Iklan Uptitle

3 Cara Root Android Tanpa PC atau Laptop dengan Aman

Menjadikan ponsel Android kamu di-root merupakan salah satu cara paling simpel agar bisa kustom sendiri OS sesuai keinginan. Nah disini Klikrefresh.com akan memberikan cara root Android tanpa PC atau komputer. Agar bisa berhasil, simak ulasannya baik-baik.

Kini menggunakan ponsel Android yang sudah di-root bukanlah hal yang asing. Karena memang sebagian pengguna lebih suka kustom sendiri dari segi tampilan maupun kinerjanya yang lebih baik. Mereka biasanya menggunakan cara root untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Sebelum ke tutorialnya kita bahas dulu mengenai rooting itu sendiri, menurut Wikipedia, rooting ialah proses yang memungkinkan pemakai hp untuk jalankan OS di Android untuk memperoleh kontrol dan performa yang semakin besar di subsistem Android dibanding sebelum dilakukan rooting.

Sebagai contoh, untuk Android yang di-root, kamu bisa delete aplikasi bawaan dari hp. Sebagaimana yang kita tahu, aplikasi tersebut tidak dapat dihapus dengan hp non-root.

Jika kamu belum memahami cara root seperti apa. Tidak perlu cemas, karena terdapat cara mudah root di Android tanpa PC. Nah, dengan memakai aplikasi yang kita bahas disini, kami akan menerangkannya sampai selesai.

Cara Root Android Tanpa PC
Ilustrasi: Rooting Android

Cara Root Android Tanpa PC secara Aman Hingga Berhasil

Rooting smartphone Android memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tergantung keinginan pemilik ponsel. Nah, cara paling mudah adalah tanpa PC atau laptop. Dengan cara ini kamu membutuhkan aplikasi yang ada di Play Store.

Perlu diperhatikan, sebelum melakukan root ponsel. Kamu harus tahu resiko yang ada. Selain itu, Play Store dan aplikasi root tidak memberi jaminan jika ponsel mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika sudah memahami resiko yang ada, yakinkan bahwa kamu terhubung internet yang stabil supaya prosesnya berjalan hingga selesai dan berhasil. Berikut ulasan tutorialnya.

1. KingRoot

Yang biasa di dunia ponsel root pasti mengenal aplikasi KingRoot. Aplikasi ini mendukung 104136 tools dengan beragam jenis.

KingRoot dapat berjalan dengan baik di Android 6.0 atau Android M. Tidak hanya itu, aplikasi ini tidak memiliki iklan. Sehingga ketika menggunakannya, kamu tidak akan diganggu dengan banyaknya iklan yang muncul.

Cara Menggunakan Aplikasi KingRoot:
  • Pergi ke Play Store, unduh dan pasang aplikasi KingRoot,
  • Kemudian, membuka aplikasi dan klik "Coba",
  • Selanjutnya, klik Get Now untuk mengawali proses root,
  • Tunggu hingga selesai.

Itulah cara root yang cepat dan simpel yang dapat kamu peroleh dari aplikasi KingRoot. Jika semua proses sudah kamu lalui dengan lancar. Itu menandakan bahwa kamu memiliki ponsel yang telah di-root.

2. 360 Root APK

Cara kedua masih menggunakan aplikasi sejenis. Kali ini kita akan memakai aplikasi 360 Root. Perlu diketahui aplikasi ini menggunakan bahasa mandarin di dalam aplikasinya. 

Mungkin akan banyak yang mengalami kesulitan ketika melakukan root di aplikasi ini. Kebanyakan pengguna aplikasi ini menggunakannya sebagai alternatif saat yang lain tidak tersedia. Jadi, mau tidak mau kamu harus melakukan root memakai aplikasi 360 Root.

Namun, kamu akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan aplikasi 360 Root. Nah, seperti apa caranya, berikut ulasannya:

  • Silahkan download dan pasang aplikasinya,
  • Kemudian, buka aplikasi dan pilih root,
  • Tunggu sampai proses root selesai dan pastikan kamu terkoneksi pada internet yang stabil,
  • Bila muncul centang dan menu root ada di atas, ini menunjukkan bahwa root telah berhasil,

3. Framaroot

Cara ketiga kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Framaroot. Aplikasi yang satu ini sangat terkenal dan dipercaya, sebab mempunyai kemampuan remediasi root paling baik.

Untuk pemakaiannya juga mudah, tak perlu memakai PC atau laptop, dan tools lainnya. Framaroot memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah ukurannya yang kecil dan kemampuan untuk memasang SuperUser, SuperSU, dan unroot.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Framaroot:
  • Download dan instal Framaroot,
  • Selanjutnya buka aplikasinya, dan tentukan SuperUser/SuperSU dengan bebas,
  • SuperUser atau SuperSU bermanfaat untuk memungkinkannya akses penuh ke piranti Android. Keduanya tidak jauh berbeda, tetapi SuperSU memiliki fungsi lebih banyak,
  • Akan ada opsi Aragon dan Gandalf yang bermanfaat untuk rooting di Android. Silahkan tentukan jenis alat yang kamu pakai,
  • Apabila sudah, silakan nantikan sesaat sampai proses root usai,
  • Bila ada pemberitahuan, klik OK,
  • Selanjutnya restart pada tiap alat dan lihat jika program SuperSU dan SuperUser telah tersedia.

Cara Cek Status Root di Android

Cara Root Android Tanpa PC - 2

Adakalanya kita bingung apakah ponsel Android yang kita punya sudah di-root atau belum. Ada cara untuk mengenali status root pada ponsel Android, kamu bisa memastikannya. Untuk mengetahui hal ini, berikut caranya:

Ada aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk hal ini. Pertama, unduh dan instal aplikasi root checker dari Playstore,

  • Jika berhasil dipasang, buka aplikasinya,
  • Pilih Verifikasi Root,
  • Jika muncul jendela SuperUser, pilih Allow atau Izinkan,
  • Maka status root akan muncul di layar ponsel. Disini kamu bisa mengetahui apakah ponsel telah di-root atau tidak.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk me-root semua merk handphone Android. Silahkan ikuti tutorial yang sudah kami jabarkan di atas. Sesudah ponsel di-root, kamu dapat segera melakukan pengecekan apakah telah berhasil atau belum.

Jika belum, kamu bisa mengulangi cara root Android tanpa PC di atas sampai berhasil. Gunakan cara kedua atau ketiga jika yang pertama belum juga berhasil.

Demikian ulasan dari kami, mudah-mudahan berguna dan berhasil dengan menggunakan tutorial di atas. Selamat mencoba!

0 Response to "3 Cara Root Android Tanpa PC atau Laptop dengan Aman "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel