Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Aplikasi Kelola Marketplace, 1 Dasbor Banyak Toko

Mengelola banyak toko di beberapa Marketplace memang cukup melelahkan, apalagi masih kita pegang sendiri manajemen bisnisnya. Tapi tenang, kami akan merekomendasikan aplikasi kelola marketplace untuk mengatur semuanya dari satu tool saja.

Fitur utama yang akan kamu dapat adalah integrasi toko di marketplace. Semua proses seperti upload produk, proses pesanan, pengaturan stok, dan lain sebagainya dapat kamu lakukan di sini dan dapat diterapkan ke banyak toko.

Bagaimana? Fitur yang sangat canggih, kan? Dengan aplikasi yang akan kita bahas di artikel ini, aktivitas pengelolaan toko akan jauh lebih cepat dan mudah sehingga akan berdampak baik untuk kemajuan bisnis.

Aplikasi Kelola Marketplace, Tersedia Paket Gratis

Di Indonesia, tersedia cukup banyak aplikasi untuk mengelola banyak toko di marketplace populer seperti Shopee, Lazada, TikTok Shop, dan Tokopedia.

Berikut daftar rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk integrasi dan pengelolaan dari satu dashboard. Simak ulasan berikut ini:

1. Ginee

aplikasi kelola marketplace

Aplikasi pertama untuk mengelola marketplace adalah Ginee. Ginee bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu masih mencoba-coba fitur dan toko-toko yang kamu miliki belum begitu ramai orderan.

Beberapa fitur yang bisa kamu nikmati walaupun belum upgrade premium adalah kelola orderan hingga 1000 pcs/bulan, kelola produk, stok, dan integrasi toko maksimal 2.

Tentunya jika beralih ke premium kamu akan mendapatkan fitur yang jauh lebih lengkap dan jumlah toko yang lebih banyak.

paket yang bisa kamu ambil adalah Basic, Pro, Business, dan yang paling tinggi harganya Ginee Plus. Level paket harganya bervariasi, yang termurah adalah Basic dengan harga Rp 399.000,- per bulan.

Beberapa marletplace populer yang bisa kamu integrasikan adalah Shopee, Tokped, Blibli, TikTok Shop, hingga BukaLapak.

2. Bigseller

aplikasi integrasi marketplace

BigSeller merupakan salah satu aplikasi kelola marketplace yang ada di Indonesia dan beberapa negara lain seperti Thailand, Vietnam dan China. Menggunakan BigSeller untuk integrasi toko juga sangat mudah di sini.

Jika memiliki toko di Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop, atau yang telah didukung di Bigseller, kamu bisa mengelola dalam satu dashboard saja dan tidak perlu masuk satu per satu toko.

Selain itu, kamu tidak perlu upgrade ke premium (berbayar) jika masih memiliki 5 toko dan orderan di bawah 3000 buah per bulan.

Salah satu fitur yang bisa kamu coba adalah product scraper. Fitur ini mampu mengambil gambar, deskripsi produk, harga, hingga variasinya.

Jadi, jika kamu dropshipper atau reseller, fitur ini sangat berguna karena akan sangat menghemat waktu dan tenaga.

3. Jubelio

aplikasi omnichannel marketplace

Jadikan satu dashboard jika kamu memiliki banyak toko di beberapa marketplace populer di Indonesia. Salah satu pilihan yang patut dicoba adalah aplikasi bernama Jubelio ini.

Aplikasi kelola marketplace ini memungkinkan setiap penggunanya untuk mengintegrasikan lebih dari satu toko. Jubelio dapat mengelola toko online di Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada, Tokopedia, hingga Akulaku.

Selain mendukung marketplace uang telah disebutkan di atas, Jubelio juga bisa diintegrasikan dengan toko yang ada di Shopify dan WooCommerce.

Layanan yang ditawarkan rata-rata mirip dengan kebanyakan aplikasi pengelola toko online. Kamu bisa mengelola orderan, manajemen stok barang, hingga laporan keuangan.

Di Jubelio ini kamu bisa menikmati fitur-fiturnya secara gratis. Untuk versi berbayarnya cukup unik, karena kamu harus membeli kuota. Kuota ini terbagi menjadi Basic, Professional, dan Enterprise.

Baca Juga: 4 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Cocok untuk UMKM

4. Master Online

aplikasi master online

Mengelola marketplace dalam satu aplikasi merupakan kemudahan yang sangat berarti bagi seller. Apalagi mereka memiliki lebih dari satu toko di banyak platform ecommerce.

Master Online adalah aplikasi kelola marketplace yang memiliki banyak fitur untuk integrasi Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, hingga TikTok Shop.

Beragam fitur yang bisa kamu peroleh di sini adalah manajemen orderan, manajemen pengiriman, inventori produk dan stok, laporan keuangan, analisa penjualan, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Jika kamu ingin mencoba aplikasi Master Online, ada trial gratis 14 hari sebelum lanjut pembayaran. Paket bulanan juga beragam menyesuaikan jumlah toko dan orderan.

Tersedia 5 paket yakni: Basic, Silver, Gold, Diamond, dan Platinum. Untuk yang baru menggunakan Master Online, kamu bisa pilih Basic dulu.

5.  Majoo

aplikasi omnichannel indonesia

Berikutnya ada aplikasi bernama Majoo. Seperti namanya, dengan aplikasi ini kamu bisa beberapa langkah lebih maju karena semua toko dikelola dengan satu tool yang sangat meringankan pekerjaan.

Majoo bisa mengintegrasikan toko di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Nantinya semua toko online tersebut dapat kamu pantau hanya dari Majoo saja.

Mengenai fitur, Majoo bisa dibilang cukup lengkap. Di sini tersedia banyak tools berguna selain integrasi MP, misalnya aplikasi kasir online, akuntansi, aplikasi CRM, bahkan membuat toko online sendiri juga bisa.

Jika kamu tertarik dengan Majoo, maka terdapat trial selama 30 hari. Selama masa trial ini, gunakan untuk eksplor fitur yang ada untuk menyimpulkan apakah worth it digunakan di bisnis yang dijalani atau tidak, jika Ya maka lanjut.

Untuk paketnya terbagi menjadi 3, yakni: Starter, Advance, dan Prime, harga termurahnya adalah Rp249.000.-. Tersedia juga paket lainnya sesuai dengan kebutuhan seperti Marketplace Omnichannel dan Food Order Omnichannel, harga Rp499.000,-.

6. iSeller

iseller commerce

Memiliki banyak toko dengan managing yang baik tentunya tidak akan begitu repot pengelolaannya. iSeller adalah aplikasi kelola marketplace untuk mempermudah semua alur pesanan dan jumlah stok.

Aplikasi ini mampu mengelola toko yang ada di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Fitur yang diberikan juga tidak kalah lengkap. Terdapat fitur kelola etalase, penyelarasan stok, manajemen konsumen, dan pembuatan promosi toko.

Untuk iSeller ini memberikan trial 14 hari sejak pertama mendaftar. Selanjutnya untuk paket berbayar yakni: Starter, Pro, Advanced, dan Enterprise. Paket mulai harga Rp300.000/bulan.

Dari harga yang tertera, ada biaya lain untuk integrasi marketplace sebesar Rp150.000 tiap bulan. Harga ini untuk satu marketplace.

Tidak hanya tools untuk integrasi marketplace, iSeller juga menyediakan aplikasi kasir. Tool ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki toko, kios, atau outlet offline.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pinjaman Uang Terdaftar di OJK Cepat Cair dan Aman

7. Sirclo Store

sirclo store

Aplikasi kelola marketplace ini kami rekomendasikan untuk kalian yang ingin menyederhanakan pengelolaan banyak toko di beberapa marketplace terbesar di Indonesia.

Sirclo Store memungkinkan kita untuk menghubungkan toko di Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Zilingo, dan lainnya menjadi satu dashboard. Ini sangat membantu penjual terutama ketika ada pesanan dari beberapa tokonya.

Dengan Sirclo Store, salah satunya kita dapat melakukan sinkronisasi produk. Fitur ini membuat penjual tidak perlu khawatir kehabisan stok.

Selain itu, tersedia integrasi WhatsApp Business. Bahkan kamu juga bisa membuat toko online sendiri di sini. Fiturnya pun sudah disediakan dari template website hingga metode pembayaran yang tentunya aman di platform Sirclo Store ini.

Untuk paket di Sirclo Store ada tiga, yakni: Starter, Basic, dan Professional. Untuk pemula, kamu bisa mulai dengan paket Starter dengan gratis 30 hari.

8. SmartSeller

smartseller

SmartSeller merupakan aplikasi kelola marketplace dengan inventori terpusat. Kamu dapat mengintegrasikan beberapa toko ke SmartSeller dari Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan TikTok Shop.

Dengan SmartSeller kamu tidak perlu repot menambah atau mengurangi stok per toko. Karena aplikasi ini akan otomatis melakukan sinkronisasi stok pada produk yang sama di banyak toko.

Selain itu, fitur menarik lainnya seperti impor produk, laporan penjualan, pengelolaan pesanan tiap toko bisa kamu lakukan di sini dengan cepat dan mudah.

Paket yang tersedia adalah Freemium (gratis), Silver, Gold, dan Enterprise. Untuk paket yang ditawarkan SmartSeller bisa kamu bayar per bulan, 3 bulan, atau 1 tahun.

Jika pembayaran yang dipilih 3 bulan atau 1 tahun, kamu akan mendapatkan diskon. Misalnya kamu ingin mengambil paket Silver, harganya Rp149.000/bulan. Jika memilih 3 bulan dikenakan Rp402.000,-, 1 tahun Rp1.341.000,-.

9. Dealpos

dealpos

Dealpos memberikan pengguna kemudahan pengelolaan banyak toko di marketplace. Bahkan aplikasi ini dapat bekerja secara offline tanpa koneksi internet. Setelah online, data langsung terupdate dan tersinkronisasi otomatis.

Di aplikasi Dealpos, kamu bisa menambahkan toko dari beberapa Marketplace terkemuka di Indonesia. Toko dari Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop, dan WooCommerce dapat kamu tambahkan ke sini.

Dengan menggunakan Dealpos kamu akan lebih cepat dan mudah dalam mengurusi banyak toko. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga cukup banyak.

Beberapa fitur tersebut adalah manajemen inventori terpusat, cetak barcode, penjualan kredit (bayar nanti/tempo), hingga pengelolaan stok barang.

Paket di Dealpos adalah Rp250k/bulan tiap outlet (Rp212.5k/bulan jika dibayar per tahun). Jika ingin menambah outlet lagi maka harus menambah Rp212.5k/bulan. Tambah aplikasi kasir Rp85k/bulan.

Baca Juga: 8 Aplikasi Uang Elektronik (e-Money) untuk Kebutuhan Transaksi Non-Tunai

10. Sakoo

sakoo

Chatting di marketplace merupakan komponen penting karena fitur ini menjadi tempat untuk berkomunikasi dengan konsumen. Jika ingin mengelola toko online dengan chat yang terintegrasi, kamu bisa gunakan Sakoo.

Aplikasi kelola marketplace ini, memiliki fitur membalas chat dari pelanggan dengan cara profesional. Selain itu, Sakoo juga dibekali dengan media penyimpanan yang cukup besar.

Beberapa fitur umum yang banyak tersedia di aplikasi sejenis juga sudah tersedia di Sakoo. Pengelolaan stok, pengiriman orderan, analisa bisnis, laporan penjualan, bahkan fitur promosi bisnis sudah ada di Sakoo.

Namun untuk Sakoo ini sepertinya sudah berhenti beroperasi, dan website tidak dapat diakses (www.sakoo.id)

11. Clodeo

aplikasi kelola toko online

Terakhir ada Clodeo, sebuah aplikasi kelola marketplace untuk mengelola pesanan di Shopify dan WooCommerce. Tersedia Clodeo dan Clodeo Lite, di mana versi lite ini sangat sederhana cara menggunakannya.

Clodeo sudah menjalin kerjasama dengan Shopee, Tokopedia, dan layanan ekspedisi di Indonesia. Di Clodeo kamu bisa mengintegrasikan toko dan melakukan sinkronisasi produk dengan sangat mudah. Kamu juga bisa lakukan pengaturan stok dan order yang masuk.

Selain itu, tersedia juga laporan bisnis yang menampilkan rincian penjualan. Ini sangat memudahkan kita untuk merekap laporan keuangan karena tidak perlu input ulang.

Clideo ini bisa kamu gunakan secara gratis selama 14 hari (paket Starter) dan cocok untuk pemula yang masih memiliki sedikit orderan. Sedangkan versi berbayar ada Growing, Professional, dan Enterprise.

Itulah daftar aplikasi kelola marketplace berbasis website dan beberapa bisa dipasang di laptop. Dengan aplikasi di atas, kamu bisa mengelola lebih dari satu toko dari banyak marketplace populer di Indonesia.

Post a Comment for "11 Aplikasi Kelola Marketplace, 1 Dasbor Banyak Toko"