Iklan Uptitle

9 Aplikasi Arsitek di Android Bisa Buat Desain & Cari Inspirasi Rumah

Aplikasi arsitek untuk Android menjadi salah satu aplikasi yang sering dicari. Banyak manfaat dan kegunaan yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Kamu bisa mendesain rumah sendiri, seperti: desain interior, eksterior, mengatur letak furnitur, dan lain sebagainya. Dibanding dengan aplikasi serupa di PC, versi smartphone jauh lebih simpel sehingga mudah digunakan. Selain itu, kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Dengan fitur yang dibawa pun sudah mencukupi untuk mendesain rumah dengan aplikasi arsitek ini. Dari segi tampilan beberapa sudah menyediakan mode 2D dan 3D. menarik sekali, kan? Nah, berikut kami memiliki saran aplikasi sebagai referensi.

aplikasi arsitek android

Aplikasi Arsitek Android Terbaik

Kami rekomendasikan aplikasi arsitek terbaik yang bisa digunakan. Aplikasi berikut ini ada yang bisa untuk mendesain interior dan eksterior, mendesain lantai, menampilkan desain, hingga kalkulator arsitek. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Floor Plan Creator

Aplikasi arsitek Android pertama adalah Floor Plan Creator. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendesain dan memodifikasi rumah dengan mudah. Sangat cocok juga untuk pemula yang ingin mendesain rumah.

Floor Plan Creator dikembangkan oleh Marcin Lewandowski dengan beragam fitur yang ada. Desain interior, menambahkan furnitur ke desain rumah. Ukuran furnitur ini dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah menambahkan AR (Augmented Reality) untuk menambah kerealistisan desain yang dibuat. Kamu juga bisa mengaktifkan 3D Tour Mode, tampilan nantinya seolah-olah kamu ada di dalam rumah yang sedang didesain tersebut.

2. Planner 5D

Jika kamu pemula, aplikasi lainnya yang bisa digunakan adalah Planner 5D. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dari Play Store. Tersedia dua mode utama yakni, mode 2D dan 3D.

Aplikasi ini mudah digunakan. Cukup hanya dengan memilih katalog yang ada. Kamu juga bisa mengatur furnitur untuk diletakkan dimana saja sesuai keinginan. Tidak hanya interior, aplikasi ini juga sangat memungkinkan kita untuk mendesain eksterior.

3. Home Design 3D – Freemium

Aplikasi arsitek Android Home Design 3D – Freemium memberikan fitur premium tanpa berbayar alias gratis. Home Design 3D akan membantu kamu mendesain rumah mulai dari lantai hingga atap. Bahkan hingga eksterior, furnitur, dan perabot.

Sebelum memulai menampilkan gambar 3D, kamu harus merancang gambar 2D-nya. Untuk menggunakan aplikasi ini setidaknya kamu suka dengan hal-hal mendesain. Sebab di aplikasi ini kamu harus membuat dari awal. Mulai dari membuat lantai, dinding, ketebalan dinding, atap, dan lain sebagainya.

Setelah semuanya selesai, kamu bisa menambahkan furnitur. Furnitur bisa kamu pilih sendiri dari aplikasi ini. Jika kurang sesuai, maka sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

4. Home Design 3D: My Dream Home

Masih satu developer dengan aplikasi sebelumnya, Home Design 3D: My Dream Home ini juga dapat kamu gunakan untuk membuat desain tempat tinggal. Bahkan, kamu juga bisa mendesain apartemen dengan menggunakan aplikasi ini.

Langkah pertama untuk mendesain ruangan di dalam rumah adalah ketahui ruangan-ruangannya, kemudian tambahkan pintu dan jendela, mengubah ketebalan dinding, bentuk ruangan, dan lain sebagainya.

Untuk fitur di aplikasi arsitek Android ini cukup lengkap. Kamu bisa menemukan setidaknya 800 benda-benda untuk menghiasi rumah, menyesuaikan warna menjadi sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, terdapat mode 2D dan 3D.

5. BIMx – Aplikasi Arsitek Android

BIMx merupakan salah satu aplikasi yang mampu menampilkan gambar kontruksi secara sempurna. Aplikasi ini bisa membuka file yang dibuat di ARCHICAD.

Meskipun kamu membuat desain rumah yang rumit disana, BIMx tetap mampu membukanya dengan baik. Hal ini karena adanya BIMx Hyper-model.

Selain itu, masih terdapat banyak fitur lain seperti mode fotorealistik, penampil 2D supercepat, hingga kontrol jari yang responsif (zoom, pan, dan rotate).

6. Magicplan 2D/3D Floor Plans

Menggunakan aplikasi Magicplan untuk mendesain lantai dan dinding sangat kami sarankan. Fitur berupa AR Measurements di aplikasi membuat perkiraan pengukuran menjadi akurat.

Sehingga aplikasi ini mampu mengukur dan mensketsa keduanya dengan lebih baik berkat fitur tersebut. Tidak hanya itu, Magicplan punya banyak sekali furnitur yang bisa ditambahkan ke desain yang sedang dibuat.

Jadi kamu dapat berkreasi sendiri dan menempatkan furnitur-furnitur tersebut sesuai dengan keinginan. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa gunakan mode 2D ataupun 3D.

7. GnaCAD

Jika kamu sedikit paham mengenai desain CAD, maka kamu bisa mencoba aplikasi GnaCAD. Aplikasi ini tidak memiliki batasan untuk pengguna yang ingin membuat desainnya disini.

Kamu bisa membuat desain tanpa perlu koneksi internet. Meskipun demikian, aplikasi ini mampu bekerja secara online, misalnya dengan gambar yang terletak di Google Drive.

Beberapa fitur unggulan dapat kamu nikmati seperti mampu menampilkan gambar secara 2D dan 3D, fotorealistik dari model 3D dengan ray tracing, vieports, lineweights, dan masih lain sebagainya.

8. Kalkulator Arsitek

Aplikasi arsitek Android ini berbeda dengan aplikasi lainnya di artikel ini. Kalkulator arsitek merupakan alat untuk menghitung saat merancang srtuktur untuk pembuatan beton bertulang.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur dan kegunaan. Kamu bisa menghitung dimensi kolom dan balok, memperkirakan beban mati, beban hidup dan beban tetap. Selain itu, dapat memberikan spek tepat untuk tiang pondasi dan menhitung pile cap.

Teruntuk kalian yang tidak mengerti mengenai penerapan aplikasi ini mungkin sulit memahaminya. Namun perlu diketahui, aplikasi Kalkulator Arsitek ini memang tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

9. Room Planner

Mencari inspirasi desain interior rumah perlu dilakukan guna mendapatkan desain yang diimpikan. Salah satu referensi untuk menemukan inspirasi tersebut adalah Room Planner.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali desain interior dari denah lantai, dapur, kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Selain itu, kamu bisa memilih dan menaruh furnitur di tempat yang kamu inginkan.

Room Planner sangat cocok untuk pemula yang ingin mulai mendesain interior rumah. Penggunaanya yang mudah serta pengaturan yang sederhana tidak akan membuat bingung. Hasil yang ditampilkan dalam 3D juga akan menambah kerealistisan desain yang dibuat.

Akhir Kata

Itulah daftar aplikasi arsitek Android terbaik yang dapat kamu coba. Dari ulasan diatas kita bisa melihat bahwa masing-masing aplikasi memiliki fitur dan kegunaan yang berbeda-beda, mungkin beberapa ada yang sama.

Sekarang kamu bisa memilih aplikasi yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, mana nih yang kira-kira akan dipasang di ponselmu?

0 Response to "9 Aplikasi Arsitek di Android Bisa Buat Desain & Cari Inspirasi Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel