Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Aplikasi untuk Menulis di Layar Android Terbaik Gratis & Bisa Gambar

Menulis di layar secara langsung memang memberikan rasa tersendiri daripada mengetik melalui keyboard. Nah, di artikel ini kita akan membahas aplikasi untuk menulis di layar Android yang bisa digunakan untuk menulis dengan jari langsung seperti kita menulis di buku kertas biasa.

Aplikasi yang kita bahas di sini dapat kamu manfaatkan untuk mengganti buku catatan fisik kalian. Selain menghemat kertas, buku fisik terkadang lupa dibawa dan akan merepotkan jika itu terjadi.

Selain memungkinkan untuk membuat segala jenis catatan, aplikasi coretan untuk layar ini dapat menambahkan file pendukung, misalnya adalah gambar atau foto dan gambar yang bisa kamu buat langsung di aplikasi.

Aplikasi Terbaik untuk Menulis di Layar Ponsel Android

Menulis di layar smartphone tidak perlu menggunakan stylus pen lagi. Dengan menggunakan aplikasi berikut kamu bisa dengan bebas menulis apapun yang ada di pikiranmu. Berikut rekomendasi aplikasi untuk menulis di layar Android.

1. INKredible

aplikasi untuk menulis di layar android

Aplikasi pertama yang dapat kamu gunakan untuk menulis di layar adalah INKredible. Kamu bisa merasakan sensasi seperti menulis di atas kertas sungguhan menggunakan aplikasi ini.

INKredible sangat mudah digunakan, dan kamu bebas menulis dan mengekspresikan ke halaman kosong yang disediakan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu merapikan tulisan namun tidak menghilangkan keunikan tulisan dari masing-masing orang.

2. Touchnotes

aplikasi untuk menulis di layar hp

Touchnotes dapat menjadi pilihan alternatif lain yang bisa dicoba. Ada beberapa fitur yang sangat membantu melengkapi coretan kita di aplikasi.

Fitur tersebut yakni menyisipkan file seperti foto, teks, PDF, dan lain-lain. Ukuran kertas juga beragam, jadi tidak terbatas hanya pada A4 saja.

Dengan banyaknya fitur-fitur di atas akan sangat memudahkan penggunanya. Karena mampu menyederhanakan tiap pekerjaan terutama yang melibatkan coretan tangan atau tulisan tangan.

3. Writer Plus

aplikasi untuk menulis catatan

Tulis apapun yang ada di dalam pikiranmu menggunakan aplikasi Writer Plus. Aplikasi ini memberikan banyak fitur untuk menulis di layar ponsel dengan simpel dan rapi.

Beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan adalah undo redo, mode gelap, folder support, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi yang super ringan. Aplikasi Writer Plus ini hanya memiliki ukuran file kurang dari 1MB, sangat kecil kan?

4. Draw on Screen

aplikasi coret layar android

Aplikasi coretan layar untuk smarphone ini bisa kamu gunakan untuk mencatat banyak hal. Draw on Screen ini cukup simpel, dengan fitur utama yang fokus pada menulis di layar.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur editing seperti menulis, menggambar, melakukan koreksi jika salah menulis seperti undo dan redo, dan fitur berguna lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa merekam layar sambil menggambar di aplikasi ini. Fitur ini sangat berguna terutama jika menggunakannya untuk membuat semacam video tutorial.

5. Squid

aplikasi untuk menulis offline

Aplikasi untuk membuat tulisan di layar selanjutnya adalah Squid. Squid dapat menjadi alternatif buku catatan konvensional di sekolah atau kuliah.

Sensasi yang kamu dapatkan dari aplikasi ini layaknya menulis di kertas lho. Kamu bisa mencoba sendiri dengan mengunduhnya dari Play Store.

Beberapa pilihan pena tersedia di sini, misalnya pena aktif, stylus, hingga menggunakan jari sendiri untuk corat-coret di Squid. Selain itu, ukuran kertas bisa kamu atur sendiri. Tersedia juga kertas kosong seperti HVS, kertas bergaris, berpetak, dan lain-lain. 

6. Google Handwriting Input

aplikasi menulis di layar ponsel

Google tidak hanya menyediakan mesin pencari saja, namun banyak sekali aplikasi yang memudahkan kita dalam beraktivitas. Salah satunya yakni Google Handwriting Input.

Fitur utama aplikasi ini adalah membantu kamu dalam mengetik. Caranya sangat mudah cukup dengan memasukkan tulisan tangan dari jari kalian ataupun dengan audio.

Selain itu, bahasa yang didukung sangat banyak hingga lebih dari 100 bahasa di dunia. Tidak hanya tulisan, kamu juga bisa memasukkan emoji dengan cara menggambarnya. 

Baca Juga: Aplikasi Office Android Terbaik, Permudah Tugas & Pekerjaan (10 Apps)

7. OneNote

aplikasi untuk menulis di layar android

OneNote dimiliki oleh Microsoft yang banyak digunakan karena sudah terpercaya. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mencatat beragam aktivitas, seperti: catatan harian, catatan sekolah, kuliah, hingga urusan pekerjaan.

