Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Aplikasi Keamanan HP Android untuk Melindungi Privasi & Data

Berbicara mengenai keamanan di hp Android, tentu sangat penting karena sekarang ini ponsel pintar menjadi salah satu perangkat elektronik dengan beragam kemudahan yang ditawarkan dalam kehidupan berdigital.

Dengan kemudahan tersebut, tentunya juga mempermudah orang lain untuk berbuat menyalahi hukum salah satunya pencurian data pribadi yang sangat merugikan.

Nah agar tidak terjadi hal tersebut, berikut ini ada beberapa aplikasi pengaman hp di Android, yuk simak selengkapnya.

Aplikasi Keamanan di HP Android Terbaik

Cukup banyak aplikasi yang menawarkan fitur pengaman ponsel Android yang terdapat di Play Store. Nah, berikut kami merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa kamu install.

1. AppLock

Aplikasi Keamanan HP Android
Aplikasi keamanan hp Android yang pertama adalah AppLock. Aplikasi ini hadir dengan kemampuan canggih yakni dapat mengunci semua folder dan data-data yang ada di dalamnya.

Selain folder, AppLock memiliki kemampuan untuk lock aplikasi dan media sosial yang kamu punya. Fitur ini tentu sangat berguna dan dapat memberikan keamanan ekstra untuk ponsel terutama saat dipegang orang lain.

Cara mengunakan aplikasi AppLock juga sangat mudah yakni cukup dengan memilih aplikasi dan folder yang ingin dikunci kemudian buatlah kata sandinya.

2. Google Find My Device

Aplikasi Keamanan HP Android
Sudah bisa ditebak dari nama aplikasi pengaman hp ini yakni untuk melacak ponsel hilang. Aplikasi Find My Device mampu mengetahui posisi ponsel dengan fitur GPS. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir ketika ponsel hilang.

Fitur lain aplikasi ini adalah dapat mengamankan data-data penting di ponsel. Pasalnya terdapat fitur Lock yang akan memblokir akses ketika ponsel berada di tangan orang yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur erase or show message guna mengatur pesan apakah akan dihapus langsung atau dapat dilihat.

3. TunnelBear VPN

Aplikasi Keamanan HP Android
Aplikasi keamanan hp Android ini dapat berfungsi untuk membuka blokir pada setiap website yang diblokir. Ketika VPN aktif lokasi akses akan diubah ke negara lain misalnya US, UK, Kanada, dan lain sebagainya.

Saat menggunakan aplikasi ini untuk berselancar di internet, keamanan data asli juga akan terjaga karena TunnelBear akan menyamarkan alamat IP asli ponsel menjadi anonim.

Tidak perlu takut menggunakan jaringan WiFi ditempat umum, karena aplikasi ini mampu mengamankan kalian dari ulah orang jahil yang biasanya ada di jaringan WiFi publik.

4. DuckDuckGo Privacy Browser

Aplikasi Keamanan HP Android
DuckDuckGo dapat menjadi pilihan terbaik sebagai mesin pencari selain Google saat kamu tidak ingin meninggalkan jejak apapun selama browsing di internet. Pasalnya DuckDuckGo tidak mengambil data apapun dari penggunanya.

Jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai data ponsel, data history browsing, dan data penting lainnya. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Caranya sangat mudah seperti kamu berselancar di internet menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, atau Yandex. Namun dengan DuckDuckGo semua akan aman dan privasi saat browsing tetap terjaga.

5. Hidden Eye

Aplikasi Keamanan HP Android
Aplikasi untuk keamanan hp Android ini memiliki fitur yang mampu memotret orang lain yang berupaya membuka kunci password hp kamu.

Aplikasi ini juga memiliki fitur alarm yang akan aktif secara otomatis ketika orang lain salah memasukkan kunci layar sebanyak tiga kali.

Fitur yang menarik sekali, bukan? Nah, kamu bisa mengunduh aplikasi pengaman hp ini secara gratis dari Play Store.

6. Photo Vault PRIVARY

Aplikasi Keamanan HP Android
Merasa perlu untuk menyembunyikan foto, video, atau file penting lainnya di ponsel? Maka kami sangat merekomendasikan aplikasi bernama Photo Vault PRIVARY untuk dipasang di hp kalian.

Aplikasi keamanan untuk file di Android ini akan mengunci setiap folder dan filenya menggunakan password yang hanya pemilik ponsel yang tahu.

Selain itu, file yang terkunci tersebut juga akan dienkripsi sehingga keamanan data jauh lebih terjamin. Kamu juga tidak perlu takut ketahuan menggunakan Privary karena aplikasi ini tersembunyi dari sistem dan tidak akan tampil di recent apps list atau daftar aplikasi terkini yang dibuka.

7. Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi Pengaman HP
Antivirus dapat menjadi salah satu aplikasi keamanan hp Android yang cukup penting. Pengujian pada November 2017 Kaspersky telah berhasil memblokir 99,9% malware di antaranya adalah situs atau tautan berbahaya dan juga nomor-nomor tertentu.

Selain mengamankan ponsel dari hal-hal tersebut aplikasi ini juga mempunyai fitur pengunci aplikasi yang dapat menjaga privasi pemilik ponsel menggunakan password atau kode rahasia.

Yang tidak kalah pentingnya adalah aplikasi ini dapat melacak lokasi ponsel yang hilang entah itu karena terjatuh, tertinggal, atau bahkan diambil orang.

8. Resilio Sync

Aplikasi Pengaman HP
Memiliki banyak data penting di ponsel memang cukup beresiko karena mungkin saja ponsel rusak atau hilang, nah kamu dapat menggunakan aplikasi Resilio Sync untuk menyimpan data secara aman tanpa takut diambil oleh pencuri data.

Resilio Sync akan menyimpan data kalian di sebuah storage yang aman dan terjaga. Karena Resilio tidak menyimpan data di server, dan hanya pemilik data sajalah yang dapat mengaksesnya.

Bagaimana ingin menyimpan data dengan aman di aplikasi keamanan hp ini? Kamu bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis.

9. GlassWire

Aplikasi Pengaman HP
Mengetahui penggunaan data secara rinci memang perlu terutama jika paket data yang kita pakai cepat habis padahal hanya untuk pemakaian biasa.

GlassWire akan memberikan grafik menyeluruh untuk setiap aplikasi yang menggunakan paket data. Dengan demikian tentunya kalian akan mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan paket data berlebih.

Selain itu, kamu juga bisa memilih aplikasi mana saja yang dapat menggunakan WiFi.

10. Security Master

Aplikasi Pengaman HP
Security Master merupakan aplikasi pengaman hp yang populer di Play Store dengan penggunanya yang telah mencapai 25 juta lebih. Tentu keamanan sistem ponsel yang ditawarkan aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi.

Karena pengembang Security Master telah membenamkan sistem antivirus paling canggih untuk mengamankan semua berkas-berkas penting di ponsel.

Selain mengamankan ponsel dari serangan virus, Security Master juga memiliki fitur pemeliharaan perangkat berupa pembersih sampah yang mampu meningkatkan performa atau kinerja ponsel.

Tidak hanya itu, fitur yang banyak dicari berupa kunci aplikasi pun ada di sini. Kamu dapat mengatur fitur keamanan ini dengan kunci sidik jari, PIN, dan pattern atau pola.

11. Eset Mobile

Aplikasi Pengaman HP
Eset Mobile memiliki fitur yang menarik salah satunya adalah mendeteksi situs phising. Di mana situs ini merupakan situs pancingan yang mirip dengan situs asli agar korban terkecoh dan percaya untuk login menggunakan username dan password yang dimilikinya.

Situs phising juga sangat sering digunakan untuk mencuri data pengguna internet lainnya seperti: nomor rekening, kartu kredit, email, hingga data-data pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor ponsel, bahkan nomor KTP dan KK.

Tentunya dengan mendapatkan data-data tersebut penipu akan dengan mudah menipu di antaranya mengaku sebagai teman, kerabat, dan lain sebagainya.

Nah, dengan aplikasi keamanan hp Android bernama Eset Mobile ini, kamu akan diberi peringatan bahwa yang dikunjungi itu adalah situs palsu. Hal ini dapat Eset Mobile lakukan karena telah terintegrasi dengan browser yang terinstall di ponsel.

12. Parallel Space

Aplikasi Pengaman HP
Untuk menjadikan aman sebuah ponsel mungkin dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu mengkloning aplikasi asli, artinya kamu dapat memiliki dua aplikasi yang sama di dalam satu ponsel.

Aplikasi Parallel Space dapat menggandakan aplikasi yang kamu inginkan. Yang lebih menarik lagi, kamu bisa login dengan dua akun yang berbeda.

Dengan aplikasi Parallel Space, cukup gunakan satu hp saja untuk menginstall aplikasi yang sama. Bagaimana tertarik mencobanya?

Itulah deretan aplikasi keamanan di hp Android yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mengunduh aplikasi-aplikasi di atas sesuai dengan yang kamu butuhkan. Semoga ponsel dan data-data yang ada di dalam ponsel kita tetap terjaga ya.

Post a Comment for "12 Aplikasi Keamanan HP Android untuk Melindungi Privasi & Data"