Iklan Uptitle

2 Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di PC & HP untuk Video Conference

Cara Mendownload Aplikasi Zoom di Laptop - 4
Aplikasi Zoom versi Windows
Menggunakan aplikasi Zoom untuk video conference demi menjaga jarak atau social distancing merupakan salah satu anjuran pemerintah saat ini. Terutama anak sekolah dan mahasiswa yang hingga kini sebagian besar masih belajar dari rumah.

Zoom saat ini menjadi salah satu aplikasi video conference yang paling banyak digunakan. Salah satu kelebihan Zoom ini adalah tidak begitu banyak bandwidth yang dihabiskan bahkan ukuran aplikasinya juga tidak begitu besar untuk laptop saja hanya berukuran 12,2 MB. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya:

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop atau PC

1. Jika belum memiliki akun Zoom silahkan buat akun terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial di artikel ini: Cara Membuat Akun Zoom

2. Setelah mendaftar, masuk ke menu My Profile dan lihat pada Personal Meeting ID, nah inilah yang bisa kamu gunakan untuk mengundang partisipan agar bergabung ke video conference kita.

3. Copy Meeting ID ini dan kirim ke teman atau sahabat kita yang ingin kita ajak untuk melakukan video conference. Kamu juga bisa mengcopy link untuk di paste-kan di broswer.

4. Jika partisipan itu menggunakan Meeting ID atau mem-paste link di browser, maka otomatis mereka akan mendapat tawaran untuk bergabung dengan video conference yang kita buat.

5. Untuk bergabung, pertisipan cukup klik Join dan video conference siap digunakan.

Catatan:
Di sini kita bertindak sebagai Host di mana jika kita mengakhiri video conference tersebut, maka semua yang bergabung otomatis akan terputus videonya.

Para partisipan di sini juga tidak perlu memiliki akun Zoom untuk bergabung dalam video conference, partisipan cukup gunakan Meeting ID atau link yang dibuat oleh Host.

Baca Juga:

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Android atau iPhone

1. Seperti tutorial jika menggunakan laptop, buat terlebih dahulu akun Zoom. Lihat tutorial berikut ini: Cara Membuat Akun Zoom

2. Jika sudah dibuat. Login di aplikasi Zoom Android, Zoom iOS, atau browser ponsel kalian di https://zoom.us.

3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian lihat di Personal Meeting ID yang dapat kamu gunakan untuk mengajak partisipan bergabung ke video conference yang kita buat.

4. Salin dan kirimkan ke teman-teman Meeting ID tersebut atau gunakan link untuk di paste di browser agar yang tidak punya aplikasi Zoom tetap dapat bergabung.

5. Apabila Meeting ID tersebut dicopy-paste dan digunakan maka partisipan akan mendapat tawaran untuk bergabung di Zoom meeting. Kamu juga bisa gunakan link untuk di-copypaste partisipan di browser.

6. Setelah patisipan setuju bergabung maka mereka akan menjadi salah satu peserta, dan video conference siap digunakan.

Sama seperti di laptop, para partisipan atau selain Host, mereka dapat bergabung di Zoom dalam video conference yang kamu buat tanpa harus melakukan registrasi akun.

Jadi registrasi dibutuhkan jika kamu ingin membuat video conference dan menjadi Host, serta dapat mengendalikan kegiatan video conference tersebut misalnya dapat menjadikan salah satu peserta video conference menjadi Host. Jangan lupa juga "Schedule a Meeting" untuk memberi jadwal kapan meeting akan berlangsung.

Nah itulah cara menggunakan aplikasi Zoom di laptop dan smartphone untuk membuat video conference. Ternyata mudah sekali kan? Selamat mencoba...

0 Response to "2 Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di PC & HP untuk Video Conference"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel