Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Penghitung Kalori Sangat Cocok untuk Menemani Program Diet

Menghitung kalori yang dikonsumsi setiap hari merupakan hal yang harus kita perhatikan, karena jika salah apalagi sampai berlebih maka dapat mengakibatkan beberapa ketidakseimbangan kalori dan nutrisi yang akan berakibat buruk seperti misalnya berat badan berlebih.

Berat badan berlebih di zaman seperti sekarang ini memang cenderung meningkat drastis dan mudah dialami oleh siapapun terutama bagi yang tidak sempat melakukan olahraga disebabkan rutinitas pekerjaan di kantor yang padat. Ditambah teknologi yang sudah berkembang pesat menjadikan setiap orang enggan beraktivitas berat dan ingin serba instan.

Bagi yang tidak memiliki waktu dan mencari banyak informasi mengenai nutrisi dan kalori yang dikonsumsi, tidak perlu khawatir lagi dengan dua hal tersebut. Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi Android yang dapat membantu menghitung kalori dan nutrisi yang dikonsumsi. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat memberikan tips dan trik diet sehat yang bisa kamu lakukan.

Daftar Aplikasi Penghitung Kalori dan Program Diet Sehat


1. Calorie Counter by FatSecret

Aplikasi FatSecret
Aplikasi FatSecret merupakan aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan untuk menghitung jumlah kalori dan aplikasi yang efektif untuk digunakan sebagai aplikasi pemantau aktivitas menurunkan berat badan atau diet.

FatSecret memiliki banyak sekali fitur menarik seperti barcode scanner, fungsi auto-complete untuk memudahkan pengetikkan, catatan latihan untuk memantau semua kalori yan terbakar, pemantau berat badan, resep-resep makanan dan cemilan, hingga jurnal untuk menampilkan progres latihan.

Selain itu, di aplikasi FatSecret terdapat fitur komunitas yang luarbiasa di mana kamu bisa mendapatkan dukungan dan semangat untuk menurunkan berat badan. Kamu juga bisa sharing dan berinteraksi dengan yang telah profesional. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa diunduh dari Play Store, namun untuk dapat menggunakan fitur tertentu dan lebih advanced kamu bisa upgrade ke premium.

Download: FatSecret

2. Calorie Counter - EasyFit Free

Aplikasi EasyFit Free
Aplikasi penghitung kalori yang satu ini sangat menarik, disamping memiliki tampilan yang mudah digunakan aplikasi EasyFit Free 100% gratis sehingga kamu tidak perlu menjadi pengguna premium untuk mendapatkan full service.

Di aplikasi ini kamu bisa menciptakan menu makanan kamu sendiri atau kamu bisa mencampur beberapa menu makanan dari +1500 makanan yang sudah ada di aplikasi EasyFit Free. Setelah membuat menu maka aplikasi ini akan menghitung secara otomatis total kalori di menu makanan tersebut.

Fitur lainnya di aplikasi ini juga cukup lengkap, misalnya: dapat menghitung kalori, dapat digunakan untuk memantau kebugaran tubuh, jumlah konsumsi air minum, berat badan, dan aktivitas diet. Terdapat juga statistik beranimasi untuk menampilkan data-data tersebut, data berbentuk statistik ini tentu akan memudahkan kamu membaca data secara rinci.

Download: EasyFit Free

3. MyPlate Calorie Tracker

Aplikasi MyPlate Calorie Tracker
Jika ingin mengetahui berapa jumlah kalori pada makanan yang ingin kamu makan dan kamu bakar, aplikasi MyPlate Calorie Tracker merupakan pilihan yang tepat untukmu.

Aplikasi ini memiliki sekitar 2 juta data makanan dengan rincian seperti kandungan gizi di dalamnya. Kamu juga bisa menggunakan pemindai barcode di aplikasi ini untuk mendapatkan informasi dengan cepat mengenai makanan yang kamu pindai barcode-nya.

Selain itu, aplikasi ini dapat menyesuaikan jumlah kalori berdasarkan profil yang kamu masukkan sehingga akan akurat dan sesuai kebutuhan tubuhmu, dan masih banyak sekali fitur-fitur lain di aplikasi ini. Kamu juga dapat mengintegrasikan MyPlate Calorie Tracker dengan aplikasi Google Fit, di mana dengan aplikasi ini kamu dapat memantau ativitas diri seperti berjalan kaki, berlari atau jogging, dan bersepeda.

Download: MyPlate Calorie Tracker

Baca juga: 8 Aplikasi Olahraga Jogging HP Android Bikin Joggingmu Lebih Bersemangat

4. Calorie Counter - MyNetDiary

Aplikasi MyNetDiary
MyNetDiary merupakan aplikasi diet yang memiliki banyak sekali fitur menarik tertanam di dalamnya. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang ingin memantau kalori, menurunkan berat badan secara alami, dan melakukan penghitungan nutrisi pada makanan.

