Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Pembuat Flowchart Online Terbaik Simpel & Cepat

Saat mengerjakan tugas, membuat alur program untuk skripsi, atau bekerja di perusahaan untuk membuat alur sistem tentu dibutuhkan flowchart sebagai gambaran rinci bagaimana proses berjalan. Salah satunya kamu bisa menggunakan aplikasi pembuat flowchart online. Selain lebih ringan, pengerjaannya bisa jauh lebih mudah dan cepat.

Karena online, tentu juga memiliki perbedaan jika dibanding dengan offline seperti Ms Visio. Namun aplikasi online tersebut, sudah cukup untuk membuat pekerjaanmu terselesaikan.

Aplikasi Pembuat Flowchart Online

Di artikel ini kami merekomendasikan beberapa aplikasi untuk membuat flowchart secara online dengan kualitas terbaik dan dapat diandalkan. Agar kamu bisa memilih salah satu aplikasinya, berikut ulasan lengkapnya:

1. Zen Flowchart

aplikasi pembuat flowchart online - zen flowchart

www.zenflowchart.com - Aplikasi pembuat flowchart online pertama adalah Zen Flowchart. Aplikasi online ini sangat mudah digunakan baik untuk pemula dan expert.

Interface yang simpel dan mudah membuat kamu tidak perlu belajar dengan waktu yang lama. Selain itu, halaman untuk membuat flowchart juga luas, bersih, dan cukup dengan drag and drop dan 'klik-klik' saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pembuatan bagan alur atau flowchart akan jauh lebih cepat. Kamu pun bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur lengkap. Zen Flowchart juga menyediakan untuk kebutuhan profesional dengan harga USD 5,9 per bulan.

2. GitMind

aplikasi pembuat flowchart online - gitmind
gitmind.com - GitMind merupakan situs gratis untuk membuat flowchart, struktur organisasi, diagram UML, dan chart lainnya. Di GitMind, kamu bisa memanfaatkan template untuk memudahkan pembuatan bagan alur.

Dengan tampilan yang bersih, membuat GitMind cepat untuk dipelajari dan dipahami. Untuk menggunakan aplikasi sangatlah mudah. Fitur drag and drop tersedia, sehingga mudah dan dapat mempercepat pekerjaan untuk diselesaikan.

Kamu juga bisa share ke tim untuk melihat flowchart yang dibuat. Jangan lupa untuk mengatur password agar flowchart tidak bisa diubah selain kamu.

3. Lucidchart

aplikasi pembuat flowchart online - lucidchart
www.lucidchart.com - Lucidchart merupakan aplikasi pembuat flowchart online yang sangat populer. Tidak hanya menawarkan tool pembuat flowchart, Lucidchart juga memiliki banyak fitur lainnya.

Bahkan banyak perusahaan mengambil tool ini untuk membuat bagan alur untuk sebuah proses. Misalnya: membuat alur proses kegiatan bisnis, membuat alur peta data, dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak fitur, aplikasi online ini tetap menyediakan versi gratis di samping versi premium (Individual, Team, & Enterprise).

4. Creately

aplikasi pembuat flowchart online - creately
creately.com - Aplikasi untuk membuat flowchart online ini memiliki beragam kegunaan lainnya. Selain membuat flowchart, di Creately kamu bisa membuat beragam diagram bahkan hingga map atau peta.

Karena aplikasi ini online, kamu bisa mengakses dengan browser di laptop ataupun smartphone. Tentunya ini sangat memudahkan karena tidak perlu membawa laptop.

Terdapat juga fitur template, dengan fitur tersebut kamu bisa mencoba untuk mengedit flowchart. Untuk di Creately ini memiliki beberapa paket gratis dan berbayar.

Berikut rinciannya: Free ($0), Personal ($3,25), Team($2,75/user) dan Enterprise ($15/user). Jika kamu membutuhkannya untuk hal komersil, maka berbayar pun tidak akan masalah.

5. Visme

aplikasi pembuat flowchart online - visme
www.visme.co - Visme sebenarnya merupakan aplikasi serbaguna. Sebab, banyak tool lain yang sangat dibutuhkan disamping membuat flowchart online.

Di Visme, kamu juga bisa membuat peta jalan yang di dalamnya terdapat keterangan seperti provinsi atau wilayah, dan sejenisnya. Bahkan map setelah jadi dapat berupa peta interaktif.

Selain itu, terdapat juga template untuk presentasi. Ini tentu akan kamu butuhkan, apalagi jika diperintah untuk menjelaskan flowchart yang kamu telah buat.

6. Smartdraw

aplikasi pembuat flowchart online - smartdraw
www.smartdraw.com - Aplikasi Smartdraw ini bisa dibilang mirip sekali dengan tampilan Microsoft Visio. Dengan demikian, Smartdraw menjadi aplikasi membuat flowchart online paling powerful.

Meskipun begitu, Smartdraw tetap lebih mudah digunakan dibanding dengan Ms. Visio. Ditambah fitur-fitur pendukung yang siap digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Kamu bisa mencobanya secara gratis sebagai akun trial. Setelahnya, kamu bisa membeli dengan lisensi single user atau multiple user. Hal itu tergantung dari kebutuhan masing-masing apakah untuk komersil atau untuk menyelesaikan tugas dari dosen/guru.

7. Draw.io

aplikasi pembuat flowchart online - drawio
app.diagrams.net - Aplikasi pembuat flowchart online gratis ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kalian yang tidak ingin menggunakan aplikasi berbayar. Yups, aplikasi ini gratis 100%.

Pertama jika ingin membuat flowchart atau diagram, pilih tempat penyimpanan terlebih dahulu. Pilihan diantaranya adalah Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan GitHub.

Selanjutnya kamu bisa membuat bagan alur dari nol atau menggunakan template. Jika kamu menemukan template mirip dengan flowchart yang akan dibuat, maka kamu bisa pakai agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat.

8. Google Drawings

aplikasi pembuat flowchart online - google drawings
docs.google.com/drawings - Alternatif terakhir, kami rekomendasikan yang full gratis. Kalian semua pasti memiliki akun Google. Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tool Google yang satu ini.

Di Google Drawings, kamu bisa memasukkan bentuk umum yang paling banyak digunakan dalam flowchart. Misalnya seperti persegi panjang, panah, jajar genjang, dan lain sebagainya.

Karena Google Drawings juga bagian dari Google Drive, maka kamu bisa membagikan hasil flowchart ke rekan-rekanmu. Caranya sangat mudah cukup berikan akses ke mereka.

Itulah aplikasi pembuat flowchart online terbaik yang dapat kamu coba. Dengan menggunakan aplikasi diatas kamu akan dimudahkan saat membuat flowchart. Bahkan jauh lebih simpel jika dibandingkan dengan Microsot Visio. Selamat mencoba!

Post a Comment for "8 Aplikasi Pembuat Flowchart Online Terbaik Simpel & Cepat"