan pada ikon Windows lalu pilih Control Panel. Atau bisa juga dengan tekan tombol Windows pada keyboard kemudian klik ikon pencarian dan ketikkan Control Panel, lalu klik 2 kali.

2. Maka Control Panel akan terbuka. Cari menu Programs klik pada Uninstall a Program.

3. Ada banyak daftar aplikasi atau program yang terinstall di komputer, klik kanan pada aplikasi yang ingin di-uninstall lalu pilih Uninstall.

4. Proses uninstall sedang berlangsung tunggu hingga selesai.

2. Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop - 2
Start Menu pada Win 8.1
Start menu merupakan salah satu fitur pada OS Windows yang memiliki fungsi mempersingkat akses ke aplikasi, folder, file, dan lain sebagainya dengan cepat.

Pada Windows 10, kamu bisa mengakses Start Menu dengan cara klik ikon Windows di pojok kiri bawah pada taskbar. Setelah terbuka pilih aplikasi yang ingin di-uninstall.

Pada Windows 8, hampir sama caranya yakni klik ikon Windows di pojok kiri bawah pada taksbar. Maka akan tampil Start Menu, klik ikon pencarian ketikkan nama aplikasi yang ingin di-uninstall. Jika sudah ketemu klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.

3. Uninstall Aplikasi Melalui Command Prompt (CMD)

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop - 3

Command Prompt (CMD) merupakan program komputer yang memiliki banyak sekali kegunaan salah satunya yakni dapat meng-uninstall aplikasi di komputer. Di CMD kita memanfaatkan fitur perintah wmic, untuk tutorial selengkapnya kamu bisa baca artikel Cara Uninstall Program Menggunakan Perintah di CMD (Command Prompt).

4. Uninstall Aplikasi Melalui CCleaner

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop - 4

Ada banyak aplikasi di internet yang menawarkan fungsi menguninstal aplikasi di komputer. Salah satunya yang terkenal dan banyak digunakan adalah CCleaner.

Aplikasi pihak ketiga ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti Cleaner, Registry, Tools, dan Options. Nah, salah satunya yang dapat kamu temukan adalah fitur Uninstall, berikut ini adalah cara uninstall aplikasi di laptop menggunakan CCleaner:

1. Download CCleaner terlebih dahulu jika belum ada di laptop.
2. Selanjutnya pilih menu Tools dan pilih Uninstall.
3. Cari aplikasi yang ingin dicopot atau uninstall.
4. Klik kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih Uninstall.
5. Proses uninstall sedang berlangsung tunggu hingga selesai.

Selain dapat kamu gunakan untuk uninstall aplikasi di laptop atau PC kalian, CCleaner juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan file sampah yang dapat membebani kinerja komputer. Dengan fitur ini, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak ruang kosong di HDD atau SSD kalian.

Itulah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop atau PC yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan salah satu dari beberapa cara di atas. Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Post a Comment for "4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop/PC dengan Aman & Mudah"