Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Akurat & Cepat di Android

Wajib bagi setiap muslim untuk melaksanakan ibadah sholat. Wajib pula bagi setiap muslim untuk mematuhi syarat sholat agar sholatnya sah. Salah satu syarat sah sholat adalah dengan menghadap arah kiblat, namun ada pengecualian bagi muslim yang sedang di atas kendaraan untuk perjalanan jauh.

Terlepas dari pengecualian tersebut, tidak sedikit orang yang masih merasa bingung saat berada di tempat yang belum pernah dikunjunginya untuk menentukan kiblat sholat. Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan 5 aplikasi penunjuk arah kiblat di bawah ini agar sholatmu tidak salah kiblat dan sah.

Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat yang Akurat di Android

Mudah saja sebenarnya di zaman sekarang untuk menentukan arah kiblat. Kamu bisa memanfaatkan HP untuk mengunduh satu dari beberapa rekomendasi aplikasi penunjuk arah kiblat yang kita ulas di bawah ini.

1. Qibla Compass – Prayer Times, Quran, Kalma, Adzan

Aplikasi penunjuk arah kiblat - 1

Qibla Compass adalah aplikasi gratis yang sudah ada sejak 2010 lalu. Aplikasi Qibla Compass dikembangkan oleh Binary Solutions dengan solusi utamanya untuk memudahkan kamu dalam menentukan arah kiblat, terlebih ketika di tempat asing yang belum pernah kamu jajaki.

Keunggulan lain dari aplikasi Qibla Compass adalah sebagai berikut. Terdapat fitur waktu sholat, Al Quran, adzan, kumpulan hadist, kumpulan Asmaul Husna, terbit dan terbenam matahari. Nah, kamu bisa manfaatkan fitur-fitur tersebut sesuai keinginan.

2. Qibla Finder

Aplikasi penunjuk arah kiblat - 2

Qibla Finder adalah aplikasi buatan Mobotech.Mobo yang berguna bagi umat muslim untuk menentukan arah kiblat secara otomatis dan akurat. Pasalnya, aplikasi Qibla Finder tidak hanya memberikan informasi arah kiblat sesuai yang ada di Mekkah secara otomatis.

Tetapi, juga memberikan informasi jarak antara Mekkah dengan lokasi kamu berada secara akurat. Lebih terpercaya bukan dengan tambahan fitur penghitung jarak seperti yang ada di aplikasi Qibla Finder ini?

Akurasi jarak yang ditawarkan juga didukung oleh teknologi yang digunakan. Yakni, teknologi augmented reality, yang menghubungkan dunia maya dan dunia nyata secara akurat.

3. Muslim Pro

Aplikasi penunjuk arah kiblat - 3

Muslim Pro adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Singapura dan pertama kali rilis pada Agustus 2010 di Apple Store. Muslim Pro hadir sebagai aplikasi penunjuk arah kiblat dengan beberapa fitur pendukungnya. Apa saja itu?

Pertama, Muslim Pro dilengkapi dengan Al Quran lengkap dengan tanda tajwidnya. Jadi jika kalian ingin belajar Al Quran dan belajar tajwid, bisa saja memanfaatkan aplikasi ini.

Kedua, Muslim Pro dilengkapi dengan fitur yang bisa membuatmu mendengar suara adzan di daerah sekitar. Ini bermanfaat sekali jika rumah kamu tidak menjangkau suara adzan dari masjid atau mushola terdekat. Jangan jadikan alasan untuk tidak sholat karena tidak mendengar adzan.

4. Salaam

Aplikasi penunjuk arah kiblat - 4

Salam adalah aplikasi yang hadir dengan inovasi terbaru diantara yang lainnya. Ya, selain sebagai aplikasi penunjuk arah sholat dengan memanfaatkan GPS, juga sebagai aplikasi untuk membaca Al Quran, untuk mengetahui panduan haji dan umroh, serta lainnya.

Khusus fitur Al Quran, bedanya Al Quran Salaam dengan lainnya ada di sertifikasinya. Al Quran Salaam menjadi Al Quran digital bersertifikat pertama di Indonesia. Serta, dilengkapi dengan tampilan teks arab per ayat, terjemahan, transliterasi, audio murottal dari Mishary Rashid Al-Afasy, dan pedoman tajwid berwarna.

Keunggulan lainnya ada pada fitur panduan haji dan umroh. Mulai dari tata cara haji dan umroh, tips haji dan umroh, doa haji dan umroh, serta informasi penting lainnya tersedia di aplikasi Salaam.

5. Aminin

Aplikasi penunjuk arah kiblat - 5

Aminin adalah aplikasi penunjuk arah kiblat buatan anak bangsa. Nah, aplikasi Aminin ini wajib mendapat acungan jempol dari pengguna setianya karena telah menghadirkan fitur menarik.

Yaitu, selain menjadi apps penunjuk kiblat secara akurat, juga menjadi apps digital pertama yang memberikan fitur pembelajaran Al Quran dan Hadis secara interaktif. Apakah kontennya terpercaya?

Ya, konten pembelajaran ini sesuai dengan sanad dan nash. Selain itu juga sudah dikurasi, disupervisi, bahkan direvisi langsung oleh ulama dan profesional di dalamnya, yakni yang telah bergabung di JQH (Jam’iyyatul Qurra’ wal-Huffazh).

Jadi, apakah aplikasi penunjuk arah kiblat secara akurat di atas bisa membantumu agar tidak bingung dalam menentukan kiblat sholat? Selain berguna untuk menunjukkan kiblat sebagai salah satu tanda sah sholat, aplikasi tersebut juga berguna untuk belajar agama.

Post a Comment for "5 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Akurat & Cepat di Android"