Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Desain Rumah iOS Terbaik untuk Pemula & Pro

Aplikasi desain rumah iOS - Mendesain rumah sendiri merupakan hal yang paling disukai oleh mereka yang ingin membangun rumah. Tidak perlu program komputer khusus untuk mendesain rumah, kamu hanya perlu perangkat iOS yang kamu miliki dan aplikasi desain rumah yang bisa kamu unduh dari App Store.

Dengan menggunakan aplikasi desain rumah iPhone dan iPad ini, kamu juga bisa mengurangi biaya sewa arsitek. Di bawah ini sebagian besar bisa kamu gunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Aplikasi Desain Rumah iOS Terbaik

Di App Store terdapat banyak aplikasi desain rumah yang bisa kamu gunakan dengan beragam fitur di dalamnya. Namun dari banyak aplikasi tersebut kami merekomendasikan 10 di antaranya untuk kamu install.

Sebelum menginstall salah satu aplikasi di bawah ini, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya apakah kamu ingin menggunakan aplikasi untuk desain interior, eksterior, taman, denah rumah, desain penempatan furnitur, dan lain sebagainya.

1. Home Design 3D

Aplikasi Desain Rumah iOS - 1
Aplikasi desain rumah iOS pertama yang bisa kamu gunakan adalah Home Design 3D. Aplikasi ini cocok buat kamu yang tidak bisa membuat komponen rumah dari awal, misalnya pintu atau jendela.

Dengan aplikasi ini kamu bebas menambahkan komponen tersebut dengan sangat mudah karena terdapat fitur drag n drop bagian-bagian rumah ke posisi yang diinginkan.

Sama seperti namanya, Home Design 3D dapat menampilkan ruangan di dalam rumah secara tiga dimensi yang akan membuat desain terlihat lebih nyata. Fitur lainnya yang patut kamu coba untuk memperindah rumah adalah mengubah ukuran, warna, ketinggian, dan letak komponen rumah lainnya sesuai dengan keinginan.

2. Houzz Interior Design Ideas

Aplikasi Desain Rumah iOS - 2
Aplikasi desain rumah iOS yang satu ini tidak dapat mendesain secara langsung desain rumah yang kamu inginkan, namun aplikasi ini sangat membantu kalian yang sedang mencari inspirasi desain rumah yang mungkin salah satunya menjadi desain impian.

Houzz Interior Design Ideas menyediakan sekitar 14 juta gambar rumah idaman baik interior dan eksterior. Kamu dapat mencari gambar-gambar tersebut berdasarkan kategori dan gaya rumah, dengan fitur ini kamu dapat menemukan desain yang diinginkan dengan tepat.

Selain itu, aplikasi ini juga bersifat seperti halnya media sosial karena di sini kamu bisa berbagi desain rumah dan melihat desain pengguna lain, bahkan gambar dari para desainer rumah profesional.

3. Homestyler Interior Design

Aplikasi Desain Rumah iOS - 3
Selain mendesain eksterior agar terlihat indah dari luar, mendesain interior juga harus lebih indah karena kitalah yang tinggal di dalamnya dan menikmati suasananya. Desainnya juga harus terlihat elegan dan menarik agar kita tambah betah tinggal di rumah tersebut

Untuk mendesain interior rumah idaman kamu bisa menggunakan aplikasi desain rumah iOS yang dikembangkan oleh Autodesk bernama Homestyler Interior Design.

Aplikasi ini menyediakan beragam komponen interior rumah yang kamu perlukan dari pintu, meja, kursi, dan lain sebagainya. Kamu tinggal tempatkan komponen-komponen tersebut ke posisi yang diinginkan dengan mudah.

4. Home Design 3D Outdoor Garden

Aplikasi Desain Rumah iOS - 4
Sebelumnya kita telah membahas aplikasi untuk mendesain bagian interior rumah, nah untuk aplikasi ini sangat cocok untuk membuat desain outdoor yakni taman sekitar rumah.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Anuman ini dapat digunakan untuk mendekor taman menjadi sangat menarik dengan mudah dan cepat. Tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena sudah pasti desain yang dihasilkan bagus.

Kamu dapat menemukan beragam komponen 2D dan 3D outdoor seperti pohon, bunga, kolam renang, dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu gunakan secara gratis (freemium), di versi freemium ini kamu bisa menikmati fitur-fitur premium secara gratis namun untuk menyimpannya kamu harus membayar terlebih dahulu.

5. Magicplan

Aplikasi Desain Rumah iOS - 5
Melihat nama aplikasi ini kita bisa menebak penggunaannya. Yup, benar. Aplikasi desain rumah iOS bernama Magicplan ini digunakan untuk membuat planning atau perencanaan desain rumah seperti membuat dasar rumah/lantai dan denah rumah.

