Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran Agar Hasil Bagus

Aplikasi pembuat video pembelajaran kini semakin banyak yang menggunakan. Selain karena zaman yang sudah serba digital, kreativitas dan model baru penyampaian materi pelajaran juga dibutuhkan demi tersampaikannya materi ke siswa dengan baik.

Tujuan utamanya tetap membuat para siswa lebih mudah paham dan belajar dengan antusias dengan cara kekinian. Dengan begitu guru juga merasa senang dan menjadi lebih bersemangat mengajar dengan metode penyampaian tersebut.

Saat ini, aplikasi yang biasa dipakai untuk mengedit video juga banyak dimanfaatkan untuk membuat video pembelajaran. Selain simpel, ada beberapa hal yang diperhatikan juga misalnya fitur, berbayar atau tidak, cara menggunakannya, dan lain-lain.

Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran Agar Hasil Bagus dan Menarik

Penyampaian materi pelajaran era digital seperti sekarang ini pastinya banyak ragam dan caranya. Salah satunya adalah menggunakan video.

Di bawah ini, kami berikan rekomendasi untuk kalian semua yang mencari aplikasi untuk membuat video pembelajaran. Platform bisa untuk PC/laptop atau smartphone.

1. FilmoraGo

aplikasi pembuat video pembelajaran

Aplikasi pembuat video pembelajaran yang pertama ada FilmoraGo. FilmoraGo memiliki beragam fitur menarik dan mudah digunakan.

Meskipun basicnya video editor, FilmoraGo tetap memiliki beberapa fitur utama yang mendukung pembuatan video pembelajaran seperti menambahkan teks, suara, efek, hingga suara narator sebagai penjelas isi video.

Dengan membuat video pembelajaran dari aplikasi ini, diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Tentunya, murid juga lebih suka dan memahami apa yang disampaikan oleh guru.

2. Power Director

aplikasi pembuat video pembelajaran 2

Power Director menawarkan hasil video pembelajaran yang sinematik. Aplikasi ini tersedia baik untuk pengguna PC maupun smartphone.

Dukungan juga terpenuhi dengan beberapa fitur seperti memasukkan foto, teks, video, musik, hingga suara narasi untuk memperjelas maksud video.

Selain itu, ekspor video full HD sudah mendukung sehingga kualitas bening dan tajam bisa dinikmati pengguna.

3. InShot

aplikasi pembuat video pembelajaran 3

Masih pemula dan ingin bisa membuat video pembelajaran menggunakan smartphone? Kamu bisa coba dulu dengan aplikasi InShot.

Aplikasi ini mudah dipahami namun masih memiliki banyak fitur untuk membuat media pembelajaran. Ditambah hasil ekspor video tidak memiliki watermark. Jadi, video akan tambah lebih profesional dan menarik.

Kualitas juga tidak diragukan karena sudah mendukung hingga ke HD. Ini menjadikan video jernih dan bagus, apalagi video pembelajaran yang biasanya banyak teks, infografis, dan data lainnya.

4. Kinemaster

aplikasi pembuat video pembelajaran 4

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran lainnya adalah Kinemaster. Sebenarnya aplikasi ini sangat populer hampir di semua kalangan, mulai dari Youtuber, video editor berbasis Android, animator, dan lain sebagainya.

Pembahasan mengenai tutorial Kinemaster juga bertebaran di internet terutama YouTube. Kamu bisa mencoba mencari tutorialnya jika ingin menggunakan Kinemaster untuk membuat video pembelajaran untuk siswa.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup unduh dari Play Store secara gratis. Kualitas saat ekspor juga bagus, namun terdapet watermark juga versi non berbayar.

5. YouCut

aplikasi pembuat video pembelajaran 5

YouCut bisa menjadi pilihan lain untuk membuat media pembelajaran untuk murid di kelas. Aplikasi ini mendukung fitur-fitur basic untuk membuat video termasuk media belajar.

Kamu bisa menggunakan YouCut untuk menambahkan video, teks, suara, efek, dan gambar. Mengedit di YouCut juga tidak sulit.

Untuk membuat video pembelajaran, kamu bisa menggabungkan beberapa foto atau gambar, menambahkan keterangan dengan fitur teks, menambah suara sebagai penjelasan, dan lain sebagainya.

Semua ide kreatif para guru bisa dituangkan di sini dan hasilkan materi pelajaran berupa video pembelajaran yang menarik. Sehingga siswa bisa lebih memperhatikan dan mudah menyerap isi video.

6. Video Guru

aplikasi pembuat video pembelajaran 6

Ingin mengedit materi pembelajaran menjadi sebuah video menarik? Kamu bisa coba Video Guru.

Aplikasi ini mendukung beragam fitur untuk mengedit video dan juga membuat media belajar digital. Hasil ekspor juga sangat bagus dengan kualitas HD yang jernih dan tajam.

Selain itu, tidak adanya watermark membuat hasil editannya lebih menarik. Kamu bisa memilih Video Guru untuk digunakan jika kurang suka ada watermark.

7. Flixpress

aplikasi pembuat video pembelajaran 7

Ada cukup banyak aplikasi pembuat media pembelajaran yang terbaru ada Flixpress. Bisa disebut banyak karena aplikasi tersebut biasa juga digunakan untuk mengedit video.

Aplikasi tersedia secara online, cukup ketikkan di mesin pencari seperti Google untuk menemukannya. Kelebihan menggunakan Flixpress kamu tidak perlu install apapun, cukup menggunakan browser saja.

Selain itu, aplikasi untuk membuat materi pembelajaran online memiliki antarmuka yang simpel. Ini akan memudahkan penggunanya karena tidak bingung dengan fitur-fiturnya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penjawab Soal Matematika Terbaik untuk Android

8. Viva Video

aplikasi pembuat video pembelajaran 8

Viva Video sangat populer untuk membuat video dengan beragam tujuan. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif lain jika kamu ingin membuat video pembelajaran dari perangkat smartphone.

Ada cukup banyak fitur pendukung untuk membuat media belajar. Misalnya dari beberapa gambar bisa digabungkan menjadi satu. Kemudian tambahkan teks atau keterangan.

Selain itu, menambahkan narasi dan musik juga mudah dilakukan. Jika ingin mencoba aplikasi ini bisa kamu unduh dari Play Store secara gratis.

9. Toontastic 3D

aplikasi pembuat video pembelajaran 9

Membuat media edukasi berbasis video memang memiliki nilai tersendiri. Apalagi dibuat dengan sentuhan animasi yang menarik.

Video pembelajaran dengan animasi bisa kamu buat dengan menggunakan aplikasi Toontastic. Cara pembuatannya juga sangat mudah, pilih dahulu background dan karakter yang ingin ditambahkan.

Setelah itu, kamu tambahkan sound dan narasi, gambar yang diperlukan, efek suara, dan lain sebagainya. Bagi pengguna Android dan iOS semuanya dapat mengunduh Toontastic secara gratis.

10. AVS Video Editor

aplikasi pembuat video pembelajaran 10

Kalian menggunakan laptop untuk membuat video pembelajaran? AVS Video Editor ini bisa menjadi pilihanmu, apalagi jika memiliki spek laptop yang biasa saja atau bahkan kentang.

Aplikasi ini bisa berjalan cukup lancar di laptop dengan spesifikasi rendah karena ringan dan sederhana. Meskipun begitu, AVS tetap memiliki fitur utama penunjang pembuatan media belajar dalam bentuk video.

Kamu juga bisa mencoba 300 efek transisi yang akan membuat videomu menjadi lebih menarik.

11. Powtoon

aplikasi pembuat video pembelajaran 11

Powtoon mengkhususkan diri sebagai pembuat video presentasi dan animasi informatif interaktif. Kamu dapat dengan mudah membuat semacam video pembelajaran.

Di Powtoon, tool seperti menambahkan karakter, menambahkan teks, link, efek, latar belakang dan lain sebagainya dapat dengan mudah digunakan.

Dengan bahan yang telah dipersiapkan, membuat video pembelajaran juga akan lebih mudah. Selain itu, agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan animasi ke karakter yang telah ditambahkan.

Misalnya membuat animasi seperti saat guru sedang mengajar.

12. Sparkol VideoScribe

aplikasi pembuat video pembelajaran 12

Aplikasi pembuat video pembelajaran lainnya ada Sparkol VideoScribe. Sparkol Videoscribe merupakan aplikasi animasi pembelajaran seperti menulis di papan tulis.

Dengan tampilan tersebut Sparkol sangat cocok untuk media belajar interaktif. Animasi yang dihasilkan serta template yang menarik tentu membuat siswa yang menonton video sambil belajar akan lebih tertarik sehingga penyerapan materi akan meningkat.

Sayangnya fitur yang sangat menarik ini tidak sepenuhnya gratis. Pengguna hanya diberikan trial selama 30 hari. Setelahnya, pengguna harus beralih ke premium.

13. CamStudio

aplikasi pembuat video pembelajaran 13

Membuat video pembelajaran terkadang harus merekam layar. Nah, untuk hal ini kamu bisa mencoba aplikasi di laptop yakni CamStudio.

Setelah merekam, dapat dilanjutkan dengan membubuhi teks, audio, dan materi belajar lainnya. Kemudian satukan menjadi sebuah video pembelajaran yang menarik.

14. OpenShot

aplikasi pembuat video pembelajaran 14

OpenShot merupakan aplikasi gratis untuk mengedit video, membuat video pembelajaran sebagai alat penyampaian materi, dan lain sebagainya. <

Aplikasi ini open source, jadi gratis dan bisa digunakan sesuai keinginan dengan semua toolsnya. Baik pengguna laptop Windows maupun Mac, keduanya bisa menginstal OpenShot.

OpenShot sudah cukup untuk membuat video edukasi atau video untuk menyampaikan materi. Jika kamu menggunakan OpenShot, maka tidak ada watermark bawaan yang membuat video kurang menarik.

Kesimpulan Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran untuk murid di atas bisa kamu pilih sendiri mana yang menurutmu paling pas dipakai saat ini. Sesuaikan dengan kebutuhan dan seperti apa konsep videonya.

Dari daftar aplikasi di atas, tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan dua atau lebih aplikasi jika memang membutuhkan aplikasi terpisah.

Dengan pembuatan yang benar-benar berkonsep dan menarik, semoga video pembelajaran yang telah dibuat memberikan motivasi pada siswa untuk belajar dan fokus materi. Sehingga tujuannya (menyampaikan materi pelajaran) akan mudah diserap oleh semua murid di kelas.

Post a Comment for "14 Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran Agar Hasil Bagus"