Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Aplikasi Equalizer PC Terbaik untuk OS Windows

Untuk membuat efek suara yang bombastis, kamu akan membutuhkan aplikasi equalizer di PC kamu. Aplikasi equalizer PC berfungsi untuk mengelola audio guna menyeimbangkan komponen frekuensi dalam sebuah audio.

Dengan konfigurasi audio yang ada di sebuah equalizer maka tentunya akan mampu meningkatkan kualitas audio pada sebuah PC atau laptop. Bagi kamu yang suka mendengarkan musik harus mencoba karena suara musik yang bagus pasti jauh lebih nyaman untuk didengarkan.

Aplikasi Equalizer PC Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Audio

Sebenarnya ada banyak aplikasi equalizer di PC atau laptop yang bisa kamu gunakan. Bahkan kamu bisa mengunduhnya secara gratis dengan fitur yang bisa dibilang lebih dari cukup. Kamu bisa mengatur sendiri pada bagian settings dan sesuaikan dengan suara yang paling enak didengar menurut kalian. Berikut adalah beberapa aplikasi yang telah kami rangkum sebagai rekomendasi aplikasi equalizer PC terbaik, yuk simak ulasan seleangkapnya:

1. EarTrumpet

Aplikasi Equalizer PC - EarTrumpet

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengelola audio di PC Windows kamu adalah perangkat lunak EarTrumpet. Aplikasi ini membantu kamu untuk melakukan kontrol volume suara secara advanced.

Aplikasi  pendukung ini dapat membantu melakukan kontrol audio untuk audio klasik dan juga modern sehingga kamu bisa membuat audio sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Realtek HD Audio Manager

Aplikasi Realtek HD Audio Manager

Tidak disangka ternyata di dalam komputer kita terdapat aplikasi equalizer PC yang telah terinstal. Aplikasi tersebut bernama Realtek HD Audio Manager. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan sangat mudah dengan fitur yang cukup lengkap.

Kamu bisa membuka aplikasi ini dengan cara pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Realtek HD Audio Manager (Windows 8.1).

Beberapa fitur unggulan yang bisa kamu temukan di aplikasi ini di antaranya adalah memiliki tampilan yang mudah digunakan alias user friendly, menyediakan beragam mode menarik (pop, live, club, bass, rock, dan lain sebagainya), dan dapat memadukan audio stereo yang membuat suara menjadi lebih bagus.

3. Boom3D

Aplikasi Boom3D

Aplikasi lain yang kan kami rekomendasi adalah aplikasi Boom3D. Perangkat lunak ini tidak hanya bisa digunakan untuk laptop Windows kamu. Tapi tersedia juga versi  Boom3D untuk Apple.

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengalibrasi audio dengan mudah. Hanya menggunakan gerakan slide dengan jari, kamu bisa melakukan kalibrasi dengan mudah.

Bukan hanya itu, aplikasi boom 3D ini juga bisa digunakan untuk melakukan setting terhadap beberapa jenis musik. Jadi jika kamu punya genre musik favorit, aplikasi ini bisa membuat kamu lebih menikmati musik yang kamu dengarkan.

Baca Juga5 Aplikasi Kompres Video PC Online Terbaik

4. FXSound

Aplikasi FXSound

Pilihan aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kontrol pada audio di, PC kamu adalah aplikasi FXSound.

Aplikasi ini membantu kamu untuk mendapatkan audio yang lebih mantap saat mendengarkan musik, memutar film, mendengarkan podcast dan bahkan menonton konser di YouTube. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menghemat biaya untuk membeli headphone dengan harga yang mahal.

Aplikasi equalizer ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik. Selain itu kamu juga bisa volume suara yang lebih besar jika menggunakan perangkat lunak ini. Aplikasi audio terbaik ini juga bisa membantu meningkatkan sinyal audio yang kamu miliki.

5. EqualizerPro

Aplikasi EqualizerPro

Pilihan aplikasi equalizer PC lain yang bisa kamu gunakan di PC kamu adalah aplikasi EqualizerPro. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik untuk musik favorit kamu.

