Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Aplikasi Edit Video Online Lebih Ringan & Mudah Digunakan

Video saat ini menjadi salah satu konten digital yang sangat digemari. Baik konten hiburan hingga marketing hampir semuanya menggunakan video untuk menarik minat netizen maupun konsumen. Salah satu pembuatan video tersebut bisa menggunakan aplikasi edit video online yang sekarang banyak bermunculan.

Beberapa keunggulan menggunakan video editor online adalah tidak perlu menginstal aplikasi, lebih mudah dipelajari dan digunakan, tidak perlu memiliki komputer berspesifikasi tinggi.

Cara mengaksesnya pun sangat mudah cukup buka browser dan ketikkan nama situsnya. Maka kamu bisa langsung menggunakannya tanpa unduh dan instal. Bagaimana mudah sekali, kan?

Aplikasi Edit Video Online

Sekarang banyak sekali pilihan untuk mengedit video. Kamu bisa menginstal di komputer, memuat menggunakan aplikasi Android atau iOS, dan secara online yakni berbasis website.

Disini kita akan membahas aplikasi video editor berbasis website. Selain jauh lebih simpel, editor berbasis web juga tidak kalah bagus hasilnya dengan aplikasi yang harus diinstal seperti Adobe Premiere.

1. Clideo

Aplikasi edit video online
clideo.com

Aplikasi edit video online bernama Clideo ini sangat sederhana. Fitur di Clideo meliputi memotong video, rotate video, kompres, dan lain sebagainya.

Saat mengedit kamu hanya bisa menggunakan tool tertentu saja. Dan saat ingin mengedit video di bagian lain, maka kamu harus menggunakan tool atau fitur lain. Misalnya memotong video memiliki tampilan halaman yang berbeda karena berbeda tool.

Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, Clideo mempunyai pemutar video sendiri. Jadi akan memudahkanmu saat mengedit video. Clideo juga memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia dan semakin bertambah setiap harinya.

2. Magisto

Aplikasi edit video online
www.magisto.com

Dalam dunia video editing online, Magisto dikenal memiliki fitur yang menarik dan cukup lengkap. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu aplikasi edit video online dengan hasil yang bagus.

Selain itu, situs edit video online ini memiliki list musik dan template video yang bisa digunakan. Beberapa template video tersebut misalnya: promosi, wedding organizer, dan lain-lain.

Banyak juga para pelaku UMKM menggunakan aplikasi video online ini. Mereka menggunakannya untuk mengenalkan dan menarik konsumen.

3. Video Toolbox

Aplikasi edit video online
videotoolbox.com

Mengedit video secara online dengan ukuran yang cukup besar mungkin beberapa situs tidak mendukung. Apalagi jika kamu menggunakan pada versi gratisnya.

Namun di Video Toolbox kamu bisa mengedit file berukuran hingga 1500 MB. Beberapa fitur edit video, yakni: memotong video, menambahkan watermark sendiri, crop video, menggabungkan beberapa video. Bahkan kamu bisa menambahkan subtitle ke dalam video disini.

Selain itu, setelah proses editing video, kamu bisa menyimpannya ke beragam format seperti AMV, MP4, AVI, FLV, dan lain sebagainya.

4. Loopster

Aplikasi edit video online
www.loopster.com

Sound effect yang beragam menjadikan Loopster bisa kamu jadikan solusi untuk hal suara background dalam mengedit video. Aplikasi edit video online ini cukup populer dan mudah digunakan.

Loopster sangat ramah untuk pemula yang ingin memulai mengedit secara online video mereka. Namun kalangn profesional juga menggunakan situs edt video ini karena hasilnya yang bagus.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti halnya kebanyakan video editing online lainnya. Kamu juga bisa menambahkan transisi, teks, dan gambar saat mengedit di Loopster.

5. Wideo

Aplikasi edit video online
wideo.co

Mencari aplikasi untuk mengedit video secara online memang hal yang mudah. Namun kamu perlu melirik Wideo jika kamu ingin membuat video presentasi atau video marketing.

Mengapa demikian? Karena aplikasi online Wideo memilki fitur dan dukungan yang cukup lengkap untuk membuat video semacam promosi barang atau jasa.

Untuk kamu yang memiliki bisnis bisa mencoba membuat videonya disini. Perlu diketahui, sudah banyak lho yang memakai Wideo untuk konten promosi para pelaku bisnis online.

6. Kizoa

Aplikasi edit video online
www.kizoa.com

Kizoa merupakan aplikasi edit video yang dikenal luas karena fitur transisinya yang beragam. Hal ini tentu akan membuat video hasil editanmu menjadi lebih keren dan profesional.

Kamu bisa mengatur transisi dari ukuran, durasi, posisi, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan animasi ke video yang sedang diedit.

Aplikasi edit video online ini memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan aplikasi yang menjadi rivalnya. Kamu bisa menemukan fitur seperti menambahkan musik teks, membuat video dengan foto, mengubah rasio video, dan lain sebagainya.

7. WeVideo

Aplikasi edit video online
www.wevideo.com

WeVideo sudah cukup populer dalam perihal pengeditan video. Baik pengguna amatir hingga profesional menggunakan aplikasi editing video online ini.

Untuk mengedit di aplikasi ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih video, musik, dan gambar yang ingin diedit. Selesai mengedit, kamu bisa menyimpannya di server WeVideo dengan kapasitas 1 GB.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir harus upload dulu ketika akan mengedit kembali video. Fitur sharing juga memudahkan pengguna ketika akan membagikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

8. Powtoon

Aplikasi edit video online
www.powtoon.com

Sering membuat video presentasi? Kamu bisa mencoba Powtoon. Powtoon memiliki beragam template video presentasi dan animasi penjelasan yang lengkap dan menarik. Fitur drag and drop akan memudahkanmu saat mengedit video disini.

Fungsi utama aplikasi edit video ini adalah untuk membuat video-video penjelasan. Misalnya membuat explainer video, video promosi atau pemasaran, video infografis, dan presentasi.

Salah satu kelebihan Powtoon adalah mampu menghasilkan video berkualitas dan menarik. Hal ini sangat berpengaruh manakala video bertujuan untuk melakukan promosi atau merketing.

9. Wave

Aplikasi edit video online
wave.video

Sama seperti sebelumnya, Wave Video sangat cocok untuk video dengan konten marketing. Aplikasi ini memiliki banyak template gratis yang bebas digunakan.

Wave juga memiliki fitur untuk mengedit seperti memotong video, menambahkan teks, meningkatkan kecerahan video, dan lain sebagainya.

Beberapa keunggulan yang bisa kamu nikmati di aplikasi Wave adalah dapat membagikan langsung ke banyak media sosial. Selain itu, terdapat banyak stok gambar dan video.

10. Keepvid

Aplikasi edit video online
keepvid.com

Keepvid merupakan aplikasi edit video online yang mudah digunakan. Kamu tidak perlu belajar dengan waktu yang lama untuk memahami fitur yang disediakan di aplikasi ini.

Beberapa fitur utama yang dapat kamu temukan adalah flip, trim, convert, hingga adjust. Selain itu, terdapat juga fitur kompres video untuk menjadikan ukurannya lebih kecil tanpa mengurangi kualitas.

Untuk memulai menggunakannya, kamu bisa berkunjung ke situs resminya di Keepvid.com.

11. Kapwing

Aplikasi edit video online
www.kapwing.com

Lengkap dan mudah digunakan. Itulah bahasan singkat untuk Kapwing. Aplikasi edit video online ini memiliki beragam fitur yang akan membantumu menyelesaikan berbagai editing secara online.

Selain edit video, Kapwing menyediakan fasilitas lain, seperti: video trimmer, video resizer, subtitle, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu juga bisa menggabungkan audio dan video online disini.

Kamu juga bisa mengedit tanpa perlu login terlebih dahulu. Namun akan ada watermark di dalam videonya. Untuk menghilangnya, kamu harus login dahulu. Buat akun jika kamu belum memiliki akun di Kapwing.

12. Animaker

Animaker
www.animaker.com

Sudah bisa ditebak aplikasi yang satu ini. Animaker secara khusus digunakan untuk membuat video animasi. Kamu juga dapat membuat video infografis atau video penjelasan di Animaker.

Di dalam Animaker terdapat banyak koleksi karakter, gambar, dan lain sebagainya yang bisa dianimasikan. Pengguna bisa mengatur posisi, arah, dan gerakan untuk setiap komponen di dalam video. Misalnya mengatur gerakan karakter saat melambaikan tangan atau saat berjalan.

Animaker bisa kamu gunakan secara gratis dengan batasan durasi 2 menit. Fitur gratis ini juga tidak dapat membuat video animasi berkualitas HD.

13. Animoto

Animoto
animoto.com

Mencari aplikasi pengedit video online untuk pemula? Kamu bisa mencoba Animoto. Di Animoto kamu bisa membuat beragam video dari video sederhana hingga video promosi untuk bisnis.

Animoto memiliki puluhan template storyboard yang akan membantumu membuat video. Aplikasi ini juga memiliki tools untuk menambahkan teks, gambar, musik, warna hingga stok foto milik Animoto yang keren-keren.

Selain itu, pembuatan slideshow video sangat mudah dilakukan disini. Bahkan sebagai pengguna Animoto bisa menambahkan watermark ke dalam video.

14. Invideo

Invideo.io
invideo.io

Invideo.io merupakan salah satu aplikasi edit video online gratis dengan banyak keunggulan. Bahkan kamu bisa membuat video dengan durasi 15 menit resolusi 720p, gratis tanpa watermark!

Banyak juga bahan video yang bisa kamu gunakan seperti tersedianya 4000+ template, 3 juta lebih media, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, pengguna bisa membuat video dan mengekspor sampai 60 kali dalam sebulan. Terdapat juga fitur Cloud Storage sebesar 1 GB untuk pengguna gratis.

15. YouTube Creator Tools

Aplikasi YouTube Creator
www.youtube.com/creators

Bagi seorang YouTuber, YouTube Creator Tools tentu sudah tidak asing di telinga. Bahkan mungkin setiap hari membuka aplikasi bawaan YouTube ini.

Di YouTube Creator Tools kamu bisa menggunakan fitur seperti Capture, Editor, Caption, dan Video Slide Show. Bahkan Audio library bisa kamu temukan disini dan kamu bebas menggunakannya.

Untuk kalian YouTuber yang masih belum menemukan background musik bisa memanfaatkan Audio Library ini. Selain lengkap dan terus diperbarui, Audio Library juga bebas hak cipta. Tentu ini aman jika channel-mu ingin dimonetisasi.

Itulah beragam pilihan untuk website atau aplikasi edit video online yang bisa kamu gunakan. Sekarang tidak perlu bingung untuk mengedit video, bahkan dengan spek komputer yang rendah. Sebab, kamu bisa mengakalinya salah satunya dengan menggunakan aplikasi diatas.

Dari pilihan yang diberikan sebagian gratis dan bisa kamu coba fitur-fiturnya terlebih dahulu. Untuk menikmati fitur yang lengkap kamu bisa upgrade plan dari salah satu aplikasi diatas. Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam pembuatan video ya. Selamat moncoba!

Post a Comment for "15 Aplikasi Edit Video Online Lebih Ringan & Mudah Digunakan"