Fitur OneNote juga cukup beragam. Kamu bisa menambahkan gambar ke catatan, menulis dengan tangan, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

Selain itu, kamu juga bisa membuka catatan tersebut di komputer. Ini sangat memudahkan pengguna, karena tidak perlu memindahkan dengan copas.

8. Pure Writer

aplikasi untuk menulis di layar hp

Menulis tanpa takut hilang tulisannya saat aplikasi tidak sengaja tertutup? Kamu bisa menggunakan Pure Writer untuk hal ini karena mampu menyimpan secara otomatis catatan setiap 2 detik sekali.

Fitur aplikasi ini juga memiliki undo dan redo yang bisa digunakan untuk perbaikan kesalahan tulis. Jadi, cukup pakai fitur ini agar tidak menulis lagi secara manual.

Selain itu, terdapat fitur tong sampah yang berfungsi menampung catatan atau coretan yang sebelumnya dihapus. Fitur ini sangat berguna ketika kita salah hapus file catatan atau ingin melihat lagi catatan yang dihapus.

9. ColorNote

aplikasi untuk menulis catatan

Ingin membuat jadwal harian agar aktivitas bisa tertata rapi? ColorNote bisa menjadi pilihan terbaikmu, aplikasi coretan dan catatan layar ini memiliki fitur yang dapat memudahkan itu semua.

Aplikasi ColorNote memiliki tampilan yang sederhana namun fiturnya cukup lengkap untuk urusan corat coret di ponsel. Dengan aplikasi kamu bisa membuat daftar belanja, daftar untuk dikerjakan per hari, catatan penting apa saja, dan lain-lain.

Pengguna aplikasi ini juga cukup banyak sudah jutaan orang menggunakannya. Satu lagi fitur uniknya yakni warna catatan yang berbeda-beda menurut kategori yang dipilih.

10. Simplenote

aplikasi coret layar android

Seperti namanya, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam hal tulis menulis catatan di layar ponsel. Tak usah takut kehilangan catatan karena lupa simpan, karena Simplenote akan otomatis menyimpan catatan sesaat kamu memulai menulis.

Namun perlu diketahui aplikasi ini tidak memiliki kemampuan untuk menulis dengan jari. Namun hal ini tidak mengapa sebab Simplenote memang menonjolkan fiturnya agar tetap sesederhana mungkin.

Fitur Publish bisa menolongmu saat catatan yang dibuat ingin kamu online-kan. Namun tersedia juga fitur memberi password yang bisa digunakan untuk memproteksi catatan pribadi yang tidak ingin orang lain tahu.

11. JotterPad

aplikasi untuk menulis offline di hp

JotterPad berguna bagi kalian yang sering berkecipung di dunia tulis menulis. Kamu bisa gunakan untuk catatan harian, membuat artikel, menulis lirik, bahkan juga cerpen dan novel.

Fitur berguna yang bisa kamu manfaatkan adalah koreksi kata-kata tipo. Dengan fitur ini, maka jika ada huruf atau kata yang masih tipo akan dideteksi sehingga mengurasi kesalahan tulis.

Selain itu, menggunakan JotterPad akan memberikan pengalaman yang baik karena tampilan antarmuka yang bersih sehingga nyaman untuk digunakan menulis dalam waktu yang lama.

12. Notepad notes, memo, checklist

aplikasi menulis di layar ponsel

Alternatif lain untuk membuat catatan adalah Notepad notes. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi dan fitur yang membantu kamu menulis catatan di hp.

Di aplikasi ini kamu bisa membuat tulisan apapun kemudian mengaturnya ke dalam file tertentu. Selain itu, sebagai keamanan agar catatan tidak dibaca orang lain, kamu bisa menambahkan password ke catatan tersebut.

Selain menulis dengan mengetikkan kata per kata, kamu juga bisa menulis menggunakan jari-jari kalian. Notepad notes juga memungkinkan penggunanya menggambar dan mewarnainya. Keren kan?

13. Buku Harianku

aplikasi coretan layar

Menulis catatan harian membutuhkan aplikasi tertentu agar mudah dibuka kembali dan terorganisir. Untuk hal ini kamu bisa mencoba aplikasi Buku Harianku.

Aplikasi catatan harian atau diary ini membutuhkan akses akun untuk menulis catatan. Kamu bisa membuat akun secara gratis terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Untuk pengguna, aplikasi ini sudah cukup banyak. Lebih dari 1000k lebih menggunakan Buku Harian dengan rating tetap bagus di 4.8 dari 5 bintang.

14. Bamboo Paper

aplikasi coretan layar hp android

Cukup banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan dari aplikasi Bamboo Paper. Tidak terkecuali membuat catatan harian maupun perihal menulis di ponsel.

Fitur mengganti background juga bisa dilakukan agar sesuai dengan keinginan. Menambahkan gambar ke catatan sudah tersedia di Bamboo Paper.

Tidak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat sketsa dan gambar di dalamnya. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Kamu bisa langsung mengunduhnya dari Play Store secara gratis.

Itulah daftar aplikasi untuk menulis di layar Android. Tentunya daftar aplikasi yang ada di artikel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi yang kira-kira pas untuk kebutuhanmu.

Post a Comment for "14 Aplikasi untuk Menulis di Layar Android Terbaik Gratis & Bisa Gambar"