Selain membantu membuat kamu mendapatkan audio yang menarik, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengeset salah satu pilihan equalizer yang di berikan oleh aplikasi ini dan kamu bisa mendapatkan audio berkualitas dalam waktu singkat.

EqualizerPro menyediakan fitur untuk meningkatkan bass tone dari audio kamu tanpa perlu melakukan setting masing-masing. Dengan menggunakan aplikasi ini maka audience output bisa terdengar seperti keluar dari speaker mahal.

6. Equalizer RealTime

Aplikasi Equalizer RealTime

Dengan aplikasi ini kamu bisa menyesuaikan sound dengan mudah dan cepat dengan menggunakan 300 channel tersedia. Aplikasi ini mampu mengubah secara realtime pada sinyal audio dengan mengubah spektrum frekuensi selama pemutaran audio.

Jika kamu memiliki aplikasi Winamp terinstal di PC, maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebagai plugin untuk mengatur equalizer pada Winamp. Equalizer RealTime juga memiliki versi yang dapat terinstal terpisah dan menggunakannya sebagai equalizer untuk PC atau laptop.

Beberapa keunggulan yang didapatkan dari aplikasi ini adalah mampu menyesuaikan eragam format audio, memiliki tampilan yang menarik, amplifikasi yang kuat, mampu memaksimalkan efek stereo, dan lain sebagainya.

Baca Juga5 Aplikasi Perekam Layar Gratis Terbaik untuk PC

7. Bongiovi DPS

Aplikasi Bongiovi DPS

Selanjutnya aplikasi lain yang cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan audio yang sangat di PC kamu adalah Bongiovi DPS. Aplikasi ini sangat menarik karena bisa membantu audio musik, film dan juga games kamu menjadi lebih hidup.

Salah satu fitur utama dari aplikasi Bongiovi DPS ini adalah mengenai UI dari aplikasi yang lebih memudahkan, visualizer frekuensi dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Viper4Windows

Viper4Windows

Aplikasi equalizer untuk komputer atau laptop selanjutnya adalah Viper4Windows. Memiliki sifat open source menjadikan aplikasi 100% gratis dan tentunya mudah digunakan, meskipun sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi ini.

Viper4Windows kompatibel dengan beragam sistem operasi windows dari Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan 8.1, dan Windows 10.

Meskipun gratis, aplikasi ini memiliki cukup banyak fitur di antaranya adalah mampu meningkatkan kualitas audio pada nada rendah, memiliki beragam presets sound, mengatur tiga preset ke kustom preset yang bisa diatur sendiri, dan dapat mengatur gema hingga meredam audio. Bagaimana cukup lengkap kan?

9. Graphic Equalizer Studio

Aplikasi Graphic Equalizer Studio

Jika kamu memiliki cukup pengetahuan mengenai pemrosesan audio, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi bernama Graphic Equalizer Studio. Aplikasi memungkinan penggunanya untuk menjalankan hampir semua aplikasi audio Windows maupun software DVD Player.

Di aplikasi ini kamu dapat menemukan beragam fitur bermanfaat yang bisa diterapkan untuk menghasilkan audio yang jauh lebih bagus daripada tanpa equalizer apapun. Di antaranya adalah dapat mengkoreksi streaming audio, memiliki fitur kontrol ekstrim, pemrosesan format WAV yang kuat sehingga mampu menjadikan file audio tersebut lebih jernih dan jelas. Serta beberapa fitur menarik lainnya.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Graphic Equalizer Studio secara gratis dan menikmati fitur-fitur di dalamnya.

Jika kamu ingin mendapatkan audio yang berkesan, kamu bisa beli speaker dan juga ear phone yang mahal. Tapi jika kamu ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan perangkat lunak di atas untuk membantu kamu mendapatkan audio yang lebih mantap.

Aplikasi di atas bisa saja berbayar, akan tetapi aplikasi equalizer PC di atas tetap akan lebih murah jika dibandingkan kamu harus beli perangkat sound yang berkualitas. Itulah ulasan lengkap aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur equalizer pada perangkat komputer ataupun laptop. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "9 Aplikasi Equalizer PC Terbaik untuk OS Windows"