Iklan Uptitle

8 Aplikasi Cek Saldo E-Toll Via Smartphone, Praktis dan Mudah

Bukan manja, hanya saja masyarakat sekarang memang prefer memilih sesuatu yang praktis dan mudah. Ya, layaknya pada saat membayar toll.

Jika dulu para pengemudi harus mengantri dengan antrian panjang ketika melintasi jalan toll dan membayarnya dengan uang fisik. Berkat adanya kemajuan teknologi, antrian panjang saat membayar toll sudah tidak ada. Hanya satu kali tap menggunakan kartu dan uang elektronik pun menjadi solusi praktisnya.

Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana para pemilik e-toll card ini mengetahui saldo di dalamnya? Apakah bisa dicek secara berkala? Tenang saja, saldo yang ada di e-toll card ini bisa kamu cek secara berkala menggunakan aplikasi cek saldo E-Toll. Apa saja aplikasinya? Simak terus pembahasan menarik ini, ya!

Aplikasi Cek Saldo E-Toll Terbaik

Yang perlu kamu perhatikan, pastikan bahwa smartphone kamu sudah memiliki fitur yang mendukung untuk mengecek saldo e-toll ini. Karena, tidak semua smartphone speknya memenuhi untuk menggunakan aplikasi cek saldo e-toll. Hanya smartphone dengan fitur NFC (Near-Field Communication) yang bisa digunakan. Berikut 8 aplikasinya.

1. Electronic Money Card Balance

Aplikasi Cek Saldo e-Toll

Walau Electronic Money Card Balance tidak berfungsi untuk melakukan top up saldo, tetapi Electronik Money Card Balance berfungsi untuk mengecek saldo e-toll. Dan, tidak hanya itu aplikasi ini mendukung pengecekan saldo uang elektronik pada banyak kartu, misalnya BNI Tap Cash, Mandiri e-Money, serta Flazz BCA.

2. BNI Tap Cash Go

Aplikasi Cek Saldo e-Toll - 2

Perusahaan besar yang juga memiliki layanan beragam. Ya, Tap Cash BNI merupakan salah satu kartu uang elektronik yang bisa digunakan sebagai pembayaran toll elektronik.

Bagi para pengguna Tap Cash BNI, kamu hanya perlu meng-update saldo melalui apps pembayaran seperti ATM, SMS Banking, atau EDC. Begitupun ketika ingin mengecek saldo uang elektronik, cukup melalui aplikasi BNI Tap Cash Go, perjalanan kamu tidak akan mengkhawatirkan karena sudah mengantisipasi adanya saldo yang kurang saat digunakan nanti.

3. Mandiri E-Money Info

Aplikasi Cek Saldo e-Toll - 3

Layanan yang ditawarkan oleh Mandiri E-Money lumayan menarik, loh. Karena, kamu tidak hanya bisa mengecek saldo e-toll, melainkan juga bisa melakukan pengisian saldo. 

Begitupun ketika kamu sebagai new user, tidak perlu repot untuk melakukan aktivasi atau register terlebih dahulu. Cukup unduh aplikasinya, aktifkan fitur NFCnya, bukalah aplikasinya, dan tempelkan kartu-kartu tersebut untuk kamu cek isi saldonya. Mudah, bukan?

4. Mandiri Online

Aplikasi Mandiri Online

Mandiri user, harus mandiri juga dong, ya! Karena pengecekan saldo e-toll bisa juga dilakukan via e-money Mandiri. Caranya pun mudah, tinggal aktifkan fitur NFCnya, buka app Mandiri Online, pilih menu ¬e-money, dan lihat atau perbaharui saldo.

5. BRI Mobile

Aplikasi BRI Mobile

Menariknya bagi pengguna BRI Mobile adalah kamu bisa sekaligus memanfaatkan fitur Brizzi. Asalkan, smartphone kamu telah didukung oleh fitur NFC.

Nah, fitur Brizzi ini berguna untuk mengecek saldo toll atau menunjang segala aktivitas perbankan. Namun, pengisian saldo Brizzi hanya bisa dilakukan via BRI Mobile dan status saldo yang masuk masih berstatus deposit. Sehingga, kamu perlu melakukan aktivasi kembali via EDC.

