Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara di PC/Laptop

Ada banyak keperluan mengapa kita harus memakai aplikasi pengubah teks menjadi suara untuk PC. Beberapa diantaranya mungkin untuk membantu mereka yang memiliki kesulitan membaca, membuat narator dalam video, tidak bisa bernarasi seperti native speaker, atau karena hanya malas membaca.

Tenang, ada cukup banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan. Ada versi gratis dan berbayar. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apakah sekedar untuk membacakan teks, konten digital di YouTube, atau untuk urusan bisnis.

Yuk, ketahui pilihan mana yang cocok untukmu, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara di PC/Laptop

1. iSpeech

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 1
Aplikasi pengubah teks menjadi suara yang pertama adalah iSpeech. API iSpeech mampu mengubah tulisan dan menjadikannya suara berkualitas tinggi seperti diucapkan manusia.

Banyak format yang mendukung, misalnya mp3, wma, mp4, dan wav. Tidak hanya bahasa Inggris saja, iSpeech juga menyediakan bahasa lain. Misalnya: Mandarin, Jepang, Korea, Spanyol, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan tersedia juga aksen berbeda.

Kamu bisa memilih aksen Amerika, Inggris, atau Australia. Untuk aplikasi ini berbayar, namun kamu bisa mencobanya secara gratis untuk mengetahui bagaimana suara yang dihasilkan.

2. Synthesys

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 2
Biasanya aplikasi pengubah teks menjadi suara memakai robot speaker. Tetapi Synthesis sangat berbeda dan terdengar seperti manusia berbicara. Sebenarnya karena memang mereka benar-benar menggunakan suara manusia.

Banyak yang menggunakan aplikasi ini kemudian merasa puas. Banyak konten kreator yang menggunakannya. Bahkan dapat disandingkan dengan jasa voice actor yang dapat kamu temukan di situs freelancer seperti Fiverr.

Jika kamu ingin membuat voice over untuk bisnis, kamu bisa menggunakan Commercial License. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni USD 67.

3. Zabaware

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 3
Zabaware menawarkan versi free untuk suara yang biasa saja. Dan versi berbayar dengan beragam fitur yang ada.

Aplikasi ini mampu membaca teks yang telah dicopy ke clipboard. Sehingga akan lebih cepat ketika menggunakannya untuk pekerjaan. Namun sayangnya dari segi tampilan aplikasi ini tidak begitu menarik.

Zabaware memiliki beberapa jenis suara yang bisa digunakan. Bagi yang memiliki produktivitas tinggi, mungkin jumlah suara yang disediakan akan terasa kurang.

4. WordTalk

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 4
Ingin yang gratis? WordTalk salah satunya. Yang sering melakukan pekerjaan dengan Ms. Word, Aplikasi ini juga sangat cocok untukmu.

WordTalk berupa Add-on yang dapat kamu tambahkan ke Word. Setelah di-Add-on kamu akan menemukannya di Toolbar. WordTalk akan membacakan setiap tulisan yang dibuka.

Semua versi Microsoft Word mendukung Add-on ini. Penggunaannya sangat gampang serta mendukung SAPI 4 dan SAPI 5. Dengan tampilan yang agak jadul, WordTalk tetap mampu menjalankan fungsinya tanpa kendala.

5. Read The Words

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 5
Aplikasi pengubah teks jadi suara gratis lainnya adalah Read The Words. Aplikasi ini mendukung tiga bahasa, yakni Inggris, Perancis, dan Spanyol. Untuk versi bahasa Inggris, kamu bisa pakai aksen Amerika ataupun Inggris.

Read The Words mampu membuat file audio dengan durasi 30 detik. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus register terlebih dahulu.

Oh iya, jika durasi sepanjang 30 detik dirasa kurang. Kamu bisa memotong panjang teks atau upgrade membership untuk mendapatkan layanan yang kauh lebih bagus.

6. Panopreter

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 6
Panopreter dapat menjadi pilihan lain jika kamu ingin aplikasi gratis untuk mengubah teks menjadi suara. Sebenarnya, aplikasi ini memiliki dua versi gratis dan berbayar.

Untuk versi free-nya, kamu bisa menggunakan yang freeware. Disini kamu sudah mendapatkan suara yang lebih natural. Pengubah teks ke suara dengan format MP3 dan WAV. Selain itu, kontrol audio berupa kecepatan dan volume juga sudah tersedia.

Sedangkan untuk versi berbayarnya, kamu dapat mengatur sample dan bit rate. Fitur integrasi agar dapat membaca tulisan di halaman website maupun Ms Word.

