Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Identifikasi Tanaman Terbaik & Terlengkap [Android, iOS]

Kini hampir semuanya sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Salah satunya adalah mengetahui nama beragam flora dengan aplikasi identifikasi tanaman.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan yang ditanam di dalam aplikasi. Kamu bisa mengetahui tanaman hanya dengan mengambil gambarnya dan mengunggahnya melalui aplikasi tersebut.

aplikasi identifikasi tanaman
Beragam jenis daun tanaman

Aplikasi Identifikasi Tanaman Terbaik dan Terlengkap

Berikut adalah daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi nama tanaman beserta informasi lainnya:

1. Garden Compass

Garden Compass merupakan salah satu aplikasi identifikasi tanaman yang bisa digunakan di Android dan iOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa meminta saran kepada ahlinya mengenai hama dan penyakit yang ada pada tanaman.

Caranya cukup ambil gambar, unggah untuk ditunjukkan kepada pakarnya. Nah, kamu nantinya akan mendapat balasan berisi masalah yang dihadapi dan solusinya. Menarik sekali, kan?

2. Plantifier

Plantifier ini memiliki fitur yang sama seperti aplikasi sebelumnya. Hanya saja kamu perlu unggah foto yang diambil ke platform ini, nantinya pengguna lain akan memeriksa apa yang terjadi pada tanaman kamu.

Aplikasi ini tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Kamu bisa mengunduhnya langsung dari Play Store ataupun App Store.

3. Google Lensa

Google Lensa sebenarnya merupakan aplikasi serbaguna. Nah, saking banyak kegunaan yang bisa kamu peroleh. Kamu bisa menggunakannya sebagai aplikasi untuk identifikasi tanaman.

Kamu bisa memotret tanaman untuk mengetahui nama dan hal yang berkaitan dengan tanaman tersebut. Nantinya informasi akan muncul berupa gambar yang sama dan artikel untuk tanaman seperti manfaat dan kegunaan.

4. iPflanzen

iPflanzen dikembangkan oleh Andreas Garzotto GmBH. Aplikasi ini mampu menampilkan identifikasi di lebih dari 1500 tanaman.

Informasi yang akan kamu dapatkan berupa ciri-ciri tanaman dan bunga. Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi ini untuk mengidentifikasi tanaman di halaman rumahmu. Barangkali terdaftar di aplikasi ini.

5. iNaturalist

Selanjutnya ada aplikasi iNaturalis. Aplikasi ini dibekali dengan kecerdasan buatan yang canggih sehingga mampu mendeteksi beragam jenis tumbuhan yang ada. Bahkan kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi hewan.

Caranya sangatlah mudah, cukup ambil foto tanaman atau hewan yang ingin kamu ketahui detailnya. Kemudian unggah ke aplikasi. Nah, pengguna lain yang ahli di bidang tanaman dan hewan akan memberikan jawaban terbaiknya untukmu.

6. Leafsnap

Pernahkah kamu mengetahui cara menentukan jenis kelamin bunga yang tidak kamu ketahui namanya? Nah, dengan aplikasi Leapsnap kamu akan mengetahui jawabannya.

Leafsnap mampu mengidentifikasi hingga 90 persen semua jenis tanaman yang ada. Karena aplikasi ini sudah dibenamkan kemampuan untuk mengenali ribuan keis tanaman, bunga, buah, dan sejenisnya.

Jadi, di dalam aplikasi ini menyimpan ribuan data untuk beragam tanaman yang ada di sekitarmu.

7. NatureID

Aplikasi ini unik tampilannya, tanaman yang kamu identifikasi nantinya akan tampil dengan kartu ID di atasnya,

Kartu tersebut akan menampilkan nama tanaman, daftar subspesies, penggunaan tanaman (manfaatnya), dan masih banyak informasi lain berkaitan dengan tanaman tersebut.

8. SmartPlant

Mendapatkan informasi perawatan tanaman yang kamu sukai tentu sangat penting. Nah, salah satunya kamu bisa menggunakan aplikasi SmartPlant.

Di informasi tersebut akan tertera jadwal kapan harus menyiram tanaman, memupuk, dan lain sebagainya. Dengan perlakuan yang tepat tentu akan menunjang tanaman yang kamu miliki akan tumbuh dengan maksimal bahkan bisa berkembang biak.

9. PictureThis

PictureThis memiliki alat navigasi yang mudah digunakan. Kamu bisa menginstalnya dari Play Store ataupun App Store.

Aplikasi ini memiliki fitur pencarian yang lengkap dengan hasil pencarian yang akurat. Kamu juga bisa menemukan jenis-jenis tanaman yang sebelumnya belum pernah kamu ketahui namannya.

Memiliki versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar kamu dapat mencari tanaman tanpa batas dan tanpa iklan yang menganggu.

10. PlantSnap

Ketika kamu menggunakan aplikasi ini untuk mencari nama tanaman, maka kamu harus mengambil foto tanaman tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya aplikasi akan secara otomatis menampilkan informasi terkait tanaman tersebut. Kamu bisa klik Selengkapnya jika ingin mengetahui secara lengkap informasi tanaman yang kamu foto.

Nah, itulah beberapa aplikasi indentifikasi tanaman yang bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan aplikasi tersebut kamu tidak akan bingung lagi jika melihat tanaman atau bunga. Semoga beranfaat.

Post a Comment for "10 Aplikasi Identifikasi Tanaman Terbaik & Terlengkap [Android, iOS]"