Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Kamera Laptop Ringan Terbaik dan Juga Gratis

Kamera laptop sekarang ini mungkin sudah sedikit tergeser dengan kamera smartphone yang jauh lebih canggih. Namun, meskipun demikian kamera laptop tetap sangat penting untuk perihal dan aktivitas tertentu.

Kamera laptop memiliki beragam fungsi yang seperti kamera pada umumnya seperti mengambil foto, foto selfie, dan merekam video. Bahkan sekarang ini bisa juga digunakan untuk kelas online misalnya melalui Zoom dan video call melalui Skype, Yahoo Messenger, dan lain sebagainya.

Berikut ini kami rangkum 10 aplikasi kamera laptop yang bisa kamu pilih, di sini kami pilihkan yang ringan-ringan saja, bahkan ada yang tidak sampai ukuran 2 MB lho.

Aplikasi Kamera Laptop Ringan Terbaik dan Juga Gratis

Terdapat cukup banyak aplikasi kamera laptop yang bisa kamu temukan di internet, namun terkadang aplikasi tersebut malah membebani laptop kita dan membuat kinerja laptop menurun.

Nah, jika demikian kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi kamera laptop ringan berikut ini, yuk baca selengkapnya.

1. ManyCam

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 1
https://manycam.com/download/
Aplikasi kamera laptop ringan pertama yang bisa kamu coba adalah ManyCam. Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang suka menambahkan stiker dan efek menarik.

Terdapat sejumlah tools guna mengedit dan memberikan beragam stiker pada fotomu. Selain untuk mengambil foto, ManyCam juga bisa untuk merekam video dari ukuran 240p hingga Full HD.

Tidak hanya bisa dipasang di OS Windows, ManyCam juga memiliki versi untuk Android dan iOS. Jadi kamu bisa memasangnya di smartphone kalian tanpa harus menggunakan laptop.

2. YouCam

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 2
https://www.cyberlink.com/downloads/trials/youcam/download_en_US.html
Sebagian kalian mungkin sudah pernah mendengar aplikasi yang satu ini. Benar sekali, YouCam masuk dalam jajaran aplikasi kamera laptop yang ringan dan tidak begitu memberatkan kinerja laptop kalian.

Aplikasi YouCam dapat digunakan untuk mengambil foto dan juga merekam video. Kalian sebagai pengguna juga bisa mengeditnya secara langsung di aplikasi ini. Terdapat sekitar 200 efek yang bisa kamu aplikasikan agar foto maupun video menjadi lebih menarik.

Tidak hanya itu, YouCam juga sudah dilengkapi dengan beragam tools yang memudahkan. Beberapa di antaranya adalah fitur HDR dan panorama, menarik kan?

3. Free Screencast

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 3
http://www.free-screencast.com/
Berdasarkan namanya, aplikasi ini sebenarnya memang untuk merekam layar laptop. Namun aplikasi ini juga memiliki fungsi lainnya yakni untuk merekam audio dan video melalui kamera laptop.

Aplikasi ringan ini mampu merekam audio dan video ke dalam berbagai format seperti AVI, MPG, MKV, FLV, WMV, MP4, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mengambil gambar sambil merekam video lalu menyimpannya menjadi format JPG dan BMP.

Dari segi fitur yang ada, aplikasi Free Screencast ini bisa dibilang cukup lengkap. Dan untuk fitur merekam layar, biasanya digunakan untuk membuat tutorial tertentu dan sekarang banyak YouTuber menggunakan ini untuk konten-konten mereka.

4. Free2X Webcam Recorder

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 4
http://www.free2x.com/webcam-recorder/
Aplikasi kamera laptop yang satu ini bisa dibilang sangat ringan, mudah digunakan, dan juga gratis. Dengan Free2X Webcam Recorder kamu bisa merekam video melalui webcam atau kamera laptop dan mengambil foto.

Kamu dapat menyimpan rekaman video tersebut ke dalam beberapa format yang mendukung misalnya seperti MP4, WMV, dan AVI. Terdapat fitur lainnya berupa tombol shortcut (Start, Pause, Stop) untuk memudahkan pengguna mengoperasikan aplikasi ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur beberapa pengaturan agar hasil video lebih bagus seperti contrast, sharpness, brightness, saturation, dan lainnya. Untuk aplikasi kamera laptop ringan ini hanya memiliki ukuran 3 MB saja.

5. Bytescout Screen Capturing

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 5
https://bytescout-screen-capturing.en.uptodown.com/windows
Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, aplikasi bernama Bytescout Screen Capturing ini juga mampu merekam video dan audio melalui kamera dan mikrofon laptop.

Selain sebagai aplikasi kamera laptop yang ringan digunakan, Bytescout Screen Capturing juga dapat merekam tampilan layar laptop secara penuh, area tertentu saja, atau merekam layar mengikuti pergerakan mouse.

Setelah selesai merekam, kamu bisa memutar video tersebut secara langsung dalam format WMV dan AVI. 

6. Kamerah

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 6
https://download.cnet.com/Kamerah/3000-13633_4-75966243.html
Jika kamu mencari aplikasi kamera laptop yang ringan kamu bisa mencoba Kamerah. Aplikasi ini cukup simpel dalam pengoperasian, tinggal klik tombol merah lalu beri nama file maka kamu sudah dapat merekam dengan webcam.

Namun perlu diketahui, aplikasi ini tidak semuanya mendukung model webcam dan kamera laptop yang tertanam. Jadi saat tidak didukung maka tampilan pada Kamerah hanya akan menampilkan layar hitam saja.

Meskipun begitu, aplikasi ini bisa kamu coba unduh dan install terlebih dahulu karena tidak menutup kemungkinan jika PC/laptop kalian mendukung. Kamerah ini sangat ringan dan mudah digunakan oleh siapapun termasuk yang baru pertama kali menggunakannya.

7. Apowersoft Free Recorder

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 7
https://www.apowersoft.com/free-online-screen-recorder
Selanjutnya kamu bisa menggunakan Apowersoft Free Recorder. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil sehingga ringan saat bereporasi di laptop kalian. Meskipun demikian aplikasi ini tetap menawarkan fitur yang bisa dibilang cukup lengkap.

Apowersoft Free Recorder dapat menghasilkan rekaman dengan kualitas tinggi (HD) yang tajam dan jernih.

Kamu juga bisa mengatur sendiri resolusi keluaran sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin hasil kualitasnya standar kamu dapat atur ke SD.

8. EatCam WebCam Recorder

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 8
https://www.softpedia.com/get/Internet/Chat/Instant-Messaging/EatCam-Webcam-Recorder-for-Yahoo-Messenger.shtml
EatCam WebCam Recorder merupakan aplikasi kamera laptop yang memiliki beragam fitur berguna. Kamu dapat merekam video melalui webcam, mengambil gambar kemudian menyimpannya dalam bentuk JPG, hingga merekam percakapan video call menggunakan aplikasi ini. 

Aplikasi ini menawarkan kemudahan saat kamu menggunakannya seperti merekam video dengan beberapa klik saja.

Selain itu, kamu juga bisa merekam beragam suara dengan mikrofon laptop, headphone, hingga speaker.

9. Weenysoft Free Video Recorder

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 9
https://www.weenysoft.com/free-video-recorder.html
Ukuran dari aplikasi ini sangatlah kecil jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, aplikasi bernama Wennysoft Free Video Recorder hanya memiliki ukuran 1,75 MB saja lho.

Aplikasi ini bisa kamu install di semua versi Windows, jadi tidak perlu khawatir tidak kompatibel dengan OS Windows yang kamu gunakan.

Dengan ukuran yang kecil dan tampilan yang sederhana membuat aplikasi ini sangat ringan dan mudah dioperasikan.

10. Windows Camera (Aplikasi Bawaan Windows)

Aplikasi Kamera Laptop Ringan - 10
Bagi pengguna Windows yang tidak mau menginstall aplikasi untuk merekam video dan mengambil gambar melalui webcam, kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan bernama Camera atau Windows Camera.

Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu repot dengan tools yang ada di dalam aplikasi. Sebab, Windows Camera hanya menampilkan ikon merekam video dan mengambil gambar saja.

Untuk membuka aplikasi ini kamu cukup mengetikkan 'camera' di tab search program (dicoba di Windows 8.1), mudah sekali kan?

Itulah 10 aplikasi kamera laptop ringan yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengambil gambar maupun merekam video.

Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi di atas secara gratis untuk beragam merk laptop yang ada di pasaran seperti ASUS, Lenovo, Acer, dan lain sebagainya.

Dari banyak pilihan di atas mana nih yang menjadi pilihanmu, tulis di kolom komentar ya?

Post a Comment for "10 Aplikasi Kamera Laptop Ringan Terbaik dan Juga Gratis"