7. Capti Voice

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 7
Capti Voice memberikan banyak kemudahan untuk hal pendidikan khususnya dalam hal penyampaian materi ajar. Tidak heran aplikasi ini mendapat banyak pengguna dari kalangan pengajar.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa misalnya spelling dan reading. Dengan suara text to speech yang bagus dan dapat dikostumisasi  membuat guru mudah untuk menggunakannya.

Selain itu, karena bisa dibuka melalui browser, Capti Voice bisa diakses dari mana saja. Juga dapat pindah PC dan dapat tersinkronisasi dengan device lain.

8. Natural Reader

aplikasi natural reader
Natural Reader memiliki versi untuk Windows dan Mac. Tidak hanya berbayar, Natural Reader juga menyediakan versi gratis. Aplikasi ini menyediakan beragam suara untuk suara laki-laki dan perempuan.

Fitur utama yang bisa kamu nikmati adalah mengubah teks yang ada pada web browser, Ms Word, PDF, dan lain sebagainya menjadi suara. Cukup blok atau seleksi teks, maka Miniboard dari Natural Reader otomatis akan membacakannya untukmu.

Misalnya pada PDF terdapat teks header dan footer, kamu bisa mengaturnya agar tidak terbaca. Jadi, tidak akan rancu pada suara yang dikeluarkan.

9. Balabolka

aplikasi balabolka
Tidak perlu membayar untuk menikmati aplikasi pengubah teks menjadi suara. Nah, pilih saja aplikasi bernama Balabolka. Aplikasi yang berjalan di Windows ini mempunyai interface yang mudah digunakan.

Salah satu fitur menarik di Balabolka adalah impor file berbagai format untuk dijadikan file audio. Format audio yang mendukung diantaranya adalah MP3, WAV, dan MP4.

Selain itu, kontrol audio, volume, dan pelafalan juga tersedia dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna.

10. Ivona

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 10
Ivona mendukung cukup banyak bahasa di dalamnya. Diantaranya adalah bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Portugal, Rusia, dan masih banyak lagi.

Dari masing-masing bahasa tersebut juga memiliki banyak voice artis. Kamu bisa memilih salah satu suara orang yang paling disukai.

Kinerja yang maksimum, suara yang optimal untuk tiap platform, dan dukungan penyedia bisa kamu dapatkan di Ivona. Tak hanya itu, terdapat juga cloud service untuk perekaman.

11. Acapela Group Virtual Speaker

aplikasi acapela group virtual speaker
Aplikasi pengubah teks jadi suara lainnya adalah Acapela Group Virtual Speaker. Acapela mendukung cukup banyak bahasa. Terdapat sekitar 30 bahasa dengan audio berkualitas tinggi.

Fitur pengatur audio seperti speaking rate, intonasi suara, dan audio quality juga tersedia di Acapela. Bahkan Acapela menyediakan suara berdasarkan keadaan jiwa (emosi) misalnya sedih dan senang.

Selain itu, format output pun beragam mulai frekuensi 8 kHz - 44 kHz, PCM, vox, hingga MP3. Tampilan Acapela cukup powerful dengan fitur seperti tombol, menu, kolom pencarian, dan sebagainya yang mudah digunakan dengan fungsionalitas memadai. 

12. Amazon Polly

aplikasi pengubah teks menjadi suara - 12
Di Amazon Polly memungkinkan kamu mengatur sendiri hasil output audio. Misalnya kecepatan ucapan, pelafalan, volume, dan intonasi baca.

Amazon Polly juga memiliki suara yang lebih alami atau biasa disebut disini sebagai neural. Meskipun dihasilkan dari mesin, dengan teknologi yang telah diterapkan akan membuat suara ini jauh lebih baik.

Fitur ini berbayar, biaya disesuaikan dengan jumlah karakter yang ada. Tapi jika ingin gratis kamu bisa mencoba Free Tier selama setahun. Sebelum memakai fitur ini kamu wajib daftar AWS atau Amazon Web Services.

Itulah daftar aplikasi pengubah teks menjadi audio di PC/laptop terbaik. Beberapa dapat kamu pakai secara gratis dengan keterbatasan yang ada. Terkadang hasilnya juga masih 'robot banget'.

Namun sebagian juga berbayar dengan kelebihan-kelebihan yang dtawarkan. Dan ada penyedia yang memang menggunakan suara manusia sungguhan dengan hasil yang sangat natural.

Meskipun relatif mahal, jika memang menggunakan aplikasi tersebut untuk bisnis, maka sangat sebanding dengan apa yang kamu keluarkan untuk membeli aplikasi premium tersebut.

Dari daftar diatas, mana nih yang ingin kamu gunakan?

Post a Comment for "12 Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara di PC/Laptop"