Aplikasi ini memiliki database yang berisi lebih dari 600 ribu daftar makanan. Database ini juga meliputi restoran, diet spesial, makanan tradisional. Tidak hanya itu, fitur menarik lainnya seperti barcode scanner, tips dan trik mengenai diet, penghitung kalori yang cepat, integrasi dengan Google Fit dan S Health, serta masih banyak fitur menarik lainnya.

Aplikasi MyNetDiary juga mendapat peringkat pertama sebagai aplikasi diet oleh American Journal of Preventive Medicine dan diakui NY Times sebagai aplikasi yang simpler, lebih cepat, dan lebih enak dilihat dibanding dengan aplikasi serupa lainnya. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dari Play Store dan jika ingin hasil yang lebih bagus kamu bisa menjadi member premium berbayar.

Download: MyNetDiary

5. Calorie Counter & Diet Tracker

Aplikasi Calorie Counter & Diet Tracker
Seperti namanya aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk menghitung kalori sekaligus untuk memantau aktivitas diet. Aplikasi ini memiliki database yang berisi 3,5 juta data makanan yang berhasil diketahui kalorinya, fitur ini sangat memudahkan terutama saat diet di mana sangat memperhitungkan jumlah kalori dalam makanan.

Fitur menarik lain di aplikasi ini juga sangat bermanfaat seperti demonstrasi latihan kebugaran yang berjumlah sampai ratusan, program diet agnostik, diet kalkulator, hingga artikel mengenai kesehatan, diet, dan kebugaran jasmani.

Artikel yang ada di aplikasi ini berasal dari situs SparkPeople.com di mana banyak orang mencari tahu bagaimana cara menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

Download: Calorie Counter & Diet Tracker

6. Calorie Counter - MyFitnessPal

Aplikasi Calorie Counter - MyFitnessPal
Aplikasi penghitung kalori MyFitnessPal merupakan aplikasi yang sangat populer di Play Store terhitung sampai sekarang aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali dengan penilaian 4.5/5.0.

Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah terdapat database daftar makanan yang mencapai 5 juta dengan rincian jumlah kalori yang dihasilkan dari makanan tersebut. Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 350 latihan untuk fitness, hal ini sangat membantu terutama kamu yang tidak ingin ke tempat Fitness. Dan masih banyak fitur menakjubkan lainnya.

Aplikasi MyFitnessPal dapat kamu unduh secara gratis di Play Store, namun versi berbayar juga disediakan untuk performa yang lebih baik dan tentunya tanpa iklan yang mengganggu.

Download: MyFitnesspal

7. Lifesum: Diet Plan, Food Diary

Aplikasi Lifesum - Diet Plan, Food Diary
Lifesum merupakan aplikasi mengenai kesehatan, pola hidup sehat, dan tips-tips diet. Aplikasi ini sudah cukup populer di Play Store dengan jumlah download mencapai 10 juta lebih dengan penilaian 4.3/5.0.

Banyak sekali fitur sangat bermanfaat yang dapat kamu temukan di aplikasi ini seperti perhitungan pada pola makan, menghitung kalori, tips mengenai hidup sehat, menu dan resep makanan yang baik untuk diet, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Serta pola diet seperti diet keto, low carb, dan tinggi protein. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengetahui kira-kira rencana diet apa yang paling cocok untuk kamu terapkan.

Aplikasi Lifesum juga dapat diintergrasikan dengan Google Fit dan S Health. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengekspor data seperti nutrisi dan exercise dari Lifesum ke Google Fit atau S Health, dan melakukan impor data seperti data kebugaran tubuh dan berat badan ke Lifesum.

Download: Lifesum

8. Lose It! Calorie Counter

Aplikasi Lose It! Calorie Counter
Aplikasi untuk diet dan menghitung kalori yang terakhir adalah Lose It!. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Seperti kebanyakan aplikasi diet dan penghitung kalori lainnya Lose It! dapat kamu gunakan untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang dikonsumsi berdasarkan makanan yang dimakan.

Seperti halnya aplikasi MyFitnessPal, Lose It! juga memiliki database berisi makanan-makanan dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu, aplikasi Lose It! memiliki barcode scanner dimana kamu bisa melakukan pemindaian kode batang yang biasanya terdapat di makanan kemasan, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Aplikasi ini juga telah support untuk disambungkan ke beberapa hardware seperti Jawbone dan Fibit, dan disambungkan dengan beberapa aplikasi misalnya seperti RunKeeper dan Google Fit. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dari Play Store, namun untuk mendapatkan fitur full service kamu harus beralih ke premium terlebih dahulu.

Download: Lose It!

Itulah daftar 8 aplikasi penghitung kalori yang sangat cocok buat kamu terutama yang sedang melaksanakan program diet. Aplikasi-aplikasi tersebut semuanya memiliki fungsi utama yang sama yakni dapat memantau kalori, nutrisi, kebugaran tubuh, latihan/exercise fitness, dan lain sebagainya. Kamu dapat memilih saah satu aplikasi tersebut yang paling kamu sukai dan paling pas buat kamu.

Post a Comment for "8 Aplikasi Penghitung Kalori Sangat Cocok untuk Menemani Program Diet"