Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Google Chat di Laptop, HP Android, & iOS

Cara menggunakan Google Chat untuk berkomunikasi sesama pengguna Gmail. Google Chat ini dapat digunakan di beragam perangkat seperti Windows, Mac, Android, iOS, hingga Linux.

Untuk dapat mengakses Google Chat tentu saja kamu harus memiliki akun Gmail. Pastinya pengguna smartphone terutama Android sudah ada akun Gmail terinstal.

Seperti kebanyakan aplikasi chat lainnya, Google Chat dapat mengirim dan menerima pesan. Hal ini seperti kita menggunakan WhatsApp, Telegram, WeChat, dan lain-lain. Hanya saja, Google Chat tidak membutuhkan nomor ponsel untuk menggunakannya.

Dari segi keamanan, Google Chat ini bisa dibilang lebih aman dari kebanyakan aplikasi chat biasa. Karena Google Chat tidak memakai nomor ponsel. Di mana sekarang ini rawan sekali nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi chat dikirimi spam untuk tujuan yang tidak baik.

Tidak hanya itu, jika kamu tidak sengaja menghapus chat tersedia fitur untuk me-restore pesan sehingga bisa dikembalikan seperti semula.

Cara Menggunakan Google Chat

cara menggunakan google chat

Google Chat dibuka dari laptop tidak memerlukan aplikasi tambahan. Cukup dengan aplikasi browser dan masuk ke akun Gmail untuk menikmati segala fitur di Google Chat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Google / Gmail.
  2. Cari ikon 9 titik (Google apps) di kanan atas halaman Gmail.
  3. Pilih Chat.
  4. Klik "Start a Chat" atau "mulai percakapan" untuk mengirim pesan.
  5. Masukkan alamat email orang yang ingin kamu ajak chattingan. Di sini kamu bisa menambahkan lebih dari satu penerima dan ini akan menjadi Group Chat. Klik Enter untuk menambah penerima lainnya dalam percakapan grup.
  6. Klik Start Chat untuk memulai dan kamu akan dibawa ke tampilan Google Chat. Di sini kamu bisa kirim pesan berupa teks, gambar, dan video. Kamu juga bisa voice dan video call.

Cara Menggunakan Google Chat di HP

cara menggunakan google chat di hp

Cara di bawah ini bisa kamu lakukan dengan smartphone milikmu. Semua bisa menggunakan Google Chat, baik pengguna Android dan iOS. Berikut tutorial lengkapnya:

  1. Buka Google Play Store (App Store untuk iOS) dan cari aplikasi Google Chat.
  2. Instal aplikasi Google Chat.
  3. Jika sudah terpasang buka aplikasinya.
  4. Ketuk tombol Chat baru untuk memulai kirim pesan ke orang lain.
  5. Ketikkan Gmail teman atau nama ruang hingga muncul nama mereka. Ketuk nama penerima tersebut.
  6. Selanjutnya kamu akan dibawa ke tampilan chat. Untuk menjadikan Group Chat, tambahkan penerima lain dengan mengetuk ikon orang bertanda plus.
  7. Sekarang kamu bisa kirim pesan teks, gambar, dan video. Selain itu, kamu juga bisa melakukan voice call dan video call.

Itulah cara menggunakan Google Chat baik dari laptop maupun ponsel. Kamu bisa manfaatkan aplikasi ini sebagai alternatif aplikasi chat lain.

Google Chat juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Di antaranya adalah kirim pesan menggunakan media gambar dan video, serta fitur panggilan suara dan video.

Bagaimana, tertarik menggunakan Google Chat?

Post a Comment for "Cara Menggunakan Google Chat di Laptop, HP Android, & iOS"