Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Cocok untuk UMKM

Aplikasi pencatatan penjualan gratis banyak dimanfaatkan untuk membukukan hasil penjualan dengan lebih mudah dan akurat. Kehadiran teknologi semacam ini memanglah sangat dibutuhkan terutama untuk pelaku bisnis. Dengan demikian mereka dapat meminimalisir kesalahan dalam bisnisnya seperti human error.

Selain itu, dengan aplikasi pencatatan tersebut, para pelaku bisnis dapat mengetahui lebih detail mengenai penjualan yang terjadi. Jadi hal penting seperti pencatatan keuangan, barang yang terjual, dan sejenisnya bisa terpantau dengan cepat dengan data-data yang tersaji serta mudah dipahami.

Pilihan aplikasi pencatatan jualan gratis untuk mempermudah melakukan pencatatan penjualan adalah sebagai berikut.

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik

Pencatatan hasil penjualan menjadi dasar berkembangnya bisnis yang kamu lakukan. Oleh karena itu, untuk mempermudah melakukan pencatatan, kamu dapat menggunakan aplikasi pencatatan di bawah ini.

1. Wave

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis - Wave

Selain digunakan sebagai aplikasi pencatatan penjualan, wave dilengkapi dengan fitur lainnya yang berfungsi untuk pembuatan kwitansi online dan pengiriman invoice. Aplikasi ini telah digunakan lebih dari ratusan ribu pengusaha di Indonesia.

Aplikasi wave menawarkan beberapa kelebihan seperti tampilan fitur yang menarik, dapat digunakan tanpa perlu proses instalasi. Selain itu aplikasi ini juga dapat kamu gunakan di mana pun asalkan terhubung dengan jaringan internet.

2. Akaunting

Aplikasi Pencatatan Penjualan - Akaunting

Aplikasi pencatatan penjualan gratis yang dapat kamu gunakan yaitu aplikasi Akaunting. Aplikasi Akaunting dapat menunjang kegiatan bisnis mulai dari aktivitas pencatatan penjualan, melihat pengeluaran, melakukan sinkronisasi akun, dan lain sebagainya.

Keuntungan yang kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi Akaunting adalah dapat memiliki fitur Paypal langsung pada software aplikasi, aplikasi menggunakan bahasa Indonesia serta memiliki fitur yang sudah terhubung dengan bank.

Kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Akaunting adalah kamu masih perlu membayar apabila menggunakan beberapa fitur canggih yang ada pada aplikasi ini.

Baca Juga10 Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Terbaik di HP Android

3. Olsera Point of Sale

Aplikasi Olsera Point of Sale

Mencatat hasil penjualan dapat kamu lakukan menggunakan aplikasi olsera point of sale. Aplikasi ini dapat kamu gunakan baik saat data internet offline maupun online.

Olsera point of sale dilengkapi dengan sistem cloud yang dapat merekam dan menyimpan seluruh aktivitas transaksi yang dilakukan. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat digunakan secara gratis selama 14 hari saja. Anda perlu melakukan pembayaran ketika menggunakan aplikasi olsera point of sale dalam jangka panjang.

4. Omega POS

Aplikasi Omega POS

Omega POS dapat kamu gunakan untuk mencatat hasil penjualan secara gratis dengan mengunduhnya di Google play store. tidak hanya digunakan untuk melakukan pencatatan penjualan aplikasi omega POS bisa melakukan manajemen karyawan serta menganalisis data persediaan barang (stok).

Aplikasi omega POS cocok digunakan untuk usaha UKM ada usaha lain seperti kafe, restoran,  retail, waralaba, barbershop, mini outline dan lain sebagainya.

Baca Juga5 Aplikasi Pinjaman Uang Terdaftar di OJK Cepat Cair dan Aman

Menggunakan aplikasi pencatatan penjualan gratis dapat memberikan banyak keuntungan kepada pelaku bisnis. Keuntungan tersebut antara lain:

1. Sebagai bahan evaluasi bisnis yang dijalankan

Dengan adanya aplikasi pencatatan penjualan kamu bisa melakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan. Kamu bisa mendeteksi apa saja kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada bisnis kamu.

2. Mengetahui laba dan rugi

Perolehan laba dan rugi dalam penjualan dapat terekam dengan baik saat menggunakan aplikasi pencatatan penjualan. Kamu dapat mengetahui jumlah keuntungan dan jumlah kerugian yang diperoleh dalam periode tertentu tanpa harus menghitung manual.

3. Sebagai bahan pengambilan keputusan bisnis

Aplikasi pencatatan penjualan akan mempermudah kamu dalam melakukan analisis bisnis yang telah kamu jalankan. Aplikasi pencatatan penjualan dapat bola kamu gunakan saat mengambil keputusan bisnis.

Misalnya,dengan aplikasi pencatatan penjualan kamu dapat tahu produk mana yang memiliki penjualan tertinggi. Selain mengetahui  produk dengan penjualan tertinggi, kamu bisa mengetahui produk dengan penjualan rendah. Gambaran inilah yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan promosi penjualan produk dengan penjualan rendah.

Nah, itulah pembahasan mengenai aplikasi pencatatan penjualan untuk bisnis yang kamu jalankan. Kira-kira aplikasi apa yang ingin kamu gunakan di usaha kalian? Jangan lupa juga sesuaikan dengan usaha dan kebutuhan yang ada di usaha kalian ya.

Post a Comment for "4 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Cocok untuk UMKM"