Iklan Uptitle

6 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Terbukti Work 100%

Cara hemat kuota internet di Android - Sudah barang tentu, ketika kamu menetapkan untuk memakai smartphone android, maka bersiap-siaplah jika kamu pasti akan kekurangan kuota paket untuk mengakses internet.

Ini dikarenakan oleh adanya sejumlah fitur tertentu yang memakai kuota data yang tetap jalan meskipun sedang tidak dipakai ataupun lebih dikenali program atau aplikasi itu berjalan pada "background".

Maka kita harus pintar dalam memanage kuota internet kita dengan mengetahui cara menghemat kuota yang kita punya. Hal ini diterapkan supaya kamu tidak cepat menghabiskan kuota yang ada dan tentunya agar uang tidak terbuang sia-sia untuk hal yang tidak begitu penting.

Di artikel ini kami ingin sharing mengenai tips dan trik cara menghemat kuota paket data di ponsel android-mu. Supaya kita lebih arif saat menggunakan paket kouta data yang kita punya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan uang hasil menghemat untuk kebutuhan lainnya. Atau bahkan untuk pembelian kuota internet bulan depan jika kamu membelinya sebulan sekali.

Cara Menghemat Kuota Paket Internet di Ponsel Android, Terbukti Mengurangi Konsumsi Paket Data

Inilah saran dari kami, mudah-mudahan berguna buat kalian semuanya:

1. Nonaktifkan Fitur "Programmed Download"

Sebagian aplikasi yang terinstal di ponsel Android akan langsung mengunduh konten tertentu secara otomatis tanpa kamu sadari, misalnya gambar di WhatsApp yang telah diatur akan download gambar ketika kamu chatting dengan temanmu. Yang paling tidak kamu inginkan adalah gambar dari group WA yang mungkin tidak akan kamu lihat.

Sebab, tidak mungkin seluruhnya itu ingin kamu bukaatau memiliki manfaat buat kamu, apalagi jika anda bergabung dalam group yang berisi orang-orang yang tidak kamu kenal.

Maka dari itu, harus kamu atur agar gambar tersebut tidak terunduh secara otomatis, dan hanya gambar-gambar tertentu saja yang ingin kamu lihat.

Cara menonaktifkan fitur tersebut di WhatsApp ini sangatlah gampang, yakni dengan buka WhatsApp lalu klik titik tiga di kanan atas lalu pilih "Setelan/Setting" kemudian "Penyimpanan dan data" lalu "Unduh otomatis media" lalu pilih bagian "Saat menggunakan data selular". Kemudian hapus semua centang. Nah, dengan demikian, kamu sudah bisa menghemat kuota internet di ponsel Android dari aplikasi WA.

2. Nonaktifkan Fitur "Auto Up-date" Aplikasi dari Play Store

Secara pabrikan, smartphone Android akan dipasang Google Play Store yakni aplikasi untuk kita mengunduh aplikasi lain yang kita butuhkan.

Dan secara bawaan juga, ada sebuah fitur yang harus kamu ketahui yakni auto-update di Google Play Store. Dimana aplikasi tersebut akan memperbarui aplikasi yang terinstal di smartphone Adroid kalian.

Fitur ini lumayan banyak makan kuota situs dan mematikan feature ini cukup baik dalam menghemat kuota paket situs. Perlu Anda kenali tidak semua program atau games tersebut perlu diupdate atau masih dipakai.

Cara menonaktifkannya adalah dengan pergi ke aplikasi Google Play Store. Kemudian pilih "Setting" selanjutnya "auto up-date applications" dan atur ke "don't auto up-date applications". Maka aplikasi tidak akan diperbarui secara otomatis, dan kuota datamu tidak akan banyak berkurang.

Supaya kamu bisa melakukan penghematan kuota data internet lebih maksimal maka atur update otomatis menjadi "Auto up-date applications over WI Fi as it were". Jadi aplikasi akan diperbarui jika kamu terhubung dengan jaringan WiFi.

3. Hidupkan Paket Data Sekedarnya Saja

Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, sebagian aplikasiada yang memakai paket data pada mode background. Misalnya gmail yang akan terus lakukan penyelarasan terhadap email baru yang masuk. Dengan demikian kamu akan mendapatkan pemberitahuan ketika ada email baru masuk.

Saat kamu tidak memakai ponsel android misalkan karena repot bekerja, saat ada di sekolah, atau diperjalanan, seharusnya matikan saja jaringan data kamu untuk menghemat kuota paket internet.

Cara ini akan sangat efektif dipakai juga untuk menghemat baterai smartphone.

4. Pakai Jaringan Wi-Fi Jika Tersedia

Saat smartphone-mu tersambung dengan jaringan WiFi. Pakai jaringan WiFi untuk memakai bermacam aplikasi yang menggunakan kuota utama atau kuota selain media sosial.

Atau cari WiFi saat kuota Anda sudah tinggal sedikit atau jika ingin download video dengan ukuran besar. Cara ini bisa menghemat kuota paket di ponsel Android-mu dengan sangat efektif.

5. Hapus atau Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Jika kamu tidak memakai aplikasi yang terinstal di ponsel Android. Maka lebih baik untuk dicopot saja. Ini sangat bisa menghemat kuota paket internet. Tidak hanya itu, RAM yang dipakai aplikasi juga akan berkurang sehingga akan lebih meringankan kinerja smartphone.

6. Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota

tips hemat kuota data internet android

Ada cukup banyak aplikasi penghemat kuota yang bisa digunakan. Aplikasi ini fungsi utamanya adalah untuk mengatur aplikasi mana saja yang dapat menggunakan kuota data, aplikasi yang bisa berjalan di background, dan beberapa manfaat lain mengenai penghematan kuota data.

Kesimpulan

Itulah 6 cara yang kami buat untuk kalian supaya menghemat kuota paket internet yang bisa dilakukan di smartphone Android-mu. Pakailah paket kuota situs kamu secara baik dan tidak digunakan untuk hal-hal yang justru boros kuota. Misalnya hanya mendengarkan musik di Youtube namun dengan kualitas video yang tinggi (HD). Maka kamu tidak akan kekurangan kuota saat betul-betul memerlukannya. Selamat mencoba!

0 Response to "6 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Terbukti Work 100%"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel