Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melacak Hp dengan IMEI & Aplikasi dari Google Play Store

IMEI merupakan salah satu bagian penting pada ponsel. Kegunaannya pun beragam diantaranya adalah melacak hp dengan IMEI.

Kamu tidak perlu khawatir dengan ponsel yang hilang, sebab sekarang kamu bisa menemukannya lagi dengan modal IMEI yang dimiliki.

cara melacak hp dengan imei

Cara ini biasanya digunakan untuk ponsel yang hilang karena dicuri atau hilang kemudian ditemukan orang, namun orang tersebut tidak berniat mengembalikan hp tersebut. Dengan IMEI, meskipun nomor telah diganti, kamu masih tetap bisa menemukannya. Seperti apa caranya, berikut ulasannya:

Cara Mengetahui Nomor IMEI di Ponsel:

1. Di kardus/box perangkat

2. Pergi ke aplikasi telepon dan tekan *#06#. Maka nomor IMEI akan ditampilkan di layar ponsel.

Jika dus tidak ada, antisipasi terbaik adalah dengan menyimpan nomor IMEI di tempat lain. Misalnya ditulis pada kertas atau ketik nomornya dan simpan di laptop, Google Drive, dan lain sebagainya. Dengan demikian kamu bisa mengetahui IMEI meskipun Hp hilang dan tidak memiliki kardus.

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan Google

Metode pertama ini mungkin tidak akan menggunakan nomor 

IMEI untuk melakukan pelacakan ponsel yang hilang. Namun cara ini sangat akurat jika kamu mengaktifkan akses lokasi pada ponsel yang telah.

Nah bagaimana caranya, berikut ulasannya:

1. Pastikan sebelumnya kamu mengaktifkan akses lokasi. Jika tidak, maka kemungkinan besar cara ini tidak akan berhasil karena Google tidak dapat mendeteksi keberadaan ponsel dengan GPS.

2. Selanjutnya, Google akan melacak keberadaan perangkat. Jika lokasi ditemukan, maka kamu bisa melakukan beberapa tindakan yang dibutuhkan. Misalnya: buat ponsel berdering, hapus data secara menyeluruh, dan beberapa opsi lain yang tersedia.

Catatan: pastikan kamu login dahulu di https://www.google.com/android/find melalui hp lain atau laptop yang kamu punya.

Cara Melacak Hp dengan IMEI

Cara menemukan ponsel menggunakan nomor IMEI memang sangat manjur karena IMEI sudah dipastikan berbeda dengan nomor IMEI lainnya di setiap perangkat.

Namun dengan cara ini kamu harus membuat laporan ke Kepolisian. Lalu ajukan nomor IMEI yang kamu ingin lacak.

Selanjutnya polisi akan melacaknya, ketika ponsel berganti nomor maka akan tetap terlacak. Untuk cara ini kemungkinan menemukan ponselmu akan lebih rendah karena pada umumnya polisi jarang melacak ponsel kecuali untuk keperluan yang berprioritas tinggi.

Cara Melacak Hp dengan Aplikasi dari Play Store

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui lokasi ponsel hilang, berkut tiga diantaranya:

1. Find My Device

Sebenarnya aplikasi ini sama dengan cara yang bisa kamu terapkan di cara pertama untuk menemukan hp yang hilang. Di Find My Device kamu akan menggunakan pada versi aplikasinya.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci hp kamu dari hp lain milik teman atau kerabatmu. Tujuannya untuk mengamankan ponselmu.

Fitur yang paling sering digunakan untuk aplikasi ini adalah Locate Your Phone yang akan menemukan keberadaan ponselmu.

2. Where's My Droid

Aplikasi ini menggunakan GPS untuk melacak lokasi ponsel kamu yang hilang.

Ketika baterai dalam keadaan lemah, aplikasi ini akan mengirimkan pemberitahuan.

Bahkan jika ponselmu hilang karena dicuri, maka ketika pencuri mengganti kartu SIM, amu akan mendapatkan notif juga.

3. CrookCatcher

Ingin melihat wajah yang mengambil ponselmu? Kamu harus memasang aplikasi bernama CrookCatcher.

Nantinya aplikasi ini akan menangkap gambar wajahnya dan mengirimkannya ke emailmu.

Biasanya aplikasi akan menangkap gambar pelaku, karena pelaku salah memasukkan password atau PIN.

Selain dengan cara demikian, kamu juga bisa melacak Hp dengan IMEI caranya mintalah surat kehilangan dari pihak berwajib agar nantinya operator yang kamu gunakan mau untuk melacak ponsel yang hilang.

Selanjutnya kamu hubungi call center atau datang langsung ke gerai operator. Tunjukkan kepada mereka nomor IMEI dan no Hp-mu. Pihak operator akan membantu kamu menemukan keberadaan ponselmu yang hilang.

Nah, itulah caranya, mungkin kamu bisa mencobanya jika kamu kehilangan ponselmu. Namun, agar tidak ribet kamu bisa mencegahnya dengan tetap mengaktifkan lokasi pada ponsel dan pastinya tidak lupa dengan password gmailmu. Kamu bisa gunakan cara pertama dengan mudah.

Demikianlah ulasan cara melacak hp dengan IMEI maupun dengan beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk menemukan ponsel yang hilang. Semoga bisa membantu!

Post a Comment for "Cara Melacak Hp dengan IMEI & Aplikasi dari Google Play Store"