Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Aplikasi File Manager Terbaik di Ponsel Android 2021

File manager adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola, membuka, membuat, menyunting, mengubah, memindahkan dokumen dan hal-hal lain yang berhubungan dengannya. Di Android biasanya memang sudah dilengkapi apps pengelola dokumen (aplikasi bawaan).

Namun, tidak ada salahnya apabila kamu ingin memasang aplikasi tambahan dari luar yang bisa diunduh dari Play Store. Nah, kira-kira apa saja aplikasi file manager terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih mudah dalam proses navigasi berkas di HP Androidmu?

Aplikasi File Manager Terbaik Bisa Lakukan Lebih dari App Bawaan

Memiliki peran vital, apps pengelola dokumen tidak boleh diremehkan. Ya, daripada selama ini kamu hanya mengunduh banyak aplikasi game, mending mulai sekarang diubah. Unduhlah aplikasi file manager terbaik yang bisa meningkatkan performa sekaligus navigasi Androidmu.

1. X-plore File Manager

Aplikasi file manager terbaik - x-plore file manager

Aplikasi pengelola dokumen bernama X-plore ini adalah aplikasi file manager terbaik untuk versi Android. Walau tampilannya mirip dengan interface PC tahun 90’an, tetapi hal ini tidak mengurangi fungsi utamanya.

Melalui tampilan seperti itu, kamu akan dimudahkan dalam pengoperasiannya. Apalagi ditambah dengan tampilan dual pane dan itu termasuk dual pane yang user friendly. Sehingga memungkinkan proses pemindahan file bisa lebih mudah dan akurat.

Tidak hanya support di Android, apps X-plore ini juga support dengan Dropbox, Google Drive, One Drive, Amazon Cloud Drive, dan lainnya. Jadi, jika kamu membutuhkan cloud storage, maka melalui apps X-plore ini akan memudahkan kamu dalam menggunakannya.

2. Files by Google

Aplikasi files by google

Files by Google adalah aplikasi multi fungsi yang dikembangkan oleh pihak developer Google. Files by Google berguna untuk mengelola file dan sebagai aplikasi untuk membersihkan sampah yang telah lama tersimpan di Android. Jadi, sering dibilang sebagai apps all in one.

Ada fitur menonjol dari Files by Google. Yaitu, kamu bisa mengirim file/folder yang terenskripsi kepada orang terdekat, walau sedang offline (tanpa koneksi internet). Jadi, fungsinya hampir mirip dengan SHAREit.

Begitupun dari segi back up file. Kamu tidak perlu khawatir jika file di Androidmu hilang. Karena, melalui support Google, file secara otomatis terbackup ke Google Drive.

3. FX File Explorer

Aplikasi fx file explorer

FX File Explorer adalah sebuah apps yang memiliki kualitas bagus guna mengelola program dan berkas di dalamnya. Kenapa? Karena selain memiliki fungsi utama sebagai pengelola program dan berkas, juga ada beberapa keunggulan yang harus kamu tahu dari FX File Explorer.

Pertama, kamu  bisa browsing  secara cepat untuk menemukan data yang sudah tertumpuk. Kedua, dilengkapi dengan interface sederhana, dukungan cloud storage, akses root, dukungan FTP dan WebDAV, remote file manager, dan beberapa fitur lainnya.

Aplikasi ini juga tidak akan menampilkan iklan sehingga aman dan tidak akan mengganggu saat digunakan. Untuk memanfaatkan aplikasi ini, kamu cukup mengunduhnya di Play Store secara gratis. Namun, apabila ingin versi premium dengan banyak fitur, otomatis harus mengupgradenya dan membelinya di Play Store.

Baca Juga12 Aplikasi Keamanan HP Android untuk Melindungi Privasi & Data

4. Android TV File Manager Pro

Aplikasi android tv file manager pro

Android TV File Manager Pro adalah aplikasi yang dirancang tidak hanya untuk HP atau tablet, tetapi juga dirancang untuk semua perangkat bersistem Android. Termasuk perangkat kompatibel dengannya adalah Android TV.

Bagusnya lagi, Android TV Pro ini support di chromebook, banyak fiturnya, dan untuk HP yang sudah diroot masih masih bisa menggunakan apps ini. Namun, kelemahannya adalah kamu harus membayar jika ingin menggunakannya.

Tenang saja, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 9.000 untuk menikmati semua fiturnya. Murah, tapi tidak murahan, kan?

5. TISNTI

Aplikasi file manager terbaik - TISNTI

TISNTI adalah aplikasi pengelola file yang didesain dengan keunikan tersediri daripada pengelola file kompetitor. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan fitur copy, cut, paste, compress, search, delete, decompress, dan lainnya.

Jadi, apabila kamu memiliki berkas berukuran besar dan ingin mengecilkan ukurannya. Maka, kamu sudah tidak perlu bingung bagaimana mengecilkan ukurannya tersebut. Kamu bisa memanfaatkan TISNTI ini secara mudah, yakni cukup menggunakan HP Android.

Begitupun dari segi search. Melalui fitur pendukung ini, proses search bisa lebih mudah dan cepat dilakukan. Sering kan saat search menggunakan apps bawaan leletnya minta ampun.

6. APUS File Manager

Aplikasi apus file manager

Aplikasi file manager terbaik lainnya adalah APUS File Manager. Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya.

Kamu dapat menemukan fitur utama yang ada di dalam sebuah aplikasi pengelola file seperti copy, paste, cut, move, delete, rename, share, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghapus junk file dan menganalisa ruang penyimpanan ponsel kalian dengan aplikasi APUS File Manager ini. Kecepatan transfer file transfer di aplikasi ini juga sangat baik, cocok untuk mengcopy atau memindahakan file dengan ukuran yang besar.

7. Amaze File Manager

Aplikasi amaze file manager

Aplikasi yang bisa dikatakan baru ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk aplikasi file manager di Android kalian. Aplikasi ringan ini mampu melakukan searching data-data yang ada di dalam ponsel dengan cepat.

Tidak hanya fitur utama untuk manage file, aplikasi Amaze File Manager juga memiliki fitur lain berupa Material Design dan SMB File Sharing. Kamu juga bisa mencopot aplikasi yang jarang digunakan, root explorer, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dari Play Store. Dengan ukurannya yang ringan hanya 3.85 MB, tentu tidak membebani kinerja smartphone kalian.

8. File Manager

Aplikasi file manager

Aplikasi ini dapat menjadi pilihan terbaik jika kamu menginginkan kontrol semua segmen data di semua media penyimpanan di smartphone. Karena aplikasi ini memiliki tampilan dan cara untuk mengatur file dengan mudah.

Kamu dapat mengatur file-file dari semua media penyimpanan yang ada dari Main Storage, kartu SD, USD Storage atau OTG, bahkan hingga file hasil unduhan di folder Downloads.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses file yang kamu simpan di Cloud Storage dari aplikasi ini, menganalisa ruang penyimpanan ponsel dan membersihkannya dari file yang tidak digunakan.

Baca Juga12 Aplikasi Pengunci Aplikasi di Android yang Ringan

9. Root Explorer

Aplikasi file manager terbaik - root explorer

Ponsel kamu sudah di-root? Kamu bisa menginstal aplikasi Root Explorer. Aplikasi ini mampu menjelajahi semua file sistem di Android sampai ke folder yang sulit untuk diketahui oleh orang biasa.

Beberapa fitur yang bisa kamu temukan di antaranya adalah multiple tab, akses Google Drive, Dropbox dan dukungan network (SMB), SQLite, dan masih banyak lagi yang lainnya?

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang menurut kalian tidak begitu penting atau bahkan tidak pernah digunakan. Aplikasi Root Explorer ini bisa kamu beli dengan harga USD 3,99 dari Play Store.

10. Astro File Manager

Aplikasi astro file manager

Astro File Manager merupakan salah satu aplikasi pengelola file gratis terbaik di Play Store. Aplikasi ini sangat populer dengan lebih 150 juta pengguna dari seluruh dunia.

Aplikasi ini memiliki interface yang ramah pengguna sehingga mudah digunakan. Navigasi yang simpel untuk mengelola memori internal, eksternal, dan cloud storage di dalam satu aplikasi.

Beberapa fitur yang bisa kamu temukan adalah move, copy, share, rename, mengurutkan dan mengelompokkan file, hingga mengatur file hasil unduhan ke folder lain. Selain itu, terdapat juga Storage Cleaner yang dapat membersihkan media penyimpanan agar meningkatkan kinerja ponsel.

11. File Manager (No Ads)

Aplikasi file manager (no ads)

Aplikasi file manager yang  gratis sebagian besar akan menampilkan iklan saat aplikasi ini dibuka. Nah kamu bisa menggunakan aplikasi ini jika tidak ingin muncul iklan di dalamnya.

Pengembang aplikasi ini juga mengatakan bahwa aplikasiya tidak memerlukan izin internet. Jadi, privasi mengenai data di ponsel dapat tetap terjaga.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti kebanyakan aplikasi file manager lainnya seperti move, copy, cut, delete, share, compress file dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memilih tema, tema yang tersedia adalah dark, light, dan colors.

12. Total Commander

Aplikasi total commander

Seperti nama aplikasinya Total Commander, aplikasi ini memiliki banyak sekali kegunaan dalam me-manage file. Fitur dasar file manager lengkap, Plugin untuk berbagai fungsi, Media Player, Cloud Storage, hingga akses root.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali pengguna, di Play Store saja aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating yang cukup bagus yakni 4,5 bintang.

Total Commander tersedia di Play Store dan situs download APK secara gratis, kamu bisa langsung mengunduhnya.

Saran kami, jika kamu tidak puas dengan apps bawaan, tidak ada salahnya untuk menggunakan apps dari luar. Misalnya dengan memilih satu di antara aplikasi file manager terbaik di atas. Kemudian, segera unduh aplikasinya sesuai keinginan dan pastinya harus kompatibel di Android ya.

Post a Comment for "12 Aplikasi File Manager Terbaik di Ponsel Android 2021"