Aplikasi ini mungkin kurang begitu cocok untuk pemula yang ingin mendesain rumah karena fokus aplikasi yang sangat teknis berupa perencanaan desain rumah.

Namun untuk para profesional, Magicplan sangat membantu karena aplikasi yang kompatible dengan beragam program seperti AutoCAD, Excel, dan Chief Architect. Selain itu, tersedia model 2D dan 3D yang akan menambah kemudahan dalam proses perencanaan desain.

6. Homify

Aplikasi Desain Rumah iOS - 6
Homify merupakan salah satu aplikasi desain rumah iOS yang dapat menghubungkan kamu dengan para desainer profesional untuk memberikan saran atau referensi desain pada rumah yang ingin direnovasi atau dirombak.

Aplikasi ini menawarkan banyak tips dan rekomendasi untuk desain rumah. Kamu bisa klik pada gambar rumah yang disukai kemudian melihat siapa pembuat desain tersebut dan kamu juga menghubunginya lho.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk mencari inspirasi desain ruangan berdasarkan gaya rumah yang dipilih untuk menemukan desain paling tepat dan sesuai.

7. Modsy Interior Design

Aplikasi Desain Rumah iOS - 7
Aplikasi ini disediakan oleh Modsy, yakni penyedia jasa interior home design dan tempat mencari inspirasi desain interior rumah.

Untuk mendapatkan desain interior cukup dengan memfoto ruangan dan kirim ke Modsy sertakan juga budget maka mereka akan menyarankan desain yang tepat untuk kalian, namun tentu ini tidak gratis ya karena termasuk layanan premium.

Namun kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan mengeksplore ribuan contoh desain menarik yang tersedia di aplikasi Modsy Interior Design.

8. IKEA Place

Aplikasi Desain Rumah iOS - 8
Ikea merupakan salah satu rujukan yang paling menarik untuk desain rumah. Tidak perlu pergi ke lokasi di mana Ikea berada, kamu cukup gunakan aplikasi Ikea Place untuk mencari perabotan yang cocok ditempatkan di dalam ruangan rumahmu.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali furnitur, aksesoris, dan komponen dekorasi rumah yang keren. Kamu juga bisa mengubah warnanya jika dirasa masih kurang pas.

Fitur ini menggunakan teknologi AR di mana cukup arahkan kamera ke ruangan di rumah kemudian pilih furnitur yang ingin kamu coba tempatkan di ruang tersebut. Caranya cukup mudah pertama pastikan ruangan cerah dan kossng, lalu scan lantai, pilih furnitur , terakhir drag and drop ke tampilan nyata.

9. Planner 5D

Aplikasi Desain Rumah iOS - 9
Aplikasi desain rumah iOS bernama Planner 5D ini merupakan salah satu aplikasi terpopuler untuk mendesain rumah secara gratis baik bagian interior dan eksterior dengan model 2D dan 3D. Selain gratis, aplikasi ini juga banyak digunakan sehingga tidak perlu diragukan lagi hasil desain di aplikasi ini.

Aplikasi Planner 5D ini sangat mudah penggunaannya dan simpel sehingga sangat cocok digunakan oleh para pemula. Para master desain juga banyak yang menggunakan aplikasi ini karena memiliki fitur yang cukup lengkap.

Planner 5D memiliki fitur merancang dari awal, namun bagi kalian yang belum bisa mendesain dari awal atau malas desain dari awal bisa menggunakan katalog yang tersedia. Kamu bisa menggunakan 150 katalog untuk versi gratis dan 300 katalog untuk versi berbayarnya.

10. AutoCAD - DWG Viewer & Editor

Aplikasi Desain Rumah iOS - 10
AutoCAD merupakan aplikasi desain bangunan yang sangat populer di dunia. Aplikasi ini memiliki versi utama dengan platform desktop. Sekarang kalian yang gemar membuat desain rumah di AutoCAD tidak pelu lagi berat-berat membawa laptop karena sudah ada versi mobilenya.

Meskipun versi aplikasi mobile namun terdapat banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan di aplikasi ini misalnya view and edit DWG file, membuat file CAD baru, mengukur secara tepat, menggambar dan mengedit bentuk objek, mengatur layer, dan lain sebagainya.

Namun untuk AutoCAD ini tidaklah sepenuhnya gratis, jika kamu baru menginstall di iOS kalian maka akan ada free trial selama 7 hari, dan untuk penggunaan selanjutnya harus berlangganan paling murah yakni USD 4,99.

Itulah 10 aplikasi desain rumah iOS (iPhone dan iPad) yang bisa kamu gunakan. Semua aplikasi di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Dari daftar aplikasi di atas mana nih yang ingin kamu install? Atau kamu memiliki rekomendasi lain? Tulis di kolom komentar yaa.

Post a Comment for "10 Aplikasi Desain Rumah iOS Terbaik untuk Pemula & Pro"