6. BCA Mobile

Aplikasi BCA Mobile

Mirip dengan fitur yang ada di BRI Mobile, di BCA Mobile juga memiliki fitur dan fungsi sejenis. Bedanya adalah pada nama. Jika di BRI Mobile namanya Brizzi, di BCA Mobile namanya adalah Flazz.

7. Cards - Mobile Wallet

Aplikasi Cek Saldo e-Toll - Card Mobile Wallet

Card Mobile Wallet merupakan aplikasi buatan luar negeri. Jadi, jangan heran apabila ternyata ada beberapa fitur yang tidak berfungsi kamu gunakan.

Khusus untuk mengecek saldo toll elektronik, fitur ini masih mendukung di smartphone kamu kok. Cara mengeceknya juga mudah, tinggal tap kartu toll elektronik yang kamu punya  ke smartphone, kemudian tunggulah informasi saldo yang akan muncul di smartphone kamu.

Nah, kelebihan lain dari Cards Mobile Wallet yaitu kamu bisa mendapat infromasi diskon makan, informasi belanja, dan informasi lainnya. Beda memang ya, fiturnya lebih banyak.

8. Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak

Aplikasi Tokopedia - Shopee - Bukalapak

Menjadi bagian dari market place besar di Indonesia, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak melayani pengecekan sekaligus pengisian saldo e-toll.

Cara mengeceknya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi market place tersebut, buka aplikasinya, masuk ke menu tagihan e-money, cek saldo dengan menempelkan kartu uang elektronik Mandiri yang kamu punya, dan tunggulah hingga muncul informasi saldo di layar smartphone.

Jangan khawatir, ketika kamu mengisi saldo toll elektronik, berapapun nominalnya bisa kamu isi. Serta, berlaku bagi semua jenis kartu uang elektronik.

Cara Mengaktifkan NFC di Smartphone:

Menyinggung fitur NFC di atas, bagaimana cara mengaktifkan NFC pada smartphone? Baik, pembahasan ini akan dibagi menjadi dua cara, NFC via Android dan NFC via iPhone.

NFC Via Android

Pada dasarnya, semua Android keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur NFC. Namun, tidak ada salahnya kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Caranya: masuk ke pengaturan > pilih opsi “Connection” > pilih “NFC atau NFC and payment” > aktifkan dengan mengubah menu “Off” menjadi “On”. Buka aplikasi dan segera cek saldonya.

NFC Via iPhone

Sementara, khusus iPhone, fitur NFC ada mulai dari iPhone 6 dan seterusnya. Namun sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan khusus untuk Apple Pay.

Dengan kata lain, fitur NFC pada iPhone bisa berfungsi dengan spesifikasi khusus. Spesifikasi khusus tersebut dinamakan NDEF.

Berbeda dengan iPhone seri lama, iPhone seri terbaru yaitu dengan IOS 11, NFC tagsnya bisa berfungsi tanpa memerlukan aplikasi khusus yang bernama NDEF. Jadi, dengan menggunakan seri terbaru, bisa mendapat layanan yang lebih baik lagi.

Cara mengecek saldo e-toll via iPhone ini juga mudah. Tinggal kamu dekatkan kartu toll elektronik tersebut secara langsung ke perangkat iPhone. Maka, otomatis pengecekan saldo bisa dilakukan. Ingin mencobanya? Silakan saja.

Itulah bahasan yang bisa kami ulas tentang aplikasi cek saldo e-toll. Bahwa banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek sekaligus mengisi saldo e-toll. Pun pengisiannya tidak harus secara online, secara offline pun bisa dilakukan. Misalnya di alfamart terdekat.

Sebagai pengemudi yang baik, jangan sampai teledor ya karena kurang memperhatikan isian saldo e-money. Lebih baik mengceknya terlebih dahulu sebelum bepergian, daripada kehabisan di tengah jalan dan tidak memiliki aplikasi pendukung seperti ini, kan?

0 Response to "8 Aplikasi Cek Saldo E-Toll Via Smartphone, Praktis dan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel