Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Aplikasi Keuangan Rumah Tangga Terbaik Cocok untuk Milenial

Mengatur keuangan keluarga kini sudah bisa menggunakan perangkat smartphone saja. Kamu bisa pasang aplikasi keuangan rumah tangga yang ada di Play Store secara gratis.

Memang keuangan dalam rumah tangga sangatlah penting untuk masa depan dan keberlangsungannya. Bahkan tidak sedikit pula yang bermasalah ketika tidak diatur dengan baik dan bijak.

Ketika dulu sebelum perangkat smartphone menjadi bagian kehidupan manusia, mengatur keuangan keluarga haruslah dicatat manual dalam buku.

Untuk mengetahui selisih pendapatan dan pengeluarannya pun harus dihitung manual. Ini tentunya membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Sangat berbeda dengan saat ini yang serba digital dan otomatis.

Aplikasi Keuangan Rumah Tangga Terlengkap

Sekarang ini untuk dapat mengelola keuangan tidak perlu pusing karena era telah berubah dan semua bisa terbantu dengan teknologi salah satunya adalah menggunakan aplikasi keuangan rumah tangga yang akan dibahas di artikel ini. Nah, apa saja rekomendasinya? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Money Lover

aplikasi keuangan rumah tangga

Bagi yang mengatur keuangan secara manual dan masih menggunakan buku fisik saatnya kamu beralih ke Money Lover. Aplikasi keuangan rumah tangga yang populer digunakan.

Money Lover memiliki beragam fitur yang mendukung kemudahan untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga atau keluarga kalian. Kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rinci di aplikasi ini.

Selain itu, dengan Money Lover, kamu juga bisa melacak piutang, melihat grafik keuangan, scan kwitansi, dan lain sebagainya. Bahkan ada fitur menarik di aplikasi ini yakni membuat anggaran tersendiri untuk tabungan dan agar target anggaran.

2. Keuangan Keluarga

catatan keuangan rumah tangga

Aplikasi keuangan rumah tangga yang bisa kamu gunakan adalah Keuangan Keluarga. Memiliki desain yang simpel membuat penggunanya nyaman dan efisien karena aplikasi fokus pada kegunaannya.

Keunggulan yang bisa kamu dapat dari aplikasi ini adalah pemrosesan data yang realtime dan dapat digunakan bersama dengan pasangan.

Jadi, ini tentunya sangat menyenangkan dan pengelolaan keuangan jadi lebih baik. Terutama pada pos-pos pengeluaran yang rutin. Misalnya pengeluaran biaya listrik, sewa tempat tinggal, belanja harian, dan lain sebagainya.

3. Sribuu: Budget & Money Manager

catatan pengeluaran bulanan rumah tangga

Selanjutnya adalah Sribuu, aplikasi keuangan rumah tangga yang memiliki fungsi mengatur arus uang. Aplikasi ini terdapat tiga fitur utama yakni mencatat arus uang secara manual dan otomatis, atur anggaran, dan analisa pengeluaran.

Salah satu yang unik adalah analisa pengeluaran. Fitur ini dibekali dengan AI atau kecerdasan buatan yang akan membantumu menganalisa pengeluaran dan memberikan saran terbaik agar kamu bisa lebih bijak dalam mengelola uang. 

Nah, untuk memudahkan aplikasi menganalisa kamu bisa menghubungkan Sribuu dengan aplikasi yang biasa digunakan untuk belanja. Fitur ini adalah Auto-linking di mana kamu bisa hubungkan ke rekening bank, e-wallet, dan e-commerce.

4. DompetKu - Catatan Keuangan

keuangan rumah tangga

Dalam rumah tangga salah satu hal yang paling penting adalah penggunaan keuangannya. Karena pengelolaan yang kurang tepat akan menjadikan penghasilan yang pas untuk satu bulan bisa jadi malah kurang dan menghasilkan hutang.

Untuk mengatur keuangan rumah tangga, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama DompetKu. Kamu bisa mencatat pendapatan, pengeluaran, hutang, dan pinjaman.

Terdapat juga fitur Multiple Account atau rekening untuk membantu memudahkan pencatatan keuangan. Selain itu, mengelompokkan pengeluaran atau pendapatan tiap hari juga bisa dilakukan. Privasi pun terjaga dengan cara menambahkan PIN di aplikasi ini.

5. Money Manager: Expense Tracker

catatan keuangan harian

Aplikasi keuangan rumah tangga lainnya adalah Money Manager. Memiliki beragam fitur untuk memudahkan pencatatan keuangan dalam keluarga menjadi lebih sederhana dan cepat.

Di aplikasi ini kamu bisa mengelompokkan catatan keuangan ke kategori tertentu seperti keuangan pribadi, keuangan untuk keluarga, hingga untuk urusan kerjaan atau bisnis. 

Fitur lain adalah adanya saldo yang langsung dijumlahkan di dalam aplikasi ini sejak pertama kali menggunakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lakukan pelacakan arus kas dari banyak bank, e-wallet, tunai, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Terbaik di HP Android

6. Catatan Keuangan

catatan keuangan online

Mencatat keuangan di era serba mudah ini sangatlah penting karena semua bisa dibeli melalui smartphone. Jika tidak kontrol pengeluaran, maka yang terjadi pasti perilaku boros yang dapat berakibat hutang saat gaji sudah habis sebelum gajian berikutnya.

Aplikasi Catatan Keuangan memberikan kemudahan untuk penggunanya. Bahkan jika kamu sebelumnya tidak pernah menggunakan aplikasi keuangan rumah tangga kamu tetap bisa mengoperasikan aplikasi ini dengan mudah.

Beberapa fitur andalan aplikasi ini adalah mencatat dengan rinci aktivitas pemasukan dan pengeluaran, menghitung selisih, melihat laporan dengan rentang waktu yang dipilih, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin mengamankan agar orang lain tidak bisa membuka catatan keuanganmu, maka kamu cukup aktifkan PIN ketika masuk aplikasi. Menarik sekali kan aplikasi ini? Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dari Play Store.

7. Finku - Spending Tracker

spending tracker app

Finku merupakan aplikasi keuangan rumah tangga yang bisa mengelola secara otomatis dengan mengatur budget, bayar tagihan, pantau arus kas, dan lain-lain. Yang lebih mengesankan lagi aplikasi ini terdaftar OJK lho.

Dalam proses kerjanya aplikasi ini hanya membaca data saja dan tentunya tidak dapat mengubah data. Jadi, keuangan kamu tetap aman meskipun ada banyak aplikasi keuangan yang terpasang di ponselmu.

Hampir sama seperti aplikasi keuangan keluarga lainnya, Finku mampu mencatat arus keuangan, membuat laporan harian, bulanan, dan mingguan. Karena terdaftar OJK, aplikasi ini juga memberikan pinjaman dana hingga Rp5 jt dengan cepat. Berminat?

8. Money Manager Expense & Budget

aplikasi keuangan keluarga kecil

Aplikasi keuangan rumah tangga yang cukup populer di Play Store adalah Money Manager Expense & Budget. Jumlah unfduhannya sudah mencapai 10 juta lebih dengan rating yang bagus yakni 4.8 bintang dari 5. Ini membuktikan bahwa aplikasi ini sangat disarankan untuk digunakan.

Money Manager ini dapat dengan mudah mencatat setiap transaksi. Selain itu, keuangan untuk pribadi dan bisnis juga tersedia sehingga memudahkan pembagian dana agar tidak tercampur antara keperluan pribadi dan keperluan bisnis.

Terdapat juga review harian untuk laporan keuangan yang ada mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Melihat statistik dalam bentuk grafik, bookmark transaksi yang sering dilakukan, dan masih banyak lagi. Segi privasi pun terjaga dengan adanya fitur password untuk masuk aplikasi ini.

9. Mint: Budget & Track Bills

aplikasi keuangan rumah tangga milenial

Terakhir ada Mint, salah satu aplikasi terfavorit untuk keuangan rumah tangga para milenial. Ini karena Mint menyediakan banyak fitur dengan kemudahan saat digunakan.

Mint memiliki fitur seperti menambahkan rekening bank, membuat tagihan bulanan, pinjaman, hingga giro. Untuk memudahkan pembukuan, aplikasi ini juga akan mengelompokkan catatan keuangan ke dalam kategori berbeda.

Selain itu, tampilan berupa grafik juga mempermudah dalam memeriksa laporan yang ada. Bahkan, jika ada suatu hal yang tidak wajar, misalnya tagihan membengkat maka aplikasi akan memberikan notifikasi.

Itulah beberapa aplikasi keuangan rumah tangga yang dapat kamu atur catatannya. Semua pengeluaran dan pemasukan akan ditampilkan di aplikasi tersebut sehingga pengguna akan tahu uang masuk dari mana dandikeluarkan untuk apa saja.

Dari daftar aplikasi di atas, mana nih yang ingin kamu gunakan?

Post a Comment for "9 Aplikasi Keuangan Rumah Tangga Terbaik Cocok untuk Milenial"