Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Aplikasi Kompres Foto PC Terbaik Tanpa Menurunkan Kualitas

Memori laptop hampir penuh? Atau ingin mengirim foto untuk melamar pekerjaan? Tetapi foto semuanya berukuran besar. Tenang saja, cukup gunakan aplikasi kompres untuk PC atau laptop.

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa kamu coba pakai. Rekomendasi terbaik akan kami ulas di artikel ini. Tidak hanya menjadikan foto berukuran kecil aplikasi berikut ini juga mampu mempertahankan kualitas gambar.

Aplikasi Kompres Foto PC dan Laptop

Berikut adalah daftar aplikasi untuk mengompres foto melalui komputer. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang menurut kamu paling layak digunakan.

1. FileMinimizer Pictures

aplikasi kompres foto pc - 1
Aplikasi kompres foto PC yang pertama adalah FileMinimizer Pictures. Kompres foto dan gambar terbaik ini diklaim mampu mengecilkan foto hingga 98%.

Terdapat 4 mode yang bisa digunakan: Web, Standard, Low dan Custom. Kamu bisa drag and drop terlebih dahulu foto yang akan dikompres.

Selain itu, mengkompres sekaligus juga dapat kamu lakukan disini. Integrasi dengan Facebook memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto langsung dari aplikasi ini.

2. RIOT (Radical Image Optimation Tool)

aplikasi kompres foto pc - 2

RIOT merupakan aplikasi kompres foto PC yang memudahkanmu mendapatkan foto berukuran kecil dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dari aslinya. Aplikasi ini mudah dipakai meski oleh pemula sekalipun.

Mendukung berbagai format gambar untuk dikompres. Serta menyimpannya ke format yang berbeda seperti JPG, PNG, & GIF.

Ada fitur menarik di aplikasi ini. Kamu bisa membandingkan hasil kompresi sebelum dan sesudahnya. Jadi, kamu akan melihat perbedaannya. Menarik sekali, kan?

3. VarieDrop

aplikasi kompres foto pc - 3
Sangat simpel, portable, dan mudah digunakan. Terdapat juga pilihan centang 'Always' yang akan membuat aplikasi seleu berada diatas aplikasi lain yang aktif.

Fitur ini sangat memudahkan pengguna karena bisa drag and drop foto dengan cepat.

Selain itu, tampilan utama aplikasi VarieDrop memiliki 4 area berbeda. Dimana masing-masing bisa diatur sesuai dengan keinginan. Untuk menetapkan kualitas JPG dan resampling, klik saja di tiap area yang diinginkan.

4. ImBatch

aplikasi kompres foto pc - 4
Ingin memproses banyak gambar sekaligus? Kamu bisa coba memakai ImBatch. Selain banyak, task lain saat proses kompresi juga bisa dilakukan.

Misalnya, kamu ingin menambahkan efek bingkai pada foto-foto yang dikompres. Maka kamu bisa mengaturnya di ImBatch. Untuk memudahkan kompres foto di masa mendatang, jangan lupa simpan settingnya.

Aplikasi kompres foto PC ini juga memiliki versi portable-nya. Kamu dapat memilih versi ini saat menjalankan installernya.

5. CaesiumPH

aplikasi kompres foto pc - 5
Selanjutnya, ada CaesiumPH. Aplikasi ini mampu mengkompresi foto tanpa mengurangi kualitas asli foto.

Sebelum menggunakan CaesiumPH, jangan lupa untuk mengatur terlebih dahulu custom suffix di bagian setting.

Hal ini untuk menghindari tergantinya file foto asli dengan gambar hasil kompresan. Tentunya tidak mau kan, gambar HD-nya malah terhapus?

6. Caesium Image Compressor

aplikasi kompres foto pc - 6
Menggunakan aplikasi kompres foto PC tanpa perlu instal apapun merupakan sebuah kelebihan. Karena tidak akan membebani komputer.

Caesium Image Compressor punya versi portable. Ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil.

Selain itu, kamu bisa memproses banyak foto secara bersamaan. Terdapat fitur preview, dimana kamu dapat memeriksa terlebih dahulu sebelum gambar dikompres.

Jangan lupa pilih 'Input' di dalam menu format. Hal ini untuk mengatur agar format gambar tidak berubah. Beberapa format yang support aplikasiini adalah JPG, BMP, dan PNG.

7. JPEGmini

aplikasi kompres foto pc - 7
JPEG merupakan salah satu aplikasi kompres gambar untuk PC hingga 80%. Sangat cocok untuk berbagai keperluan, seperti: unggah ke website, blog, lamaran kerja, dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan algoritma kompresi foto terbaru. Tentu hasilnya tidak akan mengurangi kualitas gambar, sehingga akan tampak seperti aslinya.

Namun aplikasi ini untuk versi gratis hanya menyediakan trialnya saja. Setelah trial habis, kamu harus pindah ke premium.

8. PNGGauntlet

aplikasi kompres foto pc - 8
Sesuai namanya, aplikasi ini lebih dikhususkan untuk PNG. Tapi bukan berarti gambar format selainnya tidak dapa diproses.

PNGGauntlet hanya memberikan output PNG saja. Namun untuk inputnya bisa menggunakan beragam format gambar. Contohnya: JPEG, JPG, GIF, TIFF, dan BMP.

Aplikasi ini juga sangat mudah dipakai karena tampilannya yang simpel. Pastikan kamu sudah berada di Microsoft Framework 4.0 untuk menggunakanya. Jika belum, dapat mengunduhnya secara gratis dari situs resminya.

9. Kraken.io

aplikasi kompres foto pc - 9
Tidak mau repot instal apapun? Dengan Kraken.io kamu cukup membuka browser di PC saja. Yup, kamu bisa mengkompres foto di PC secara online.

Berbagai format telah didukung di situs ini. Misalnya PNG, JPG, GIF, JPEG, dan masih banyak lagi. Untuk hasilnya tak perlu diragukan, Kraken.io mampu melakukannya dengan sangat baik.

Terdapat dua pilihan kompresi, yakni: lossless dan lossy. Lossless akan tetap mempertahankan pixel. Sedangkan Lossy mengurangi pixel dan format foto juga dapat berubah.

10. FastStone Image Viewer

faststone image viewer
Dilihat dari namanya sekilas hanya berupa penampil foto saja. Namun ternyata juga dapat digunakan untuk kompres foto.

Fitur ini bisa dibuka melalui batch conversion. Caranya yakni dengan menekan F3 pada keyboard. Atau pilih menu Tools, lalu pilih Batch Converted Selected Image.

Ada cukup banyak format yang didukung untuk aplikasi ini. Diantaranya adalah JPG, PNG, dan GIF.

11. Voralent Antelope

voralent antelope
Seperti Kraken.io, Antelope juga menyediakan pilihan kompresi lossless dan lossy. Terdapat juga opsi untuk menghapus metadata foto.

Metadata ini bisa berupa lokasi dimana foto diambil, koordinat, tanggal ambil foto, hingga kamera yang digunakan untuk mengambil gambar.

Untuk menggunakan Antelope, cukup drag dan drop foto ke jendela aplikasi. Kamu bisa memasukkan banyak foto sekaligus untuk mempercepat kompresi foto di PC.

12. Paint

paint
Siapa sangka aplikasi bawaan Windows ini bisa kamu gunakan sebagai aplikasi kompres foto PC. Disini kamu bisa mengedit, mengkompres, dan lain sebagainya.

Caranya pun sangat gampang, buka foto yang ingin dikompres, lalu pilih Resize. Kamu bisa menggunakan opsi kompres foto berdasarkan Persentase dan Pixel. Terakhir klik Save.

Oh iya, jika kamu tidak ingin foto aslinya tergantikan dengan foto hasil kompresi. Maka jika ingin menyimpan foto bisa gunakan Save As, bukan Save.

Itulah 12 aplikasi kompres foto PC yang dapat kamu pakai. Dengan mengompres foto tentu ukuran foto akan jauh lebih kecil namun masih mempertahankan kualitasnya. Selamat mencoba!

Post a Comment for "12 Aplikasi Kompres Foto PC Terbaik Tanpa Menurunkan Kualitas"